Sukses

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Kamboja di Laga Grup A Piala AFF 2022

Pertandingan Indonesia vs Kamboja di Grup A Piala AFF 2022 bisa menjadi laga debut untuk bek naturalisasi, Jordi Amat.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia jumpa Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (23/12/2022), pukul 16.30 WIB.

Di atas kertas, Indonesia lebih diunggulkan dari Kamboja. Tapi kenyataan di lapangan, Kamboja diyakini akan menyulitkan skuad Garuda. Itu diakui pelatih Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu, menilai pertandingan pertama Indonesia di Piala AFF 2022 melawan Kamboja, tak akan semudah yang dibayangkan. Kemenangan Kamboja di laga perdana atas Filipina dengan skor 3-2, pada Selasa (20/12/2022), jadi rujukan bagi Shin Tae-yong melihat kekuatan Angkor Warriors saat ini.

"Suasana tim Kamboja saat ini sangat baik. Performa mereka saat melawan Filipina bagus," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga seperti dikutip dari Antara, Kamis (22/12/2022).

Menurut pelatih Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu, kemenangan akan selalu menumbuhkan kepercayaan diri dalam benak pemain. Itu juga yang diyakini sedang dirasakan para pemain Kamboja setelah memenangkan duel lawan Filipina di di Stadion Morodok Techo National, kota Phnom Penh.

Tetapi Shin Tae-yong memastikan, Indonesia pun cukup optimistis menatap pertandingan pertama. Langkah pertama akan sangat menentukan, tegas pelatih berusia 52 tahun tersebut.

"Saya percaya pemain akan berjuang keras (di Piala AFF 2022), dimulai dari laga pertama besok. Bagi kami, pertandingan pertama itu penting. Kami harus menang," kata Shin Tae-yong.

Tekad meraih kemenangan juga diungkapkan bek Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto. Pemain Madura United berusia 33 tahun itu, memastikan kesiapan Indonesia mengamankan 3 poin saat menghadapi Kamboja.

"Kami siap 100 persen memberikan yang terbaik," tegas Fachruddin.

Pertemuan terakhir Indonesia dengan Kamboja terjadi pada fase grup Piala AFF 2020. Ketika itu skuad Garuda menang dengan skor 4-2 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Bishan, Singapura.

Selain menghadapi Kamboja, skuad Garuda akan memainkan laga kandang di babak grup saat meladeni Thailand pada Kamis (29/12). Sedangkan laga kontra Brunei Darussalam, dan Filipina dilakoni di kandang lawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Menghadapi Kamboja, Shin Tae-yong diprediksi akan menurunkan Nadeo Argawinata sebagai penjaga gawang utama. Kualitas kiper Bali United FC itu, tak diragukan lagi.

Fachruddin Aryanto yang berpengalaman mengawal pertahanan Timnas Indonesia akan memiliki tandem berkualitas dalam diri Jordi Amat yang berpeluang melakoni debut bersama Timnas Indonesia. Rizky Ridho yang makin dewasa di Persebaya, jadi opsi lain di posisi bek tengah.

Di tengah trio Persib Bandung, Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya, kemungkinan jadi andalan untuk menopang penyerang tengah, Ilija Spasojevic yang kembali dipanggil Timnas Indonesia.

Sedangkan di kubu Kamboja, dua gol Reung Bunheing Cs ke gawang Filipina, jadi indikator penyerang Visakha FC itu, jadi salah satu pemain yang patut diwaspadai aktivitasnya di lapangan.

Berikut prediksi susunan pemain Indonesia vs Kamboja

INDONESIA: Nadeo Argawinata (kiper); Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Witan Sulaeman; Ilija Spasojevic.

KAMBOJA: Keo Soksela (kiper); Choun Chanchav, Soeuy Visal, Tes Sambath, Orn Chanpolin; Sos Suhana, Seut Baraing, Yeu Muslim, Lim Pisoth, Sieng Chanthea; Reung Bunheing.

 

3 dari 5 halaman

Abaikan Ranking FIFA

Bagi Kamboja kemenangan atas Filipina menunjukkan sepak bola negara yang sempat dilanda perang saudara itu, sudah menunjukkan perbaikan ke arah lebih baik.

Menghadapi Indonesia, jadi kesempatan berikutnya bagi Kamboja untuk membuktikan usaha keras mereka membangun timnas sepak bola yang tangguh dengan bantuan Jepang, tidak sia-sia.

Meski tak lebih diunggulkan dari Indonesia, tetapi Pelatih Kamboja, Ryu Hirose, menanamkan pentingnya sikap percaya diri menghadapi negara yang dianggap lebih kuat.

Pelatih berusia 66 tahun itu, menekankan perbedaan ranking FIFA bukan acuan dalam sepak bola. Dalam ranking terbaru yang dirilis FIFA pada 22 Desember 2022, Kamboja berada di peringkat 177, sementara Indonesia di posisi 151.

Ryu Hirose memastikan, setelah mengatasi Filipina, timnas Kamboja yang dihuni mayoritas pemain muda menatap laga kedua melawan Indonesia dengan penuh keyakinan.

"Jika Anda melihat peringkat FIFA, Anda dapat melihat kesenjangan dan kami tahu kami mungkin tersisih di turnamen ini, tetapi kami telah mempersiapkan diri dengan baik secara taktis dan di pertandingan sebelumnya kami melakukannya dengan baik dan itu dapat memberi kami kepercayaan diri di pertandingan ini (lawan Indonesia)," tegas Ryu Hirose dikutip dari laman resmi Piala AFF, Kamis (22/12/2022).

 

4 dari 5 halaman

Akhiri Penantian Panjang

Jelang laga pertama di Piala AFF 2022, melawan Kamboja, skuad Garuda mendapat wejangan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang hadir langsung dalam latihan tim di SUGBK pada Selasa (20/12).

Iwan Bule, sapaan Iriawan, optimistis nasib Indonesia di Piala AFF 2022 lebih beruntung dan bisa memenangkan trofi pertama turnamen sepak bola paling bergengsi di kawasan ASEAN itu.

Dari semua negara yang pernah menembus laga final, Indonesia paling apes. Sebab dari enam kali kesempatan tampil di final, Indonesia selalu gagal jadi juara. Terakhir di Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura tahun 2021 lalu, Indonesia takluk dari Thailand dengan agregat 2-6.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan datang dan memberikan semangat langsung kepada Timnas Indonesia saat latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12). Momen ini merupakan latihan perdana skuad Garuda di Jakarta jelang mengikuti Piala AFF 2022.

"Seluruh pemain Timnas Indonesia sudah siap mengikuti Piala AFF 2022. Kami optimistis dengan skuad pilihan dari coach Shin Tae-yong. Insya Allah pada tahun ini Indonesia menjadi juara," kata Iriawan dinukil dari laman resmi PSSI, Kamis (22/12).

 

5 dari 5 halaman

Motivasi di Kandang

Kehadiran suporter di laga kandang Indonesia selama Piala AFF 2022, diharapkan Iriawan mendongkrak semangat bertanding Marc Klok dan kawan-kawan. Itu juga yang diharapkan Iriawan saat Indonesia meladeni Kamboja.

"Dengan adanya izin penonton yang hadir di stadion dari Polri tentu menambah semangat dan motivasi pemain. Kami berharap pemain selalu fokus, kerja keras dan jangan pernah anggap enteng lawan," ungkapnya.

Selain menghadapi Kamboja, skuad Garuda akan memainkan laga kandang di babak grup saat meladeni Thailand pada Kamis (29/12). Sedangkan laga kontra Brunei Darussalam, dan Filipina dilakoni di kandang lawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.