Sukses

Hajar Brunei di Laga Perdana Piala AFF 2022, Pelatih Thailand Langsung Sombong

Pelatih Thailand Alexandre Polking memuji setinggi langit performa tim Gajah Perang usai menaklukkan Brunei Darussalam dengan lima gol tanpa balas di laga perdana Grup A Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta Thailand sukses memetik kemenangan perdana di laga pembuka Grup A Piala AFF 2022 kontra Brunei Darussalam. Pasukan Gajah Perang berjaya dengan lima gol tanpa balas dalam pertandingan yang dihelat pada Selasa (20/12/2022).

Gol kemenangan Thailand bersumber Bordin Phala (’19), Teerasil Dangda (’44), aksi bunuh diri Awangku Yura Indera Putera (’88), serta brace Peeradon Chamratsamee (‘90+1, ‘90+3). Sementara itu, Brunei sama sekali tak berkutik di depan gawang Kittipong Phuthawchueak.

Hasil ini membuat pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking langsung melontarkan pujian setinggi langit kepada anak-anak asuhnya. Ia mengaku senang dengan performa tim Gajah Perang yang dianggap mampu mendominasi jalannya seluruh pertandingan.

“Saya senang dengan kinerja tim karena kita tahu betul bahwa pertandingan perdana selalu menjadi laga yang sulit. Kami mampu memenangkan pertandingan itu serta mencetak lima gol. Kami menciptakan banyak peluang dan bisa mendominasi seluruh permainan,” ujarnya.

“(Dengan hasil ini), bisa dianggap bahwa upaya kami berhasil. Sekarang, kami harus bersiap menghadapi pertandingan selanjutnya,” sambung pelatih berusia 46 tahun selepas laga, seperti dilansir dari pemberitaan Thairath.

Polking juga sempat menyombongkan keberhasilan Thailand yang mampu menciptakan kurang lebih 30 peluang sepanjang pertandingan. Ia pun dengan tegas menyatakan bahwa Gajah Perang tidak bermain lambat selama laga.

“Saya tidak setuju dengan (pihak yang) mengatakan bahwa kami bermain lambat karena kami bisa menciptakan banyak peluang. Jika Anda lihat seluruhnya, kami bisa membangun (peluang tersebut) hingga sekitar 30 kali,” pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Ancaman

Tak dapat dimungkiri Thailand memang menunjukkan performa solid di duel perdana penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Situasi ini berpotensi menjadi ancaman buat Timnas Indonesia, mengingat keduanya berada di grup yang sama.

Adapun Skuad Garuda dijadwalkan bersua dengan Gajah Perang pada Kamis (29/12/2022). Tim racikan Shin Tae-yong punya sedikit keuntungan lantaran pertandingan tersebut bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang menjadi kandang pasukan Merah Putih.

Sekadar informasi, Indonesia dan Thailand sebelumnya sudah saling berhadapan di final Piala AFF 2020. Saat itu, Skuad Garuda menelan kekalahan agregat 2–6.

Pertandingan kali ini pun bisa menjadi ajang balas dendam bagi Timnas Indonesia. Raihan poin penuh juga diperlukan demi mengamankan peluang untuk tembus ke babak semifinal.

3 dari 4 halaman

Format Pertandingan

Piala AFF 2022 kembali dihelat menggunakan format kandang-tandang. Semua tim dalam grup bakal saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away).

Terdapat total dua grup, yang terdiri atas masing-masing lima negara partisipan, dalam perhelatan Piala AFF 2022. Tim yang berhasil menghuni dua peringkat teratas dari tiap-tiap grup akan mendapat kesempatan mentas di semifinal.

Timnas Indonesia dan Thailand merupakan bagian dari Grup A Piala AFF 2022. Sementara itu, tiga slot lainnya ditempati oleh Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Grup A

Selasa, 20 Desember 2022

17.00 WIB: Kamboja 3-2 Filipina

19.30 WIB: Brunei Darussalam 0-5 Thailand

Jumat, 23 Desember 2022

16.30 WIB: Indonesia vs Kamboja

17.00 WIB: Filipina vs Brunei Darussalam

Senin, 26 Desember 2022

17.00 WIB: Brunei Darussalam vs Indonesia

19.30 WIB: Thailand vs Filipina

Kamis, 29 Desember 2022

16.30 WIB: Indonesia vs Thailand

17.00 WIB: Kamboja vs Brunei Darussalam

Senin, 2 Januari 2023

19.30 WIB: Filipina vs Indonesia

19.30 WIB: Thailand vs Kamboja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • AFF 2022 adalah edisi ke-14 dari Kejuaraan AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN)
    AFF 2022 adalah edisi ke-14 dari Kejuaraan AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN)

    Piala AFF 2022

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman
    Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman

    Timnas Thailand

  • Alexandre Polking adalah pelatih asal Brasil yang baru-baru ini menahkodai Timnas Thailand. Tepatnya pada bulan September 2021
    Alexandre Polking adalah pelatih asal Brasil yang baru-baru ini menahkodai Timnas Thailand. Tepatnya pada bulan September 2021

    Alexandre Polking