Sukses

Klasemen Grup E Piala Dunia 2022 usai Kosta Rika Tuntaskan Perlawanan Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Kosta Rika sukses mengejutkan Jepang di laga kedua Grup E Piala Dunia 2022, Minggu (27/11/2022). Keylor Navas dan kawan-kawan berjaya 1–0 berkat gol semata wayang yang dilesakkan oleh Keysher Fuller di menit ke-81.

Samurai Biru sejatinya cukup diunggulkan di pertandingan tersebut. Pasalnya, mereka baru saja memetik kemenangan mengesankan atas Jerman pada Rabu (23/11/2022) lalu. Tertinggal 0–1 di pengujung babak pertama, Jepang comeback dengan mencetak dua gol di paruh kedua.

Hasil berbeda didapat oleh Kosta Rika saat meladeni perlawanan Spanyol dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 Qatar. Tim berjuluk Los Ticos itu tumbang dengan tujuh gol tanpa balas di tangan tim racikan Luis Enrique.

Menariknya, Kosta Rika sanggup membayar kekalahan tersebut di laga kedua. Gol yang tercipta di sepuluh menit akhir waktu normal sudah cukup untuk mengantar anak-anak asuh Luis Fernando Suarez meraup poin penuh.

Dengan hasil ini, Kosta Rika bercokol di peringkat tiga klasemen sementara Grup E. Mereka tercatat telah mengoleksi tiga angka, mengungguli Timnas Jerman yang menjadi juru kunci.

Adapun Jepang harus puas menempati urutan kedua. Torehan poinnya sama dengan Kosta Rika. Hanya saja Samurai Biru lebih unggul dari segi gol.

Sementara itu, Spanyol berhak atas tempat teratas usai mengumpulkan tiga angka dan mencetak tujuh gol dalam satu pertandingan. La Furia Roja selanjutnya bakal ditantang Jerman di laga kedua pada Senin (28/11/2022) pukul 02.00 WIB.

Simak peta lengkap persaingan Grup E di klasemen Piala Dunia 2022 selepas laga Jepang vs Kosta Rika berikut ini.

Pos Negara  Main Menang  Imbang  Kalah  Gol  Poin 
1 Spanyol 1 1 0 0 7-0 3
Jepang 2-2 
Kosta Rika  1-7 
Jerman  1-2 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Berhadapan dengan Kosta Rika, Jepang memang tampil berbeda dibanding saat berjaya atas Jerman. Samurai Biru lebih banyak mempertahankan penguasaan bola di area lini tengah. Mereka nyaris tidak berinisiatif melakukan serangan terhadap kubu Kosta Rika di awal laga.

Kedua kesebelasan masih sama-sama ompong hingga pertandingan memasuki menit ke-18. Tak ada gol dan ancaman yang terlalu berbahaya, baik dari kubu Samurai Biru maupun Los Ticos.

Jepang mencoba menciptakan momentum untuk mencetak gol di menit ke-39. Namun, upayanya belum cukup untuk membuat Los Ticos kesulitan. Bola yang dikirim Daichi Kamada dapat diamankan dengan mudah oleh Navas.

Hingga mendekati pengujung babak pertama, kedua kesebelasan masih tidak bisa menunjukkan kualitas performa terbaiknya. Skor imbang 0–0 untuk Jepang dan Kosta Rika bertahan sampai turun minum.

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Jepang langsung melakukan perubahan selepas jeda. Striker Ayase Ueda ditarik keluar dan digantikan oleh Takuma Asano. Sementara itu di lini belakang, Hajime Moriyasu juga mengirim Hiroko Ito untuk mengambil alih posisi Yuto Nagatomo.

Samurai Biru akhirnya tampil lebih hidup. Peluang bagus didapat di menit ke-46. Hidemasa Morita melepaskan tendangan ke arah jaring Kosta Rika. Keuntungan bagi Los Ticos karena bola tersebut masih mampu diamankan oleh Navas.

Jepang terus menciptakan situasi berbahaya di area pertahanan Los Ticos. Samurai Biru mendapat momentum untuk melancarkan serangan pada menit ke-61.

Sayang, peluang ini terputus lantaran pergerakan Wataru Endo dihentikan oleh pelanggaran Celso Borges, yang berbuah kartu kuning. Kesempatan free-kick didapat Jepang. Namun, hal ini gagal dimanfaatkan dengan baik. Bola yang dikirim Yuki Soma melambung jauh meninggalkan mistar gawang.

Skenario serupa kembali terulang [ada menit 70. Kali ini giliran Francisco Calvo yang diganjar kartu kuning usai melanggar Asano. Samurai Biru lagi-lagi mendapat hadiah tendangan bebas, tetapi peluang tersebut juga belum bisa dikonversi menjadi gol.

4 dari 4 halaman

Gol Kosta Rika

Keberuntungan justru berpihak pada Kosta Rika. Usai berkali-kali digemput, La Celeste malah berhasil membangun momentum dan menjebol gawang Samurai Biru di menit 81. Berawal dari umpan Yeltsin Tejeda, bola yang dilesakkan Keysher Fuller gagal diamankan Shuichi Gonda.

Jepang mendapat kesempatan untuk mencetak angka penyeimbang di menit ke-86. Para penggawa Samurai Biru bisa saja memanfaatkan bola rebound usai terjadinya kemelut di depan gawang Kosta Rika. Namun, Navas bergerak cepat untuk mengamankan si kulit bundar

Tambahan durasi waktu enam menit tak cukup bagi Jepang untuk mengejar ketertinggalan. Skor 1–0 untuk keunggulan Kosta Rika pun tak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS