Sukses

Pemain Kunci Brasil Menuju Perempat Final Piala Dunia 2022: Mulai dari Richarlison hingga Casemiro

Liputan6.com, Jakarta - Brasil makin dekat untuk mewujudkan mimpinya merebut trofi Piala Dunia keenam sepanjang sejarah. Tim Samba dipastikan lolos ke perempat final usai menaklukkan Korea Selatan di babak 16 besar, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Keberhasilan Brasil melangkah mulus di fase knock-out tak lepas dari peran Richarlison yang menjadi kunci ketajaman Tim Samba dalam kompetisi sepak bola empat tahunan.

Pemain Tottenham Hotspur itu berkontribusi menyumbangkan angka-angka penting bagi skuad racikan Tite sejak dipercaya mengawal lini depan Brasil di duel perdana grup G melawan Serbia.

Seperti diketahui, Richarlison memang konsisten tampil sebagai starter Tim Samba. Ia hanya sekali disimpan di bangku cadangan kala Brasil kalah 0–1 dari Kamerun dalam laga pemungkas penyisihan grup. Saat itu pun Selecao sebenarnya sudah mengamankan tiket 16 besar.

Setelahnya, pemain berusia 25 tahun dikembalikan ke starting XI Brasil saat meladeni Korea Selatan. Richarlison dan kawan-kawan sukses membantu timnya mengemas kemenangan 4–1, sekaligus menyingkirkan Taeguk Warriors dari perburuan trofi Piala Dunia 2022.

Keberadaan eks penggawa Everton memang memiliki dampak signifikan bagi Timnas Brasil. Terbukti, Richarlison menjadi sosok yang mengantar Selecao mencuri poin penuh dari Serbia berkat brace-nya di menit 62 dan 73.

Sempat mandul di laga melawan Swiss, pesepak bola kelahiran 1997 kembali unjuk ketajaman dengan melesakkan gol ketiga ke gawang Korea Selatan di 16 besar. Capaian ini mengantar Richarlison membayangi Lionel Messi dan Marcus Rashford dalam daftar top skor sementara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Fred dan Casemiro

Selain Richarlison, Casemiro juga layak dipandang sebagai pahlawan Brasil di Piala Dunia 2022. Ia menjadi pemecah kebuntuan dengan melesakkan gol semata wayang yang mengantar timnya berjaya 1–0 atas Swiss di laga kedua penyisihan Grup G.

Kemitraan Casemiro dengan rekan seklubnya di Manchester United, Fred, pun tak kaleng-kaleng. Legenda sepak bola Brasil Gilberto Silva menilai tinggi kerja sama duo penggawa di lini tengah skuad asuhan Tite. Ia menganggap mereka memiliki peran vital dalam membantu Tim Samba memenangkan gelar Piala Dunia keenam.

“Saya sudah menyaksikan mereka (Casemiro dan Fred) memainkan banyak pertandingan bersama sekarang, dan bagi Brasil, mereka hanya kalah sekali (yaitu di) final Copa America 2021 melawan Argentina,” tulis Gilberto untuk BBC.

“Saya berharap kemitraan ini bakal bekerja dengan lebih baik lagi di Piala Dunia (2022). Jika kami bisa memenangkannya, (kerja sama kedua penggawa) akan memainkan peran yang sangat penting,” sambung dia.

3 dari 3 halaman

Laga Selanjutnya

Brasil selanjutnya bakal meladeni perlawanan Kroasia dalam pertandingan babak perempat final Piala Dunia 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Education City Stadium pada Jumat (9/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Meski dijagokan memetik kemenangan di duel tersebut, skuad asuhan Tite patut waspada jelang menghadapi calon lawannya. Pasalnya, Kroasia punya pengalaman melangkah jauh hingga ke final Piala Dunia edisi 2018.

Vatreni juga cukup perkasa di momen-momen kritis. Hal ini terbukti ketika Luka Modric dan kawan-kawan sanggup mencuri kemenangan atas Jepang lewat adu penalti di babak 16 besar, meski sempat tertinggal 0–1 di babak pertama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS