Sukses

Pelatih Prancis Akui Timnya Mujur Bisa Kalahkan Inggris di Perempat Final Piala Dunia 2022

Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps merasa timnya hanyaberuntung lantaran berhasil menaklukkan Inggris di babak perempat final Piala Dunia 2022 pada Minggu (11/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta Prancis kini makin dekat untuk mempertahankan trofi Piala Dunia yang diraihnya empat tahun lalu. Mereka baru saja merebut tiket terakhir ke babak semifinal FIFA World Cup 2022 usai menumbangkan Inggris dalam duel yang dihelat Minggu (11/12/2022).

Les Bleus berjaya lewat dua gol yang dilesakkan oleh Aurelien Tchouameni (’17) dan Olivier Giroud (’78). Sementara itu, The Three Lions hanya mendapat satu angka hiburan berkat tendangan penalti Harry Kane pada menit ke-54.

Inggris sebenarnya bisa memaksa terjadinya perpanjangan waktu kalau saja mereka mampu memanfaatkan penalti kedua mendekati pengujung laga. Sayangnya, Kane yang kembali ditunjuk sebagai algojo gagal menunaikan tugasnya dengan baik.

Menanggapi kemenangan tersebut, Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps ogah terlalu bertinggi hati. Ia menganggap Les Bleus cuma hoki lantaran berhasil menaklukkan Inggris di babak perempat final Piala Dunia 2022.

“Dalam pertandingan-pertandingan penting seperti ini, selalu ada detail kecil, dan untungnya hal itu berjalan sesuai keinginan kami. Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memenangkan laga. Terkadang (dalam sepak bola), Anda membutuhkan sedikit keburuntungan,” ujarnya seperti dilansir dari Metro.

Lebih lanjut, Deschamps juga memaparkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Inggris dalam kompetisi sepak bola empat tahunan. Menurutnya, The Three Lions punya komposisi pemain berkualitas serta kemampuan teknis yang tinggi.

“Inggris memiliki skuad yang sangat bagus. Hal yang mereka tampilkan dari segi kemampuan teknis dan intensitas sangat mengesankan,” ungkap Deschamps.

“Saya menyesal (karena) tim kami membiarkan mereka mendapat (dua) penalti, tetapi kemudian mereka melewatkan penalti yang satunya. Walau begitu, penghargaan juga patut diberikan kepada tim kami. Kami menunjukkan beberapa hal bagus dan kami masih bisa berbahaya,” katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Punya Pengalaman

Deschamps memandang Prancis cukup unggul karena memiliki pengalaman di Piala Dunia. Namun, bukan berarti skuad The Three Lions bisa dikatakan kurang berpengalaman.

Tak dapat dimungkiri beberapa pemain penting di Timnas Inggris memang masih berusia muda. Kendati demikian, sebagian besar dari mereka berkarier di klub-klub papan atas Eropa.

“Kami (Timnas Prancis) memiliki kualitas hebat dan mental yang luar biasa, tetapi ya, kami punya pengalaman,” papar juru taktik Les Bleus, menukil laporan Metro.

“Sampai pada tingkat tertentu, Inggris juga berpengalaman. Mereka punya sejumlah pemain muda, tetapi penggawa-penggawa itu bermain di klub-klub top Eropa. Jadi kita bisa lihat bahwa mereka adalah tim yang bagus sejak awal turnamen ini,” pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Komentar Pemain Prancis

Pemain Timnas Prancis, Olivier Giroud, juga sempat melontarkan komentar serupa. Alih-alih jemawa atas keberhasilan Les Blues, eks pemain Chelsea malah menganggap Inggris layak mendapatkan hasil baik di Piala Dunia 2022.

“Mungkin mereka (Inggris) pantas mendapatkan (hasil) lebih, tetapi pada akhirnya, detail-detail kecillah yang membuat perbedaan di level ini,” ujar pesepak bola berusia 36 tahun kepada ITV.

“(Pertandingan ini) sedikit mengingatkan saya pada duel melawan Belgia (di semifinal Piala Dunia 2018), di mana kami unggul 1–0 dan kami harus bertahan.”

“Kami telah membuktikannya lagi hari ini. Pada akhirnya, kami sangat efisien di dalam kotak mereka. Ini sepak bola. Anda tahu marginnya kecil,” sambung Giroud pasca pertandingan.

4 dari 4 halaman

Jumpa Maroko

Dengan hasil ini, Kylian Mbappe dan kawan-kawan dipastikan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Mereka sudah ditunggu oleh Maroko yang lebih dulu mengamankan tiket empat besar usai menumbangkan perlawanan Portugal. Kedua kesebelasan selanjutnya akan saling berhadapan pada Kamis (15/12/2022).

Sementara itu di tempat berbeda, Argentina dan Kroasia menjadi dua tim lain yang memenuhi kuota semifinal FIFA World Cup edisi ini. Pemenang laga tersebut bakal berhadapan dengan Prancis atau Maroko dalam pertandingan partai puncak yang dijadwalkan berlangsung Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.