Sukses

Didier Deschamps Isyaratkan Rotasi saat Prancis Jumpa Tunisia di Laga Pemungkas Grup Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Prancis akan menantang Tunisia di laga pemungkas Grup D Piala Dunia 2022. Laga ini tak laga menentukan buat Les Bleus karena mereka sudah menyegel tiket ke babak 16 besar.

Meski demikian, pelatih Prancis, Didier Deschamps, tetap meminta anak asuhnya untuk bermain maksimal. Sebab, mereka sepakat untuk menyudahi babak fase grup dengan poin sempurna.

"Kami sudah lolos dari babak grup jadi kami tak perlu berusaha sekuat tenaga untuk meraih kemenangan. Lagi pula, sepertinya kami akan menjadi juara grup," kata Deschamps di laman FIFA.

"Tapi, ini adalah pertandingan Piala Dunia, melawan lawan yang sama-sama membutuhkan kemenangan. Tunisia, Australia, Denmark juga berjuang di turnamen ini. Intinya, kami akan berusaha mendapatkan hasil yang terbaik," kata dia menambahkan.

Selama babak penyisihan, Timnas Prancis sukses mengemas dua kemenangan. Di laga pembuka, Kylian Mbappe dan kawan-kawan menang 4-1 atas Australia.

Adapun, di laga kedua, Prancis juga keluar sebagai pemenang. Sempat bermain alot kontra Denmark, juara bertahan Piala Dunia ini akhirnya menang dengan skor 2-1.

Atas hasil ini, Prancis menjadi pemuncak klasemen Grup D. Mereka saat ini mengantongi 6 poin dan unggul 3 angka dari Australia, Denmark, dan Tunisia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Isyaratkan Rotasi

Deschamps mengatakan akan ada rotasi di sejumlah sektor. Kondisi ini dilakukan agar pemain yang tampil di dua laga babak grup mendapat waktu istirahat lebih lama.

Mulai dari penjaga gawang Steve Mandanda, gelandang Eduardo Camavinga dan Theo Hernandez, hingga Marcus Thuram.

Dengan demikian, pemain-pemain macam Hugo Lloris, Antoine Griezmann, hingga Kylian Mbappe diprediksi akan absen. Namun, Deschamps masih irit bicara soal nama-nama yang akan diturunkannya.

"Saya harus [cermat] dalam mengelola skuad. Dalam memilih pemain ada banyak pertimbangan yang saya lakukan," kata Deschamps.

"Saya juga masih memiliki waktu yang banyak untuk mengambil keputusan. Anda akan mengetahuinya nanti. Tapi, ya, akan ada perubahan komposisi pemain."

"Saya hanya bisa memberitahu Anda sebatas itu saja. Saya tak ingin memberitahu Anda sebeberapa banyak saya akan merotasi pemain," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Deschamps: Tak Akan Ada Benzema

Isu liar berkembang seiring lolosnya Prancis ke babak 16 besar Piala Dunia. Penyerang mereka, Karim Benzema, digadang-gadang bisa tampil karena sudah pulih dari cedera.

Media Prancis, RMC Sport, mengklaim Benzema akan segera pulih. Sebab, cedera paha yang didapatkannya pada 19 November lalu saat sesi latihan di Qatar, sudah berjalan hampir tiga pekan.

Namun, Deschamps buru-buru menepis kabar tersebut. Pemain yang ikut mengantarkan Timnas Prancis juara Piala Dunia 1998 ini bilang itu tidak benar.

"Saya tidak yakin. Siapa yang mengatakan itu?" tanya Deschamps.

"Saya sudah berbicara dengan Benzema beberapa waktu setelah dia meninggalkan camp latihan. Anda juga tahu situasinya, Anda juga tahu berapa lama waktu pemulihan cederanya."

"Saat ini, terserah Anda ingin berspekulasi dan membayangkan skenario apa ke depannya. Dan lagi, bukan itu yang akan saya fokuskan saat ini di sini," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Jadwal Prancis vs Tunisia

Tunisia vs Prancis akan saling jumpa di Education City Stadium, Rabu (30/11) pukul 22:00 WIB. Anda bisa menyaksikan laga tersebut dengan mengklik link berikut.

Duel Tunisia vs Prancis dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola.

5 dari 5 halaman

Klasemen Prancis di Grup D Piala Dunia 2022

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS