Sukses

Piala Dunia 2022: Kemenangan Kosta Rika Atas Jepang Kurangi Beban Jerman

Liputan6.com, Jakarta - Kosta Rika menghidupkan peluang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Jepang 1-0 dalam pertandingan kedua Grup E di Stadion Ahmed bin Ali, Minggu (27/11/2022).

Satu-satunya gol kemenangan Kosta Rika atas Jepang diciptakan oleh Keysher Fuller pada menit 81. Hasil ini membuat Kosta Rika membuka jalan lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022 Qatar.

Kemenangan atas Jepang juga, pastinya akan berdampak positif terhadap kepercayaan diri para pemain Kosta Rika setelah sebelumnya dihancurkan Spanyol 0-7 pada laga pertama, Selasa (23/11/2022).

Bukan hanya itu, Kosta Rika pun secara tidak langsung telah mengurangi beban Jerman, lawan mereka di pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022.

Sebab, andai pertandingan berakhir imbang, atau Jepang yang meraih kemenangan, maka pertandingan Jerman melawan Spanyol, beberapa jam kemudian, akan menjadi duel hidup mati untuk tim Panser.

Jika Jepang menang atau bermain imbang lawan Kosta Rika, dan Jerman kemudian kalah dari Spanyol, mereka dipastikan tersingkir dari turnamen.

Tetapi kini beban Jerman sedikit berkurang, sebab kalah dari Spanyol pun, asal tidak dengan skor mencolok, tim Panser masih berpeluang lolos jika memenangkan laga terakhir lawan Kosta Rika. Itu pun dengan catatan Spanyol di pertandingan terakhir mengalahkan Jepang.

Tetapi bagaimanapun, Jerman tidak boleh berandai-andai ketika meladeni Spanyol yang di pertandingan pertama lawan Kosta Rika, tampil memesona.

Kemenangan menjadi tujuan utama yang harus dicapai tim Panser untuk lebih membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Jepang vs Kosta Rika

Jepang sejatinya berada di posisi yang lebih nyaman ketimbang Kosta Rika. Mereka sudah mengantongi tiga poin usai menaklukkan Jerman di laga perdana.

Sementara itu, pasukan Los Ticos sedang tertekan. Keylor Navas dan kawan-kawan baru saja dibantai tujuh gol tanpa balas oleh Spanyol dalam pertandingan Piala Dunia Qatar yang dihelat Rabu (23/11/2022) lalu.

Samurai Biru memang tampil berbeda dibanding saat berjaya atas Die Mannschaft. Jepang lebih banyak mempertahankan penguasaan bola di area lini tengah. Mereka nyaris tidak berinisiatif melakukan serangan terhadap kubu Kosta Rika di awal laga.

Kedua kesebelasan masih sama-sama ompong hingga pertandingan memasuki menit ke-18. Tak ada gol dan ancaman yang terlalu berbahaya, baik dari kubu Samurai Biru maupun Los Ticos.

Jepang mencoba menciptakan momentum untuk mencetak gol di menit ke-39. Namun, upayanya belum cukup untuk membuat Los Ticos kesulitan. Bola yang dikirim Daichi Kamada dapat diamankan dengan mudah oleh Navas.

Hingga mendekati pengujung babak pertama, kedua kesebelasan masih tidak bisa menunjukkan kualitas performa terbaiknya. Skor imbang 0–0 untuk Jepang dan Kosta Rika bertahan sampai turun minum.

Jepang langsung melakukan perubahan selepas jeda. Striker Ayase Ueda ditarik keluar dan digantikan oleh Takuma Asano. Sementara itu di lini belakang, Hajime Moriyasu juga mengirim Hiroko Ito untuk mengambil alih posisi Yuto Nagatomo.

Samurai Biru akhirnya tampil lebih hidup. Peluang bagus didapat di menit ke-46. Hidemasa Morita melepaskan tendangan ke arah jaring Kosta Rika. Keuntungan bagi Los Ticos karena bola tersebut masih mampu diamankan oleh Navas.

Jepang terus menciptakan situasi berbahaya di area pertahanan Los Ticos. Asano kembali menebar ancaman lewat sundulannya yang mengarah ke tiang kiri. Akan tetapi, upaya tersebut masih terlalu lemah.

 

3 dari 5 halaman

Keberuntungan Kosta Rika

Keberuntungan justru berpihak pada Kosta Rika. Usai berkali-kali digemput, La Celeste malah berhasil membangun momentum dan menjebol gawang Samurai Biru di menit 81. Berawal dari umpan Yeltsin Tejeda, bola yang dilesakkan Keysher Fuller gagal diamankan Shuichi Gonda.

Jepang mendapat kesempatan untuk mencetak angka penyeimbang di menit ke-86. Para penggawa Samurai Biru bisa saja memanfaatkan bola rebound usai terjadinya kemelut di depan gawang Kosta Rika. Namun, Navas bergerak cepat untuk mengamankan si kulit bundar

Tambahan durasi waktu enam menit tak cukup bagi Jepang untuk mengejar ketertinggalan. Skor 1–0 untuk keunggulan Kosta Rika pun tak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

 

4 dari 5 halaman

Klasemen Grup E

Sementara kemenangan Kosta Rika atas Jepang membuat wakil CONCACAF itu kini bertengger di posisi ketiga klasemen Grup E di bawah Spanyol dan Jepang.

Meski berhasil mengalahkan Jepang, tetapi Kosta Rika tetap ada di belakang Samurai Biru, karena kalah selisih gol.

Itu karena FIFA masih mempertahankan jumlah gol atau selisih gol untuk menentukan posisi jika ada dua atau lebih negara yang memiliki poin sama di klasemen babak grup.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Tayang Spanyol vs Jerman

Pertandingan Spanyol vs Jerman menjadi salah satu big match di babak grup Piala Dunia 2022 dan akan dipentaskan di Stadion Al Bayt, venue terbesar kedua FIFA World Cup Qatar, setelah Stadion Lusail Iconic.

Wasit asal Belanda, Danny Makkelie, akan bertanggung jawab sebagai pengadil lapangan dalam duel Spanyol vs Jerman yang akan disiarkan langsung SCTV, Moji, NEX Parabola, dan Vidio.

Kick-off pertandingan Spanyol vs Jerman akan dilaksanakan pada Minggu (23/11/2022) malam, pukul 22.00 waktu lokal, atau Senin dini hari nanti, pukul 02.00 WIB.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS