Sukses

Brasil Akhirnya Bisa Kalahkan Swiss di Piala Dunia, Sisa 3 yang Belum Ditaklukkan

Liputan6.com, Jakarta - Brasil bisa mencoret Swiss dari daftar buruan mereka. Kini hanya tiga nama tersisa yang belum ditaklukkan.

Selecao ternyata masih memiliki noda dalam rapor Piala Dunia, meski berstatus tim tersukses sepanjang sejarah dengan torehan lima gelar.

Dari total puluhan tim yang sudah dihadapi di turnamen, ada beberapa nama yang selamat dari kualitas mereka dan terhindari kekalahan. Swiss masuk kategori itu sebelum duel Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Sebelumnya Brasil sudah bertemu Swiss dua kali di turnamen akbar sepak bola dan seluruhnya berakhir imbang, yakni 2-2 (1950) dan 1-1 (2018). Namun, Selecao akhirnya memasukkan Swiss ke dalam daftar korban berkat gol tunggal Casemiro pada menit ke-83).

Masih ada tiga nama lain yang bisa menghindari hasil minor saat bertemu Brasil di Piala Dunia.

Hungari memiliki rekor paling mentereng. Mereka mampu memenangkan dua duel kontra Selecao pada edisi 1954 (2-4) dan 1966 (1-3).

Rekor inegatif tu diderita ketika Hungaria memiliki generasi emas beberapa dekade silam. Jika bertemu sekarang, Brasil semestinya tidak kesulitan meraih kemenangan.

Masalahnya, mereka harus menunggu Hungaria untuk lolos Piala Dunia. Terakhir kali Hungaria berpartisipasi pada 1986. Selain itu, belum juga ada jaminan mereka bakal bertemu di turnamen.

Norwegia dan Portugal adalah dua tim lain yang sukses menghindari kekalahan dari Brasil di Piala Dunia. Norwegia memenangkan satu-satunya pertemuan pada edisi 1998 dengan skor 2-1. Seperti Hungaria, Brasil masih menanti kembalinya negara Viking itu ke turnamen terakbar.

Sementara Brasil jarang bersua Portugal meski kerap mengikuti Piala Dunia. Dalam dua laga, Selecao kalah (1-3, 1966) dan bermain imbang (0-0, 2010).

Jika takdir menyatukan, Brasil berkesempatan memperbaiki rekor tersebut pada perdelapan final. Thiago Silva dan kawan-kawan masuk Grup G turnamen di Qatar. Jika jadi juara grup, mereka bertemu runner-up grup H, tempat Portugal bernaung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Susah Payah

Brasil menaklukkan Swiss 1-0 pada persaingan Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB. Casemiro jadi pahlawan Selecao lewat golnya di 10 menit akhir pertandingan.

Pertandingan ini disiarkan langsung SCTV, Moji, streaming Vidio, serta jaringan televisi satelit NEX Parabola selaku pemegang hak siar resmi Piala Dunia.

Brasil memulai ujian pertama tanpa Neymar yang cedera engkel. Absennya pemain Paris Saint-Germain itu ternyata sangat dirasa. Selecao kesulitan menembus pertahanan Nati yang tampil solid.

Vinicius Jr coba mengisi lubang yang ditinggalkan menggunakan teknik dan kecepatan yang dimilikinya. Namun umpannya beberapa kali gagal menemukan Richarlison.

Sementara Raphinha mencoba lewat tendangan jarak jauh. Sayang usahanya tidak terlalu merepotkan kiper Yann Sommer di bawah mistar.

Di sisi lain, Swiss hanya sesekali melancarkan serangan balik. Namun, mereka juga tidak bisa memberi ancaman berarti ke gawang Brasil.

Duel Brasil vs Swiss pun masih terkunci 0-0 di babak pertama.

3 dari 3 halaman

Gol Akhirnya Tiba

Pelatih Brasil Tite memasukkan Rodrygo Goes di awal babak kedua untuk menambah serangan. Mereka terus menekan pertahanan lawan.

Sedangkan Swiss bermain lebih percaya diri. Breel Embolo sukses menekan penjaga gawang Alisson Becker dan hampir membuat kiper Liverpool itu melakukan kesalahan. 

Sabar menekan, Brasil akhirnya memasukkan bola ke gawang. Vinicius lepas dari penjaaan untuk menaklukkan Sommer. Sayang usahanya tertangkap VAR yang langsung menganulir karena Richarlison terperangkap offside.

Tite terus mencoba mengubah hasil dari bangku cadangan. Kali ini dia melepas Gabriel Jesus dan Antony.

Kesabaran Selecao akhirnya berbuah hasil. Vinicius dan Rodrygo berkolaborasi sebelum bola jatuh ke kaki Casemiro. Gelandang Manchester United itu lalu melepas tendangan voli jitu ke tiang jauh gawang Sommer yang terpaku pada menit ke-83).

Meski memimpin, Brasil tetap coba memperbesar skor dengan Rodrygo menguji refleks Sommer. Pemain Real Madrid itu juga dibuat frustasi Manuel Akanji yang memblok sepakannya.

Di sisi lain, Swiss sama sekali gagal merespon sehingga akhirnya harus mengakui kekalahan. 

 

Susunan Pemain

Brasil: Alisson Becker, Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro (Alex Telles 86), Casemiro, Lucas Paqueta (Rodrygo Goes 46), Fred (Bruno Guimaraes 58), Raphinha (Antony 73), Richarlison (Gabriel Jesus 73), Vinicius Jr

Swiss: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Silvan Widmer (Fabian Frei 86), Fabian Rieder (Renato Steffen 59), Granit Xhaka, Remo Freuler, Djibril Sow (Michel Aebischer 76), Ruben Vargas (Edimilson Fernandes 59), Breel Embolo (Haris Seferovic 76)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS