Sukses

Piala Dunia 2022: Cedera Aneh Danilo Pereira dan Kesedihan Pemain Portugal

Liputan6.com, Jakarta Tak ada Danilo Pereira di daftar susunan pemain Portugal Uruguay di lanjutan babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2022. Bek tengah milik Os Navegadores itu absen lantaran cedera tulang rusuk jelang pertandingan yang dihelat di Luisail Stadium, Selasa (29/11) dini hari WIB itu.

Meski demikian, Portugal sukses menyudahi laga dengan kemenangan. Dua gol Bruno Fernandes membuat mereka sudah ada di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Terkini, Portugal memuncaki klasemen Grup H dengan 6 poin. Mereka akan melakoni laga pemungkas grup melawan Korea Selatan pada Jumat (2/12) malam WIB.

Namun, pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, mengaku bingung dengan cedera yang dialami Danilo. Saat sesi latihan pada Sabtu, federasi sepak bola Portugal menyatakan Danilo menderita patah tulang pada tiga rusuknya.

"Itu adalah cedera yang tidak bisa dijelaskan oleh siapa pun. Kami tidak mengerti bagaimana itu bisa terjadi," kata Santos dikutip dari Daily Mail. "Cedera sejatinya normal terjadi. Tapi, kami benar-benar tak melihat tepatnya cedera itu dia dapatkan," imbuhnya.

"Awalnya kami tidak berpikir kondisi Danilo akan seserius ini. Karena kami melakukan pemeriksaan untuk melihat apakah dia benar bernapas dengan benar dan ternyata memang demikian. Tapi setelahnya kami melihat bahwa itu lebih serius dari apa yang kami harapkan," dia menjelaskan.

"Kami sangat sedih karena cederanya. Kami memikirkan kesehatannya dan saya pikir kesehatan di atas segalanya," tegas Santos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Danilo Bermain Apik saat Jumpa Ghana

Di laga perdana Piala Dunia 2022, Danilo bermain apik saat Portugal menang atas Ghana. Selama 90 menit, pemain 31 tahun ini mencatatkan sejumlah aksi memukau.

Berduet dengan Ruben Dias di sektor bek tengah, Danilo melakukan 2 tekel bersih. Selain itu pemain PSG ini melakukan 3 intersep, 3 sapuan, dan 1 blok. FYI, angka ini adalah yang tertinggi di antara bek Portugal lainnya.

Diharapkan untuk bisa kembali menunjukkan performa terbaiknya, Danilo malah absen di sesi latihan. Dan dengan ketiadannya, membuat Bernardo Silva bersedih.

"Kami sangat sedih untuknya, tetapi itu juga merupakan pendorong tambahan bagi semua rekan satu tim untuk bermain untuk menang dan untuk dapat mendedikasikan kemenangan melawan Uruguay ini untuk Danilo," kata Silva.

 

3 dari 5 halaman

Pepe Sebagai Pengganti

Absennya Danilo membuat Fernando Santos menurunkan Pepe sebagai pengganti. Dan beruntung buat Portugal, bek gaek eks Real Madrid ini sukses menjawab kepercayaan pelatih.

Berduet dengan Ruben Dias di pos belakang, Pepe mencatatkan sejumlah aksi yang brilian. WhoScored mencatat, Pepe melepaskan 2 tekel, 2 intersep, dan 3 sapuan dan menempati 4 pemain tertas yang berpengaruh terhadap kemenangan Portugal.

Apa yang ditampilkan Pepe juga layak mendapat pujian. Sebab, di usia yang menginjak 40 tahun pada Februari 2023 mendatang, pemain yang identik dengan kepala plontos ini masih bisa mengimbangi permainan pemain di usia produktif.

Sebut saja saat Pepe menjaga Darwin Nunez. Pemain Liverpool dengan banderol harga 80 juta pounds dibuat tak banyak mendapat peluang untuk mencetak gol terlepas dari kurangnya umpan matang terhadap dirinya.

4 dari 5 halaman

Profil Danilo Pereira

Karier Klub

Danilo Pereira adalah bek kelahiran 9 September 1991. Di awal karier sepak bolanya, Arsenal 77 adalah klub yang dibelanya saat menapaki karier profesional terhitung 1999 hingga 2005.

Setelahnya, dia berlabuh ke akademi Estoril dan Benfica selama 5 tahun. Pada 2010, dia merantau ke Italia untuk bergabung ke Parma selama 3 tahun.

Di Italia, Danilo tak banyak mendapatkan waktu bermain. Alhasil dia dipinjamkan ke Aris, klub asal Yunani selama 1 musim dan Roda JC di Belanda.

Pada 2013, Danilo dilepas ke negaranya dan bermain untuk Maritim. Selama 2 musim, dia mendapat kepercataan bermain 57 kali dan mencetak 2 gol selama 2 musim.

Lewat aksinya, FC Porto kepincut mengamankan jasanya. Pada 2015 hingga 2021, sebanyak 135 match dan 15 gol sudah dijaninya bersama Porto.

Oada 2021, FC Porto sempat melepas Danilo ke Paris Saint-Germain sebagai pemain pinjaman. Karena aksi memukaunya, Danilo dipermanenkan dan masih berseragam Les Parisiens sampai saat ini.

Karier di Timnas Portugal

Sejak 2009, Danilo sudah membela Timnas Portugal U-18. Setelahnya, pemain kelahiran Bissau ini terus naik kelas ke U-19, U-20,U-21 dan senior.

Karier di Timnas Portugal terbilang apik. Sebab, sejak 2015, Danilo sudah berada di tim utama dengan sejumlah gelar seperti Piala Eropa dan UEFA Nations League.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal dan Klasemen Timnas Portugal di Piala Dunia 2022

Timnas Portugal akan melakoni laga pemungkas Grup H Piala Dunia 2022 kontra Korea Selatan. Duel kedua negara ini akan tersaji di Education City Stadium pada Jumat (2/12) pukul 22:00 WIB.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS