Sukses

Timnas Indonesia Jalani Laga Perdana Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Pantang Remehkan Kamboja

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pantang menganggap remeh Kamboja jelang laga perdana Grup A Piala AFF 2022 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (23/12/2022) sore WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bakal segera melakoni laga perdana Grup A Piala AFF 2022. Skuad Garuda dijadwalkan bersua dengan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (23/12/2022) pukul 16.30 WIB.

Jelang menghadapi pertandingan tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku ogah meremehkan skuad Kamboja. Meski unggul dari segi rekor pertemuan, juru taktik asal Negeri Ginseng menilai Angkor Warriors kini memiliki performa apik.

Situasi kontras dialami oleh Indonesia. Pasukan Garuda nyaris tak pernah mengikuti pertandingan resmi dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini dikhawatirkan bakal berdampak pada penampilan Fachruddin Aryanto dan kawan di kompetisi sepak bola bergengsi Asia Tenggara.

“Saat ini Kamboja situasinya sangat baik. Di pertandingan home melawan Filipina, mereka baru saja memetik kemenangan. Performanya pun apik. Sedangkan kita (Indonesia), beberapa bulan terakhir memang tidak bisa bertanding secara resmi,” ujarnya dalam konferensi pers jelang duel pertama Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (22/12/2022).

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga mengaku tak bisa memastikan Timnas Indonesia mampu meraih hasil positif dengan mudah di laga perdana. Walau begitu, ia berambisi mengantar anak-anak asuhnya meraup poin penuh demi menghidupkan asa melaju ke babak selanjutnya.

“Saya bisa tegaskan bahwa bola itu bundar, jadi saya tidak bisa bilang (Indonesia) akan menang mudah atau tidak, tergantung situasi. Akan tetapi di pertandingan ini, (kita) memang harus mendapatkan kemenangan,” tutur Shin Tae-yong.

“Sembari bertanding, performa pemain tentu juga akan menjadi lebih baik. Kita tidak boleh menganggap mudah Kamboja. Kita harus fokus, dan saya percaya pertandingan besok (Indonesia) bisa mendapatkan hasil yang baik,” sambung pria berusia 52 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laga Kedua Kamboja

Bagi Indonesia, duel kontra Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (23/12/2022) memang menandai pertandingan perdana mereka dalam perhelatan Piala AFF 2022. Namun situasi berbeda dialami oleh Angkor Warriors.

Anak-anak asuh Ryu Hirose sudah lebih dulu membuat kejutan di laga pembuka pada Selasa (20/12/2022). Timnas Kamboja sukses menumbangkan Filipina dengan 3-2 berkat brace dari Reung Bunheing (’16, ’59) serta sumbangsih Orn Chanpolin (’20).

Catatan tersebut mengantar Angkor Warriors bertengger di peringkat dua klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan torehan tiga poin. Adapun posisi puncak dihuni oleh Thailand yang baru saja menang telak 5-0 atas Brunei Darussalam di duel pembuka.

3 dari 3 halaman

Format Kandang-Tandang

Berbeda dari edisi sebelumnya, Piala AFF 2022 kembali dihelat menggunakan format kandang-tandang. Semua tim dalam grup saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away).

Terdapat total dua grup, yang terdiri atas masing-masing lima negara partisipan, dalam perhelatan Piala AFF 2022. Dua tim yang berhasil meraih peringkat terbaik dari tiap-tiap grup akan mendapat tempat tampil di semifinal.

Timnas Indonesia sendiri merupakan bagian dari Grup A Piala AFF 2022. Dengan demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong sudah harus siap meladeni perlawanan sang juara bertahan Thailand sejak fase penyisihan.

Adapun tiga slot lainnya diisi oleh Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Tebuan menjadi tim terakhir yang melengkapi persaingan Grup A, usai menaklukkan Timor Leste dalam pertandingan kualifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.