Sukses

Profil Manuel Neuer: Lika-liku Perjalanan Jadi Kiper Nomor 1 Jerman di Piala Dunia 2022

Manuel Neuer memiliki gaya bermain luar biasa sebagai penjaga gawang sepanjang karirnya di Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta Manuel Neuer adalah pemain sepak bola profesional Jerman yang bermain sebagai penjaga gawang. Dia menjadi kapten klub Bundesliga, Bayern Muenchen, dan timnas Jerman.

Kiper kelahiran Gelsenkirchen, 27 Maret 1986, tersebut dianggap sebagai salah satu penjaga gawang terhebat dalam sejarah olahraga ini. Neuer digambarkan sebagai "penjaga penyapu" karena gaya permainannya dan kecepatannya saat berlari keluar dari areanya untuk mengantisipasi lawan. Penampilan itu membuatnya dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik dekade ini versi IFFHS sejak 2011 hingga 2020.

Neuer memulai karirnya di Schalke 04, di mana dia memenangkan DFB-Pokal dan DFL-Ligapokal. Dia bergabung dengan Bayern Munich pada 2011 dan sejak itu memenangkan 28 trofi, termasuk sepuluh gelar Bundesliga dan dua gelar Liga Champions pada 2013 dan 2020, keduanya sebagai bagian dari treble.

Neuer finis ketiga dalam pemungutan suara untuk penghargaan Ballon d'Or di belakang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada 2014. Dia dianugerahi Kiper Terbaik UEFA Tahun Ini dan Kiper Terbaik Dunia IFFHS masing-masing lima kali.

Neuer terpilih sebagai kiper nomor satu Jerman untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Selama babak penyisihan grup, dia hanya kebobolan satu gol. Dia memberikan bantuan untuk gol pembuka Miroslav Klose melawan Inggris saat Jerman menang dengan skor 4–1. Empat tahun kemudian, Neuer memenangkan Piala Dunia 2014 bersama Jerman serta penghargaan Golden Glove sebagai penjaga gawang terbaik di turnamen tersebut.

Kini, perjuangan Neuer masih berlanjut di Piala Dunia 2022 Qatar. Dia masih berambisi membawa Jerman lolos dari fase Grup E. Neuer sangat menginginkan itu karena Der Panzer masih terjebak di dasar klasemen sementara dengan 1 poin. Mereka tertinggal dari Spanyol (4 poin) dan Jepang serta Kosta Rika dengan masing-masing tiga poin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Awal Karier Klub di Kampung Halaman

Schalke 04

Neuer bermain bersama Schalke 04 II selama 2003/2004, 2004/2005, 2006/2007, 2007/2008, dan 2008/2009. Neuer kemudian berkembang di semua kelompok umur di klub kampung halamannya, Schalke 04, dan menandatangani kontrak profesional pada 2005.

Neuer tidak membuat penampilan tim pertama selama musim 2005/2006. Namun, dia beberapa kali berada di bangku cadangan dan memenangkan DFL-Ligapokal 2005 sebagai pemain pengganti yang tidak digunakan. Dia membuat debut Bundesliga dengan Schalke ketika dia masuk sebagai pengganti Frank Rost yang cedera pada matchday 2 musim 2006/2007.

Neuer, yang berusia 20 tahun saat itu, akhirnya memenangkan posisi awal ketika Rost secara mengejutkan digantikan untuk pertandingan melawan Bayern. Neuer berhasil mengamankan hasil imbang 2-2 melawan juara bertahan tersebut. Dia membuat 27 penampilan liga selama musim 2006/2007. Meskipun usianya masih muda, dia secara luas dianggap sebagai penerus potensial mantan idolanya, Jens Lehmann, di masa depan untuk tim nasional Jerman.

Neuer memulai musim 2007/2008 dengan bermain dalam tiga pertandingan di Piala Liga Jerman. Pada 5 Maret 2008, di babak sistem gugur pertama Liga Champions melawan Porto, dia hampir sendirian menjadi pahlawan Schalke dalam permainan dengan beberapa penyelamatan, memaksa permainan menjalani adu penalti. Dia kemudian menyelamatkan penalti dari Bruno Alves dan Lisandro Lopez untuk membantu Schalke melaju ke perempat final.

Dia kemudian terpilih mendapatkan penghargaan Kiper Klub UEFA Tahun Ini pada 2007/2008; dia adalah yang termuda dan satu-satunya penjaga gawang Bundesliga dalam daftar tersebut. Dia adalah satu dari hanya tiga pemain Bundesliga yang bermain setiap menit di musim 2007/2008. Dia menyelesaikan musim dengan membuat 50 penampilan di semua kompetisi.

Pada musim 2008/2009, Schalke finis kedelapan di tabel liga dan kehilangan tempat di Liga Europa. Namun, penampilannya di Kejuaraan U-21 Eropa UEFA 2009 memicu minat dari Bayern, dengan ketua Bayern Karl-Heinz Rummenigge menyatakan minat untuk mengontrak kiper muda tersebut.

Namun, Felix Magath selaku pelatih anyar Schalke saat itu bersikeras bahwa Neuer akan bermain di pihak Schalke di musim berikutnya. Pada November, dia adalah satu-satunya kiper Jerman dalam daftar lima kiper yang dinominasikan untuk UEFA Team of the Year. Neuer pun menyelesaikan musim 2009/2010 dengan 39 penampilan.

Sementara musim 2010/2011, Neuer ditunjuk sebagai kapten dan memimpin tim ke penampilan pertama semifinal Liga Champions melawan Manchester United. Dia juga memenangkan DFB-Pokal di musim terakhirnya bersama klub, saat Schalke mengalahkan MSV Duisburg 5–0.

Pada 20 April 2011, dia mengumumkan bahwa dia tidak akan memperpanjang kontraknya dengan Schalke, yang akan berakhir pada akhir musim 2011/2012. Dia mendapat kritik dari fans Schalke, yang kecewa dengan kepergiannya ke klub rival. Neuer akhirnya menyelesaikan musim dengan 53 penampilan.

3 dari 7 halaman

Petualangan Bersama Bayern Muenchen

Bayern Munchen

Pada 1 Juni 2011, Neuer pindah ke Bayern dan menandatangani kontrak lima tahun yang berlangsung hingga Juni 2016. Setelah permusuhan fans Bayern melawan Neuer, karena beberapa fans tidak senang dengan Bayern yang membeli kiper Schalke, diskusi meja bundar antara Bayern dan perwakilan kelompok pendukung berlangsung pada 2 Juli 2011.

Akhirnya diputuskan bahwa Neuer dianggap sebagai anggota penuh Bayern, yang harus diperlakukan dengan hormat. Selanjutnya, permusuhan terhadapnya harus dihentikan. Pada minggu-minggu pertama di Bayern, setelah bermain imbang 0-0 dengan 1899 Hoffenheim, Neuer memecahkan rekor Bayern untuk clean sheet paling kompetitif berturut-turut. Dia melewati 1.000 menit tanpa kebobolan. Dia memperbaiki rekor yang sebelumnya dipegang oleh Oliver Kahn.

Pada 25 April 2012, Neuer menggagalkan tendangan penalti dari Cristiano Ronaldo dan Kaka dan membantu Bayern melewati semifinal Liga Champions melawan Real Madrid pada 2011/2012. Setelah pertandingan, Neuer mengungkapkan bahwa dia mempelajari cara Ronaldo mengambil penalti. "Saya selalu mempersiapkan diri untuk situasi seperti itu. Pelatih penjaga gawang kami, Toni Tapalovic, menunjukkan kepada saya di laptopnya sebelum pertandingan bagaimana Ronaldo biasanya mengambil penalti. Saya mengetahui bahwa Ronaldo lebih suka mengirim bola rendah ke kirinya. Di adu penalti, saya yakin bahwa dia akan membidik tempat favoritnya," cetus Neuer, dikutip Bild.

Bayern melaju ke final Liga Champions 2012 melawan Chelsea, yang juga berlanjut ke adu penalti setelah bermain imbang 1–1. Neuer mengambil dan mencetak penalti ketiga untuk Bayern dan juga menyelamatkan penalti pertama yang diambil oleh Juan Mata, tetapi tidak dapat menyelamatkan sisa penalti karena Munich kehilangan trofi 4–3 melalui adu penalti di stadion kandang mereka, Allianz Arena. Neuer menyelesaikan musim dengan 53 penampilan.

Di musim berikutnya, Neuer membawa Bayern meraih DFL-Supercup 2012. Neuer juga membukukan empat clean sheet berturut-turut melawan Juventus dan Barcelona di Liga Champions.

Di Final Liga Champions 2013 melawan Borussia Dortmund, Neuer membukukan delapan penyelamatan dalam perjalanan menuju gelar Liga Champions kelima Bayern. Permainan menampilkan beberapa penyelamatan dari kedua penjaga gawang, dan Neuer memenangkan duel melawan Roman Weidenfeller setelah hanya kebobolan sekali untuk Ä°lkay Gundogan melalui tembakan penalti.

Neuer menyelesaikan musim dengan 31 penampilan Bundesliga, lima penampilan Piala Jerman, 13 penampilan Liga Champions, dan penampilan Piala Super Jerman.

 

4 dari 7 halaman

Nominasi Ballon d'Or, Kesuksesan Domestik 2013-2016

Neuer memulai musim dengan kalah di DFL-Supercup 2013 dari Borussia Dortmund. Untuk Piala Super UEFA 2013, pada 30 Agustus 2013, dia menyelamatkan penalti terakhir yang membuat Bayern memenangkan pertandingan melawan Chelsea, sekaligus membalas dendam atas kekalahan final Liga Champions 2012.

Di Piala Dunia Antarklub, Neuer bermain melawan Guangzhou Evergrande di semifinal, dan Raja Casablanca di final. Neuer diumumkan sebagai Kiper Terbaik Dunia 2013 pada 7 Januari 2014.Pada 9 Februari, Bayern menghadapi Arsenal di fase knockout Liga Champions dan Neuer menyelamatkan penalti dari Mesut Ozil di babak pertama. Bayern kemudian memenangkan pertandingan tandang 2-0. Pada 2 Mei 2014, Neuer memperpanjang kontraknya hingga musim panas 2019. Neuer menyelesaikan musim dengan 31 penampilan Bundesliga, lima penampilan Piala Jerman, 12 penampilan Liga Champions, satu penampilan Piala Super Jerman, satu penampilan Piala Super Eropa, dan dua FIFA Penampilan Piala Dunia Antarklub dengan total 52 penampilan.

Neuer juga memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Tahun Ini (Jerman), terpilih ke dalam Tim UEFA Tahun Ini, dan finis ketiga dalam pemilihan Ballon d'Or.

Namun, Neuer memulai musim dengan kalah di DFL-Supercup 2014 dari Borussia Dortmund. Pada 30 Januari 2015, Neuer menjadi starter pada matchday 18, di mana Bayern kalah dari VfL Wolfsburg 4–1. Ini adalah pertandingan liga pertama sejak bergabung dengan Bayern pada 2011 di mana dia menyerah empat gol dalam satu pertandingan. Terakhir kali Bayern kebobolan empat gol dalam satu pertandingan adalah melawan Wolfsburg pada 4 April 2009.

Pada 28 April 2015, Neuer adalah salah satu dari empat pemain Bayern yang absen dalam kekalahan adu penalti 2-0 dari Borussia Dortmund di semifinal DFB-Pokal. Neuer menyelesaikan musim dengan 32 penampilan Bundesliga, lima penampilan Piala Jerman, 12 penampilan Liga Champions, dan satu penampilan Piala Super Jerman dengan total 50 penampilan.

Sementara musim 2015/2016 dimulai ketika Neuer bermain imbang 1-1 melawan VfL Wolfsburg di DFL-Supercup 2015. Wolfsburg memenangkan baku tembak berikutnya. Pada 20 April 2016, Neuer memperpanjang kontraknya dengan Bayern hingga 2021. Neuer menyelesaikan musim dengan 34 penampilan Bundesliga, lima penampilan Piala Jerman, 11 penampilan Liga Champions, dan satu penampilan Piala Super Jerman dengan total 51 penampilan.

Kapten klub dan treble kedua pada periode 2016-2020

Musim Neuer dimulai dengan kemenangan 2-0 atas Borussia Dortmund di DFL-Supercup 2016 saat Bayern memenangkan gelar untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, dan dia mencatatkan clean sheet di pertandingan pembuka Bundesliga saat Bayern meraih kemenangan 6-0 atas Werder Bremen.

Pada Januari 2017, dia terpilih ke dalam Tim Terbaik FIFA Tahun Ini bersama sesama rekan setim Jerman dan Bayern, Toni Kroos. Neuer kebobolan dua kali dalam pertandingan Bayern melawan Arsenal saat tim Bavaria itu mengalahkan tim Inggris dengan agregat 10-2 yang mengesankan di babak 16 besar Liga Champions 2016/2017. Neuer kemudian dipuji atas penampilannya di pertandingan pertama perempat final melawan Real Madrid, meski Bayern kalah 1-2 dari klub Spanyol. Selama leg kedua, dia menderita patah tulang kaki kiri yang mengakhiri musimnya dengan tiba-tiba saat Bayern kalah 4-2 dalam pertandingan kontroversial. Bayern akhirnya mengakhiri musim sebagai juara Bundesliga. Selain bermain di DFL-Supercup, Neuer bermain sebanyak 26 pertandingan Bundesliga, empat pertandingan Piala Jerman, dan sembilan pertandingan Liga Champions.

5 dari 7 halaman

Sempat Dihantam Cedera Parah

Pelatihan Neuer pada 2017

Pada 19 Juli 2017, diumumkan bahwa Neuer akan menjadi kapten baru Bayern dan tim nasional Jerman setelah Philipp Lahm pensiun. Neuer memainkan pertandingan pertamanya musim ini pada matchday 2 Bundesliga setelah pulih dari cedera kaki yang terjadi pada April saat pertandingan Liga Champions melawan Real Madrid. Pada 13 September 2017, Neuer tampil ke-100 di Eropa dalam pertandingan Liga Champions saat timnya menang 3-0 atas Anderlecht.

Namun, Neuer dinyatakan absen hingga Januari 2018 setelah mengalami patah tulang lagi di kaki yang sama. Setelah serangkaian penundaan comeback, dia akhirnya bergabung kembali dengan pelatihan tim dengan Bayern pada 20 April 2018 setelah absen selama tujuh bulan, meskipun dia telah memulai pelatihan khusus pada awal April.

Neuer dimasukkan dalam skuad hari pertandingan untuk pertama kalinya sejak cederanya di final DFB-Pokal melawan Eintracht Frankfurt, tetapi dia adalah pemain pengganti yang tidak digunakan. Neuer menyelesaikan musim dengan tiga pertandingan Bundesliga dan satu pertandingan Liga Champions.

Pada 12 Agustus 2018, Neuer menjadi kapten timnya dalam pertandingan kompetitif pertama musim ini saat Bayern memenangkan DFL-Supercup 2018 dengan mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan kemenangan 5-0. Pada 24 Agustus, Neuer memainkan pertandingan Bundesliga pertamanya dalam 341 hari ketika dia menjadi kapten Bayern dalam kemenangan 3-1 pada pertandingan pembuka musim melawan Hoffenheim.

Pada 14 April 2019, Neuer mengalami sobek serabut otot di betis kirinya dalam pertandingan Bundesliga melawan Fortuna Dusseldorf. Karena cedera tersebut, Neuer melewatkan enam pertandingan untuk Bayern pada tahap penutupan musim.

Pada 18 Mei 2019, Neuer memenangkan gelar Bundesliga ketujuh berturut-turut saat Bayern finis dua poin di atas Dortmund. Seminggu kemudian, Neuer kembali dari cedera dan memenangkan DFB-Pokal kelimanya saat Bayern mengalahkan RB Leipzig 3-0 di Final DFB-Pokal 2019. Neuer menyelesaikan musim dengan 26 pertandingan Bundesliga, 3 pertandingan Piala Jerman dan 8 pertandingan Liga Champions.

Neuer memulai kompetisi 2019/2020 dengan kekalahan 2-0 dari Borussia Dortmund di Piala Super Jerman pada 3 Agustus 2019. Pada 21 Mei 2020, Neuer menandatangani kontrak baru dengan Bayern, mempertahankannya di klub hingga 2023. Pada 23 Agustus, Neuer memenangkan Liga Champions untuk kedua kalinya, yang pertama sebagai kapten Bayern, menjaga clean sheet saat timnya menang 1-0 atas PSG. Dia dipuji secara luas atas penampilannya, di mana dirinya menyelesaikan musim dengan 33 penampilan Bundesliga, enam penampilan Piala Jerman, dan 11 penampilan Liga Champions.

The Sextuple pada 2020-2022

Pada 24 September 2020, Neuer menyelamatkan peluang satu lawan satu dari pemain Sevilla Youssef En-Nesyri pada menit ke-87 di Piala Super UEFA 2020, yang dimenangkan Bayern Munich 2–1 setelah perpanjangan waktu. Enam hari kemudian, Neuer memenangkan Piala Super Jerman.

Pada 21 Oktober 2020, Neuer mencapai clean sheet ke-200 bersama Bayern dalam 394 pertandingan dalam kemenangan 4-0 atas Atlético Madrid di Liga Champions 2020/2021. Rekornya melampaui Sepp Maier (199 clean sheet dalam 651 pertandingan), dengan hanya Oliver Kahn (247 clean sheet dalam 632 pertandingan) di atas Neuer.

Pada 28 Agustus 2021, Neuer mencatatkan clean sheet ke-205 di Bundesliga dalam 441 pertandingan, memecahkan rekor Oliver Kahn dengan 204 clean sheet dalam 557 pertandingan.

Kemenangan ke-300 Neuer di Bundesliga datang dalam pertandingan Bundesliga ke-447 pada 23 Oktober 2021. Bayern memenangkan Bundesliga selama musim 2021/2022 dengan tiga pertandingan tersisa. Setelah musim berakhir, Neuer memperpanjang kontraknya dengan Bayern hingga 2024.

6 dari 7 halaman

Perjalanan di Level Internasional Bersama Jerman

Level remaja

Setelah maju melalui tim junior, Neuer melakukan debutnya di Jerman U-21 pada 15 Agustus 2006 melawan Belanda. Dia memenangkan Kejuaraan U-21 Eropa UEFA 2009 bersama Jerman di Swedia dan mencatatkan clean sheet dalam kemenangan 4-0 di final melawan Inggris.

Piala Dunia 2010Neuer dipanggil pada 19 Mei 2009 ke tim senior Jerman untuk tur Asia. Dia melakukan debutnya dalam tur ini dalam pertandingan melawan Uni Emirat Arab pada 2 Juni. Dia bermain dalam pertandingan persahabatan melawan Pantai Gading yang berakhir 2–2 pada November. Meskipun dia bertanggung jawab atas kebobolan gol pertama, manajer Joachim Loew menolak untuk menyalahkannya dan malah memujinya karena melakukan yang terbaik.

Kematian kiper Robert Enke pada November 2009 membuatnya diangkat menjadi penjaga gawang pilihan kedua di belakang Rene Adler. Adler, bagaimanapun, menderita cedera tulang rusuk yang serius yang membuatnya absen dari Piala Dunia 2010; Neuer menjadi kiper pilihan pertama Jerman di depan Tim Wiese dan Hans-Jorg Butt untuk turnamen tersebut.

Neuer terpilih sebagai kiper nomor satu Jerman untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Selama babak grup, dia hanya kebobolan satu gol, tembakan jarak dekat oleh Milan Jovanovic dalam pertandingan melawan Serbia. Dia memberikan bantuan untuk gol pembuka Miroslav Klose melawan Inggris, dan menang 4–1. Di laga yang sama, gol Frank Lampard dianulir setelah sepakannya membentur mistar gawang dan melambung melewati garis gawang.

Neuer mengakui bahwa dia tahu itu adalah gol yang sah, tapi bertindak dengan cara membuat wasit meragukan ini. Dia bermain di semua pertandingan Piala Dunia Jerman selain pertandingan tempat ketiga melawan Uruguay, ketika Hans-Jorg Butt mendapatkan tempat di line-up awal.

Euro 2012

Neuer bermain setiap menit dari setiap pertandingan dalam kampanye kualifikasi UEFA Euro 2012. Dia membantu Jerman mengamankan sepuluh kemenangan dari sepuluh pertandingan dan memuncaki grup. Setelah kemenangan tandang 3–1 Jerman melawan Turki, dia secara khusus dipuji atas penampilannya yang "sensasional". Neuer kemudian menyiapkan gol kedua; di bawah tekanan penyerang Turki, dia melepaskan tendangan jarak jauh yang tepat ke Mario Gotze di area lawan, yang kemudian menemukan Muller di tepi kotak penalti lawan untuk mencetak gol. Neuer memulai ketiga pertandingan Jerman di "Grup Maut", Grup B.

Dia menjaga clean sheet melawan Portugal, sementara juga kebobolan satu gol masing-masing ke Belanda dan Denmark. Jerman kemudian memenangkan Grup B; mereka adalah satu-satunya tim di turnamen yang memenangkan semua pertandingan penyisihan grup. Dia menyelesaikan permainan grup memposting dua penyelamatan melawan Portugal, tiga melawan Belanda dan tiga lagi melawan Denmark.

Piala Dunia 2014

Gaya bermain "penyapu" Neuer membedakannya dari penjaga gawang awal lainnya di Piala Dunia 2014. Ini dikreditkan dengan membiarkan rekan satu timnya menekan jauh ke dalam area lawan mereka. Selain itu, kesediaan Neuer untuk keluar dan menantang penyerang lawan menyebabkan mereka kehilangan tembakan. Penguasaan lapangan Neuer, yang membuatnya menjadi "orang ke-11" tim, telah dikaitkan dengan pelatihan yang dia terima dari manajer Bayern, Pep Guardiola.

Setelah menjaga clean sheet dalam pertandingan grup melawan Portugal dan Amerika Serikat, Neuer tampil luar biasa dalam kemenangan 2-1 melawan Aljazair setelah perpanjangan waktu di babak 16 besar, ketika dia harus bermain sebagai penjaga gawang untuk mempertahankan serangan balik mereka. Dia mencatatkan clean sheet ketiganya di Piala Dunia dengan kekalahan 1-0 di perempat final Prancis. Ini adalah clean sheet ke-22 secara keseluruhan dalam penampilannya yang ke-50 untuk Die Nationalmannschaft. Di semifinal, Neuer kebobolan gol telat saat timnya mengalahkan tuan rumah Brasil 7–1.

Pada 13 Juli, di Final Piala Dunia FIFA melawan Argentina, Neuer tidak diuji dengan berat, tetapi dia tetap menguasai area penalti dengan baik, menantang serangan yang dilakukan oleh Gonzalo Higuain dan Rodrigo Palacio. Di awal babak kedua, Neuer meninju bola dengan jelas sebelum bertabrakan dengan Higuain di tepi kotak penalti. Argentina menyelesaikan pertandingan tanpa tembakan ke gawang, meskipun beberapa peluang bagus, termasuk gol Higuain yang dianulir karena offside. Jerman akhirnya mengalahkan Argentina 1-0 berkat gol Mario Gotze di perpanjangan waktu. Neuer memenangkan penghargaan Golden Glove untuk kiper terbaik turnamen tersebut. Neuer juga menyelesaikan turnamen dengan 244 melewati pemain outfield seperti Lionel Messi (242), Wesley Sneijder (242), dan Thomas Muller.

7 dari 7 halaman

Tiga Perjalanan Prestisius Berikutnya Sebelum Terbang ke Qatar

Euro 2016

Pada 31 Mei 2016, Neuer terpilih untuk skuad 23 orang terakhir Jerman di Euro 2016. Selama turnamen, Neuer tidak kebobolan gol selama tiga pertandingan grup Jerman melawan Ukraina, Polandia dan Irlandia Utara. Dia juga mencatatkan clean sheet di babak 16 besar melawan Slovakia. Selama perempat final, pada 2 Juli 2016, dia akhirnya kebobolan satu gol melawan Italia dari tendangan penalti Leonardo Bonucci; Neuer mencetak rekor baru dengan tidak kebobolan satu gol pun di turnamen besar selama 557 menit.

Pemegang rekor sebelumnya adalah rekan senegaranya Sepp Maier, yang tidak kebobolan satu gol pun selama 481 menit. Hasil imbang 1–1 setelah perpanjangan waktu membuat pertandingan berlanjut ke adu penalti, di mana Neuer membantu Jerman meraih kemenangan 6–5 dengan menyelamatkan dua tendangan penalti, termasuk satu dari Bonucci. Neuer dinobatkan sebagai Man of the Match atas penampilannya.

Piala Dunia 2018

Sebelum dimulainya kualifikasi, pada 1 September 2016, Neuer ditunjuk sebagai kapten baru tim nasional, menyusul pensiunnya Bastian Schweinsteiger dari sepak bola internasional. Pada 15 Mei 2018, Neuer terpilih dalam skuad penyisihan 27 pemain Jerman untuk Piala Dunia 2018 meskipun dia tidak memainkan pertandingan sejak kakinya patah untuk kedua kalinya pada September 2017. Neuer membuat penampilan pertamanya sejak cedera pada 2 Juni, dalam kekalahan persahabatan 2-1 dari Austria di Klagenfurt. Pada 4 Juni, Neuer terpilih dalam skuad 23 pemain terakhir untuk Piala Dunia.

Pada 17 Juni, Neuer menjadi kapten timnya untuk pertama kalinya di Piala Dunia dalam pertandingan pembukaan mereka di mana mereka kalah 1-0 dari Meksiko. Pada 23 Juni, Neuer melakukan beberapa penyelamatan saat timnya mengalahkan Swedia dengan kemenangan 2–1 dalam pertandingan penyisihan grup kedua mereka, yang membuat Jerman masih memiliki harapan di Piala Dunia. Namun, timnya tersingkir dari turnamen sepenuhnya setelah kalah 2-0 dari Korea Selatan dalam pertandingan penyisihan grup terakhir mereka.

Euro 2020

Pada 11 Juni 2019, dalam kemenangan 8-0 kualifikasi UEFA Euro 2020 Jerman atas Estonia, Neuer mempertahankan clean sheet ke-37 dalam karir internasionalnya, memecahkan rekor yang dibuat oleh Sepp Maier. Pada 19 Mei 2021, Neuer terpilih masuk skuad untuk Euro 2020.

Pada 7 Juni 2021, dia mencapai penampilan ke-100 bersama tim nasional dalam pertandingan persahabatan melawan Latvia, menjadi penjaga gawang Jerman pertama yang mencapai pencapaian tersebut.UEFA mulai menyelidiki Neuer karena mengenakan ban kapten berwarna pelangi di Euro untuk memperingati bulan Pride. Mereka kemudian menegaskan bahwa hal itu tidak melanggar aturan turnamen terhadap pembuatan pernyataan politik di lapangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.