Sukses

Piala Dunia 2022: Puja Puji Casemiro, Pahlawan Tak Kasat Mata Milik Brasil

Liputan6.com, Jakarta Brasil sukses mengemas poin penuh di laga kontra Swiss di babak Grup G Piala Dunia 2022. Gol tunggal Casemiro di Stadium 974- Ras Abu Aboud, Senin (28/11) malam WIB, sudah cukup mengantar Selecao lolos ke babak 16 besar.

Casemiro layak mendapat kredit besar di laga ini. Sebab, selain mencetak gol, nyawa permaian Brasil betul-betul bergantung pada sosok kelahiran 1992 ini.

WhoScored, laman penyedia statistik, Casemiro mengantongi ponten 7.92. Tidak tertinggi memang, lantaran Alex Sandro unggul tipis 7.97 namun apa yang telah dicatatkan pemain Man United ini patut diapresiasi.

Berada di poros sentral, tak menghalangi Casemiro untuk mencetak gol. Dari 2 upaya tembakan, 1 berujung gol dan jadi satu-satunya gol di laga kontra Timnas Swiss.

Untuk urusan bertahan, Casemiro punya nilai tertinggi di antara kompatriotnya di Timnas Brasil. Tercatat, eks pemain Real Madrid ini melakukan 7 intersep, 1 tekel, dan 1 blok.

Oleh statistik-statistik tersebut, Casemiro terpilih menjadi pemain terbaik di pertandingan Brasil vs Swiss. Di akhir laga, dia memeroleh penghargaan oleh FIFA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pemecah Kebuntuan

Pada laga kontra Swiss, Neymar yang menjadi andalan Brasil di lini serang harus absen. Pemain milik PSG itu harus menepi lantaran cedera yang didapatinya saat mengalahkan Serbia di matchday perdana.

Absennya Neymar membuat lini depan Brasil kurang menggigit. Memang secara statistik, Brasil sukses melepaskan 13 upaya tembakan dengan 8 di antaranya mengarah ke gawang berbanding 6 milik Swiss. Namun, tak banyak gol yang tercipta.

Tak adanya gol yang tercipta oleh para barisan lini depan Brasil membuka peluang buat Casemiro. Mendapat bola di luar kotak penalti, pemain yang pernah berseragam Sao Paulo ini melepaskan sepakan terukur dan menjadi gol.

Atas keberhasilan yang diciptakan Casemiro, Neymar kemudian memuji sang gelandang melalui cuitan di laman media sosial Twitter:

"Casemiro telah menjadi gelandang terbaik di dunia sejak lama."

Pendapat yang sama juga diutarakan oleh pelatih Brasil, Tite. Dengan sedikit bangga, dia bilang:

"Saya selalu menghargai setiap pendapat yang dilontarkan orang. Tapi biasanya saya tidak banyak berkomentar. Tapi untuk Casemiro, saya sependapat dengan Neymar," kata Tite dikutip dari BBC Sport.

3 dari 5 halaman

Pujian untuk Casemiro dari Pelatih dan Legenda Brasil

Mantan gelandang Brasil, Gilberto Silva, tak absen memuji penampilan Casemiro. Pemain yang turut angkat trofi juara Piala Dunia 2002 ini bilang bahwa Casemiro adalah gelandang dengan tanggung jawab yang besar.

"Kecerdasan Casemiro adalah kunci. Dia menjadi pinyar sebagai gelandang bertahan tak terlihat di lapangan dan membuat seluruh pemain mudah untuk menjalankan tugas mereka dengan adanya Casemiro," kata Silva dikutip dari BBC Sport.

Hal senada juga diungkapkan asisten pelatih Brasil, Cesar Sampiao. Pemain yang ikut berpartisipasi di final Piala Dunia 1998 saat Brasil kalah dari Prancis ini bilang:

"Casemiro mengatur 4 pemain belakang dan 4 pemain yang ada di depan. Dia sebagai orang pertama [yang bertahan dan menyerang]. Dia juga bisa melepaskan sepakan jarah menengah dan itu yang menjadi perbedaan dia dan yang lainnya," kata Sampiao.

 

4 dari 5 halaman

Ini Tanggapan Casemiro

Menjadi pahlawan Brasil atas Swiss tak membuat Casemiro besar kepala. Dia turut buka suara soal apa yang disampaikan Sampiao.

"Tujuan pertama saya adalah mendukung tim dan menjadi penyeimbang di lapangan. Saya bertugas membantu para pemain belakang dan memutus aliran serangan dari lawan di mana pun mereka berada."

"Ketika Anda menghadapi situasi lawan yang menerapkam situasi bertahan, Anda harus cepat membaca keadaan. Tugas saya memang sebagai gelandang bertahan, tapi jika ada kesempatan untuk melepaskan tendangan ke gawang, itu juga penting," kata Casemiro.

5 dari 5 halaman

Jadwal Brasil di Piala Dunia 2022

Brasil akan menantang Kamerun di matchday pemungkas Grup G Piala Dunia 2022. Merujuk jadwal, kedua negara ini akan mentas di Lusail Stadium, Sabtu (3/12) pukul 02:00 dini hari WIB.

Adapun, duel Kamerun vs Brasil dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola. Untuk jadwal lengkap pertandingan Piala Dunia lainnya bisa diperoleh di link berikut.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS