Sukses

Jelang Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Patut Waspada Perubahan Komposisi Pemain Thailand

Timnas Indonesia patut waspada pada perubahan komposisi pemain Thailand jelang Piala AFF 2022. Pasalnya, pasukan Gajah Perang sukses memetik hasil positif di laga uji coba dengan memanfaatkan susunan anyar tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal segera mentas di kompetisi Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung mulai 20 Desember hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Skuad Garuda sudah dinanti lawan berat sejak babak penyisihan. Tim racikan Shin Tae-yong harus bersua dengan Thailand lantaran keduanya tergabung dalam grup yang sama dengan tiga negara lain, yakni Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Pasukan Gajah Perang memang menjadi salah satu kekuatan yang cukup disegani di kancah sepak bola Asia Tenggara. Anak-anak asuh Alexandre Polking sukses menyabet gelar juara Piala AFF edisi lalu usai menaklukkan Timnas Indonesia di babak final.

Menyandang status sebagai juara bertahan, Thailand diprediksi bakal berupaya menjaga trofi Piala AFF 2022 tetap dalam rengkuhannya. Sejumlah persiapan pun dilakukan jelang menyongsong kompetisi sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara.

Salah satunya ialah laga uji coba kontra Myanmar yang berujung dengan kemenangan telak 6–0 bagi kubu Thailand. Komposisi pemain menjadi faktor yang menarik untuk disorot dalam laga ini. Polking menurunkan formasi berbeda dengan menempatkan dua striker: Adisak Kraisorn dan Teerasil Dangda di lini depan.

Komposisi anyar Thailand menjadi hal yang patut diwaspadai Timnas Indonesia. Pasalnya, cara tersebut efektif menegantar mereka memetik hasil positif selama uji coba. Polking pun tak menampik pihaknya bakal mencoba menggunakan formasi serupa di Piala AFF 2022.

“Dalam pertandingan ini, kami mencoba memainkan striker ganda karena sebelumnya tim kami punya Chanathip Songkrasin yang bermain di posisi nomor 10,” ujar Polking pasca kemenangan timnya atas Myanmar, seperti dikutip dari TNN Online.

“Akan tetapi kali ini, kami memiliki penyerang tengah seperti Adisak Kraisorn dan Teerasil Dangda yang melakukan tugasnya dengan baik. Itu akan menjadi opsi lain yang mungkin kami tampilkan di Kejuaraan Sepak Bola ASEAN (Piala AFF),” sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Timnas Indonesia

Berbeda dengan Thailand, Timnas Indonesia tidak melakukan laga uji coba sebagai bentuk persiapan jelang Piala AFF 2022. Shin Tae-yong lebih memilih untuk menggembleng pemainnya dengan latihan fisik.

Juru taktik asal Korea Selatan itu telah memanggil sejumlah penggawa Skuad Garuda untuk mengikuti sesi pemusatan latihan (TC) di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar sejak 28 November 2022 lalu.

Egy Maulana Vikri, yang menjadi salah satu andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, mengaku cara tersebut berdampak baik pada kondisi fisiknya secara pribadi. Walau begitu, ia juga tak menampik dirinya kelelahan usai melakoni sesi latihan.

“Saya mendapatkan tiga hari (latihan) fisik, jadi lumayan bagus. Latihan sangat capek sekali karena baru sampai langsung (latihan fisik) dan anak-anak di sini juga latihan fisik semua. Hasilnya bagus kata pelatih,” ujar pesepak bola berusia 22 tahun, melansir situs resmi PSSI.

3 dari 3 halaman

Format Kandang-Tandang

Sekadar informasi, Piala AFF yang bergulir mulai akhir Desember 2022 hingga awal Januari 2023 mendatang akan kembali menggunakan format kandang-tandang (home-away).

Seluruh tim dalam grup bakal saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away). Dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke babak semifinal.

Timnas Indonesia bakal menjalani laga kandang melawan Kamboja pada 23 Desember, disusul pertandingan kontra Thailand pada 29 Desember 2022. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kabarnya ditunjuk menjadi kandang Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.