Sukses

Hasil Piala Dunia 2022: Dikalahkan Tunisia, Prancis Tetap Juara Grup

Liputan6.com, Jakarta- Kejutan dibuat Tunisia di laga terakhir Grup D Piala Dunia 2022. Tunisia mampu mengalahkan juara bertahan Prancis 1-0 pada laga di Education City Stadium, Rabu (30/11/2022) malam WIB.

Meski menang Tunisia tetap gagal lolos ke babak 16 besar. Pasalnya di laga lain Australia menang 1-0 atas Denmark. Prancis sendiri tetap melaju ke 16 besar sebagai juara grup.

Prancis mencadangkan mayoritas pemain utamanya di laga ini karena sudah pasti lolos ke 16 besar dan cuma butuh mengunci status sebagai juara grup. Eduardo Camavinga bahkan ditempatkan Didier Deschamps sebagai bek kiri.

Langkah berani Prancis ini membuat Tunisia percaya diri untuk keluar menyerang sejak awal. Tunisia sempat mencetak gol di menit sembilan saat umpan tendangan bebas Wahbi Kharzi disundul oleh Nader Ghandri. Namun gol ini dianulir wasit karena off-side.

Peluang emas kembali didapat Tunisia di menit 24. Lagi-lagi Khazri yang menebar ancaman. Sayangnya umpan silang Khazri tidak berhasil disambar rekan-rekannya.

Lewat serangan balik cepat, Prancis nyaris mencetak gol di menit 26. Akan tetapi buruknya kontrol bola Kingsley Coman membuat peluang tersebut terbuang percuma. Karena salah saat melakukan sentuhan pertama, bola menjauh sehingga sepakan Coman menjadi melebar.

Tunisia kembali mendapat peluang emas di menit 36. Khazri melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Prancis, kiper Steve Mandanda masih bisa mengamankan bola. Skor kacamata bertahan sampai turun minum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Setelah jeda, Tunisia makin percaya diri menekan dan merepotkan Prancis. Aissa Laudoni dua kali membahayakan gawang Prancis di awal babak kedua.

Derasnya serangan Tunisia akhirnya membuahkan gol pada menit 58. Khazri menerobos pertahanan Prancis dan menyelesaikan dengan dingin. Khazri memperdaya Mandanda lewat sontekan pelan nan akurat. Ini menjadi gol perdana Tunisia di Piala Dunia 2022.

Tersentak oleh gol Khazri, Deschamps langsung melakukan pergantian pemain. Tiga pemain kunci Prancis dimasukkan yakni Kylian Mbappe, Adrien Rabiot dan William Saliba.

Kehadiran pemain inti membuat Prancis mampu menguasai jalannya pertandingan dan memaksa Tunisia bertahan total di sisa pertandingan.

Prancis nyaris menyamakan skor di menit 89 melalui aksi individu Mbappe. Namun kiper Tunisia Aymen Dahmen dengan cekatan masih bisa menepisnya. Peluang Prancis lain lewat tembakan Kolo Mauni juga melebar.

Beberapa detik sebelum laga usai, Prancis mampu menyamakan skor lewat Griezmann. Eks pemain Barcelona itu menyambar bola liar yang gagal disapu dengan sempurna oleh pertahanan Tunisia.

Ini menjadi tendangan terakhir di laga ini. Tapi drama kemudian terjadi. Wasit akhirnya membatalkan gol Grizmann setelah mengecek VAR. Grizmann berada dalam posisi off-side sebelum mencetak gol. Tunisia mampu mempertahankan keunggulan 1-0 sampai peluit panjang ditiup wasit.

 

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Tunisia: Dahmen; Talbi, Ghandri, Meriah; Kechrida, Skhiri, Laidouni, Maaloul; Ben Slimane, Ben Romdhane, Khazri

Prancis: Mandanda; Disasi, Varane, Konatel Tchouameni, Fofana, Camavinga, Guendouzi, Veretout; Koman, Kolo Muani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS