Sukses

Gagal Total di Piala Dunia 2022, Spanyol Pecat Luis Enrique

Liputan6.com, Jakarta Nasib tragis harus diterima Luis Enrique. Dia dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Spanyol.

Keputusan ini diambil Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) tak lepas dari kegagalan Tim Matador di Piala Dunia 2022 Qatar.

Sergio Busquets dan kolega tersingkir dari Piala Dunia 2022 di babak 16 besar. Mereka tumbang di tangan Maroko lewat babak adu penalti.

Parahnya lagi, tak ada satu pun algojo La Furia Roja yang mampu menyarangkan bola sehingga kalah 0-3.

"Manajemen olahraga RFEF telah mengirimkan laporan kepada presiden yang menetapkan bahwa proyek baru untuk Timnas Spanyol harus dimulai, dengan tujuan untuk mengembangkan apa yang telah dicapai sejauh ini," demikian pernyataan RFEF dikutip situs resminya.

"Terima kasih atas pekerjaan yang telah dilakukan oleh Luis Enrique dan tim. Baik Presiden Luis Rubiales dan Direktur Olahraga Jose Francisco Molina, telah menginformasikan informasi tersebut kepada pelatih timnas," lanjut pernyataan itu.

Luis Enrique menjadi pelatih Spanyol sejak 2018 lalu. Saat itu, dia menggantikan posisi Fernando Hierro.

Sejatinya, progres Timnas Spanyol di bawah eks juru taktik Barcelona itu cukup baik dengan dua kali menembus semifinal UEFA Nations League.

Dia juga mampu membawa La Furia Roja melangkah ke semifinal Euro 2020 dengan membawa banyak pemain muda.

Di Piala Dunia 2022, Spanyol sempat tampil ganas dengan menghajar Kosta Rika 7-0 pada laga perdana fase grup. Namun, pada laga selanjutnya, performa Spanyol menurun hingga akhirnya ditendang Maroko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengganti Luis Enrique

Menariknya, Federasi Sepakbola Spanyol tak butuh waktu lama untuk mengumumkan pengganti Enrique. Hanya berselang satu jam dari perpisahan itu, REEF langsung mengumumkan penggantinya sebagai pelatih timnas senior.

Sosok itu tak lain adalah Luis de la Fuente. Pria 61 tahun itu naik kelas. Sebelumnya dia menangani Timnas Spanyol U-21.

3 dari 3 halaman

Profil Singkat Fuente

Fuente sudah cukup lama menangani Timnas Spanyol di level usia. Pada 2015, dia memulai kariernya sebagai pelatih timnas U-19.

Pada 2018, dia naik menjadi juru racik pelatih timnas U-21. Setahun kemudian, dia membawa Tim Matador Muda juara Piala Eropa di Italia. Dia juga membawa Spanyol meraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020.

Nantinya, Luis de la Fuente akan memulai kariernyasebagai pelatih timnas senior pada Maret 2023 mendatang saat menjalani Kualifikasi Euro 2024 menghadapi Timnas Norwegia dan Timnas Skotlandia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS