Sukses

Egy Maulana Vikri Berambisi Antar Timnas Indonesia Raih Gelar Juara di Piala AFF 2022

Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri berambisi mengantar Skuad Garuda meraih gelar juara perdana di Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung mulai 20 Desember hingga 16 Januari mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hitungan hari, Timnas Indonesia bakal mentas di ajang Piala AFF 2022. Kompetisi sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara itu dijadwalkan berlangsung mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri menyimpan ambisi besar jelang dimulainya Piala AFF edisi ini. Pesepak bola berusia 22 tahun bertekad mengantar Skuad Garuda meraih gelar juara perdana di turnamen tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia memang belum sekali pun mengangkat trofi Piala AFF. Prestasi terbaik penggawa Merah Putih hanyalah menjadi runner-up di enam edisi berbeda, yakni 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, serta yang teranyar 2020.

Demi mewujudkan misi ini, Egy menilai ia dan rekan-rekannya perlu menjaga kekompakan. Skuad Timnas Indonesia juga harus meningkatkan kemampuan fisik agar mampu bersaing dengan negara-negara top di kawasan Asia Tenggara.

“Kami harus lebih kompak dan satu tujuan, yaitu (menjadi) juara (Piala AFF 2022). Jadi, semua harus bersama-sama. Fisik juga perlu lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya dalam situs resmi PSSI pada Senin (12/12/2022).

Juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga menyadari pentingnya persiapan jelang Piala AFF. Pelatih asal Korea Selatan itu mulai menggembleng anak-anak asuhnya melalui sesi pemusatan latihan (TC) di di Bali United Training Center, Gianyar, sejak akhir November.

Sayangnya, Egy belum hadir sejak hari pertama pelaksanaan TC. Pemain yang membela ViOn Zlate Moravce itu baru bergabung dengan rekan-rekan setimnya pada Rabu (7/12/2022) lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berdampak Baik

Egy menuturkan upaya yang dilakukan Shin Tae-yong sejauh ini berdampak baik pada kondisi fisiknya secara pribadi. Ia mengaku sudah mulai mendekati level anggota Skuad Garuda lainnya yang telah lebih dulu mengikuti TC di Bali.

“Saya mendapatkan tiga hari (latihan) fisik, jadi lumayan bagus. Latihan sangat capek sekali karena baru sampai langsung (latihan fisik) dan anak-anak di sini (pemain Timnas Indonesia) juga latihan fisik semua. Hasilnya bagus kata pelatih,” ujarnya.

Egy berharap persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia bisa berbuah hasil maksimal di Piala AFF 2022. Ia mengaku siap berkorban demi membantu pasukan Merah Putih meraih gelar perdana di turnamen sepak bola level Asia Tenggara tersebut.

“Saya mementingkan tim. Kami harus satu tujuan, seperti yang saya bilang tadi. Semua pemain harus memberikan semua kerja kerasnya untuk satu tujuan bersama yaitu juara di Piala AFF nanti,” pungkas eks pemain FK Senica, melansir situs resmi PSSI.

3 dari 4 halaman

Format Pertandingan

Piala AFF yang bergulir mulai akhir Desember 2022 hingga awal Januari 2023 mendatang akan kembali menggunakan format kandang-tandang (home-away).

Artinya, seluruh tim dalam grup bakal saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away). Dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke babak semifinal.

Timnas Indonesia bakal menjalani laga kandang melawan Kamboja pada 23 Desember, disusul pertandingan kontra Thailand pada 29 Desember 2022. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kabarnya telah ditunjuk menjadi kandang Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Berikut adalah pembagian grup di Piala AFF 2022.

Grup A:

  • Thailand
  • Filipina
  • Indonesia
  • Kamboja
  • Brunei Darussalam

Grup B:

  • Vietnam
  • Malaysia
  • Singapura
  • Myanmar
  • Laos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.