Sukses

Piala Dunia 2022, Catatan Redaksi Liputan6.Com: Jalan Terjal Duo Asia di Fase Knock Out

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 yang tengah berlangsung di Qatar menghadirkan berbagai kejutan. Mulai dari tersingkirnya timnas Jerman di penyisihan grup hingga lolosnya duo Asia ke babak 16 besar.

Dalam program Liputan6 Update, Senin (5/12/2022), reporter kanal Bola, Theresia Melinda Indrasari membedah fenomena-fenomena ini. Menurutnya, tersingkirnya Jerman dari Piala Dunia 2022 menjadi kejutan yang paling membekas bagi para pencinta sepak bola dunia. 

Hal ini tidak lepas dari reputasi Jerman sebagai tim pemenang Piala Dunia 2014 lalu. Karena itu wajar bila banyak pihak menjadikan Tim Panser sebagai unggulan di Grup E bersama Spanyol. 

Namun perjakanan Jerman justru tidak mulus. Di laga pertama, Thomas Mueller dan kawan-kawan secara mengejutkan tumbang 1-2 dari wakil Asia, Jepang. Setelah itu, Jerman mencoba bangkit dengan menahan imbang Spanyol 1-1 dan mengalahkan Kosta Rika 4-2 di laga terakhir. 

Sayang hasil ini tidak cukup mengantar Jerman melaju ke babak 16 besar karena hanya mampu finis di posisi ketiga dengan 4 poin. Jerman kalah selisih gol dari timnas Spanyol yang berada di posisi kedua setelah pada laga terakhir justru menelan kekalahan 1-2 dari Jepang.

"Pulangnya Jerman lebih awal di Piala Dunia 2022 ini memang yang paling bikin syok. Karena melihat peserta di Grup E, Jerman dan Spanyol adalah dua raksasa yang paling dijagokan lolos ke 16 besar. Tapi ternyata Jerman cuma bisa finis di peringkat 3 klasemen akhir," kata Melinda. 

Terjungkalnya Jerman menurut Melinda tidak lepas dari kejutan lain yang dihadirkan oleh wakil Asia, Jepang. Samurai Biru yang awalnya hanyalah underdog di Grup E ternyata mampu membungkam dua raksasa sepak bola dunia, yakni Jerman dan juga Spanyol. Kedua tim yang pernah menjadi juara dunia itu keok ditebas Samurai Biru yang akhirnya keluar jadi juara grup. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jalan Terjal Duo Asia

Selain Jepang, wakil Asia lainnya yang berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 adalah Korea Selatan. Taeguk Warriors melaju sebagai runner up grup H dengan 4 poin. Berbeda dengan Jepang, langkah Korsel terbilang lebih lambat di fase penyisihan grup. Setelah bermain imbang tanpa gol melawan Uruguay di laga perdana, Korsel bahkan sempat kalah 2-3 dari Ghana. 

Perjuangan Korsel akhirnya ditentukan melalui laga terakhir melawan Portugal. Korsel yang menang 2-1 juga masih harus menunggu hasil laga lainnya Uruguay Vs Ghana. Korsel akhirnya melaju sebagai runner up grup, unggul produktifitas gol atas Uruguay yang hanya menang 0-2.

Menurut Melinda, perjalanan Jepang dan Korea Selatan di babak 16 besar bakal terjal. Sebab kedua tim harus bertemu dengan lawan yang punya reputasi menjanjikan di Piala Dunia. 

Jepang seperti diketahui bakal bertemu Kroasia yang menjadi runner up Piala Dunia 2018, sementara Korsel akan berhadapan dengan Brasil yang jadi favorit juara bersama Prancis. 

"Peluang mereka (Jepang dan Korsel) ke perempat final masih terbuka, asalkan mereka mampu menjaga konsistensi permainannya dan bisa tampil dalam performa terbaiknya," kata Melinda. 

Jepang akan bertemu Kroasia di Al Janoub Stadium, Senin malam (5/12/2022) pukul 22.00 WIB. Sebelumnya, Kroasia lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup F. Meski demikian, Melinda menilai, Jepang harus tetap waspada mengingat Kroasia merupakan tim yang berpengalaman. 

"Kita tahu bahwa Kroasia pernah menjadi runner up Piala Dunia 2018. Mereka mengalahkan Inggris, sebelum kalah dari Prancis di final. Pengalaman melangkah jauh inilah yang perlu diwaspadai Jepang saat bertemu di babak 16 besar," ujar Melinda menambahkan. 

 

 

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Celah

Menurut Melinda, nasib yang tak jauh berbeda juga bakal dihadapi Korea Selatan. Di babak 16 besar nanti, Taeguk Warriors perlu kerja keras untuk bisa mengimbangi permainan Brasil. 

Brasil yang menjadi favorit juara pada turnamen ini juga menurutnya punya materi pemain yang mentereng. Mulai dari Vinicius Jr, Casemiro, Fred, hingga Richarlison. Meski tanpa kehadiran Neymar Jr sebagian besar penyisihan grup, Brasil terbukti mampu tampil apik di setiap laga. 

"Belum lagi Korea lini depannya yang selama ini diunggulkan adalah Son Heung-min belum juga mencetak gol," kata Melinda. "Tapi menurut saya, Korea Selatan tetap berpeluang melaju ke babak perempat final dengan memanfaatkan badai cedera yang menimpa Brasil," beber Melinda.

"Jadi Brasil selain kemarin dilaporkan Neymar Jr tidak bisa tampil di babak penyisihan, baru-baru ini juga ada kabar buruk dari Gabriel Jesus dan Alex Telles yang katanya sih tidak bisa ikut di sisa pertandingan. Jadi kalau Korea bisa memanfaatkan celah-celah ini, masih ada kesempatan."

 

4 dari 4 halaman

Analisis Lainnya

Pada kesempatan yang sama, Melinda juga memberikan prediksi hasil pertandingan Jepang vs Kroasia dan Brasil vs Korea Selatan. Melinda juga memaparkan pendapatnya mengenai performa timnas Inggris di Piala Dunia 2022 dan hasil pertandingan Prancis vs Polandia di babak 16 besar. Seperti apa komentar lengkapnya, Anda bisa menyaksikan video lengkapnya di tautan ini. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS