Sukses

Michael Jordan Dijadikan Nama Trofi MVP NBA Mulai Musim 2022/2023

Trofi MVP NBA diganti. Peraih pemain terbaik bakal merebut trofi Michael Jordan.

Liputan6.com, Jakarta- NBA membuat gebrakan baru untuk peraih penghargaan individual di musim reguler. Pada Selasa (13/12/2022) waktu Amerika Serikat, NBA mengumumkan enam trofi baru untuk penghargaan individual yang kini diberi nama pemain legendaris.

Untuk pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP), NBA akan memberikan Trofi Michael Jordan. Nama Jordan dipilih karena pernah lima kali menjadi MVP musim reguler NBA.

Jordan selama ini juga dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah tampil di NBA. Bersama Chicago Bulls, Jordan menjadi juara NBA enam kali, hingga enam kali menjadi MVP NBA Finals.

Trofi Michael Jordan ini akan semakin istimewa karena merupakan hasil rancangan sosok yang begitu dekat dengan sang pemain. Dia adalah Mark Smith, seorang pensiunan petinggi Nike dan perancang Jordan Brand yang sudah berkolaborasi dengan Jordan selama lebih dari dua dekade terakhir.

Sedangkan seniman Victor Solomon akan memproduksi trofi tersebut setiap tahun. Trofi Michael Jordan ini akan terbuat dari perunggu dengan bola basket kristal.

“Saya sangat tersanjung dapat menciptakan trofi MVP NBA dalam kemitraan dengan Michael Jordan,” kata Smith dalam keterangan tertulis di situs resmi NBA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penghargaan Anyar

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, NBA juga memunculkan penghargaan terbaru mulai musim 2022/2023 yakni Clutch Player of the Year. Penghargaan ini diberikan untuk pemain-pemain yang sering menjadi pencetak angka di saat-saat genting.

Penilaian pemenang berdasarkan voting media peliput NBA. Nominasinya ditentukan para pelatih kepala 30 klub NBA. Untuk Clutch Player of the Year, trofinya diberi nama Jerry West.

3 dari 3 halaman

Trofi Lain

Sementara itu trofi pemain bertahan terbaik akan memakai nama Hakeem Olajuwon. Sedangkan pendatang baru atau rookie terbaik meraih Wilt Chamberlain Trofi. Adapun Sixth Man of the Year bernama trofi John Havlicek. Yang terakhir ada Most Improved Player of the Year yang akan memperoleh Trofi George Mikan.

"Koleksi trofi baru kami merayakan beberapa pemain terhebat dan paling berpengaruh dalam sejarah NBA. Saat kami memberikan penghargaan kepada para pemain top liga setiap musim, kami juga memberikan penghormatan kepada para legenda yang mewujudkan penghargaan bergengsi ini," kata Komisioner NBA Adam Silver.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.