Sukses

Piala Dunia 2022: Polandia Bekuk Arab Saudi, Wojciech Szczesny Jadi Buah Bibir di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Polandia akhirnya memetik kemenangan perdana di Piala Dunia 2022. Pasukan Czeslaw Michniewicz sukses membungkam Arab Saudi dengan dua gol tanpa balas dalam laga kedua Grup C, Sabtu (26/11/2022) malam WIB.

Piotr Zielinski dan Robert Lewandowski tampil sebagai sosok penting yang mengantar timya berjaya atas The Green Falcons. Kedua pemain berkontribusi membobol gawang Arab Saudi pada menit ke-39 dan 82.

Walau begitu, bukan cuma Zielinski dan Lewandowski yang layak diganjar pujian setinggi langit. Kiper Timnas Polandia Wojciech Szczesny juga memainkan peran krusial dengan menjaga jaring The Eagles tetap bersih hingga akhir laga.

Seperti diketahui, Arab Saudi sejatinya sempat memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan di pengujung babak pertama. Wasit menghadiahi tendangan penalti pada menit 44 lantaran Krystian Bielik dinilai melakukan pelanggaran.

Szczesny mampu menampilkan penyelamatan epik. Eksekusi dari Salem Aladawsari sanggup digagalkannya. Bola rebound yang tercipta selepas aksi itu juga tak bisa dikonversi menjadi gol oleh pasukan Green Falcons.

Capaian ini membuat Szczesny memiliki rekor mentereng di bawah namanya. Daily Mail mencatat penjaga gawang The Eagles telah berhasil mengantisipasi tiga dari lima penalti terakhir mereka di Piala Dunia.

Tak heran jika Szczesny banjir pujian dari penggemar. Sejumlah netizen di media sosial mengakui kualitas performa yang ditunjukkan penggawa Juventus. Seorang pengguna Twitter bahkan menyebutnya sebagai pemain terhebat alias GOAT.

“Szczesny adalah GOAT,” tulis netizen melalui cuitannya di Twitter selepas laga, seperti dilansir dari laporan Daily Mail.

“Penyelamatan gandanya terhadap serangan Arab Saudi adalah salah satu yang terbaik dari yang pernah saya lihat. Hal yang luar biasa dari seorang Szczesny,” ujar pendukung lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Timnas Arab Saudi sejatinya tampil agresif sejak awal pertandingan. Dengan modal kemenangan atas Argentina di laga perdana, The Green Falcons mampu menciptakan dorongan yang membuat Polandia berada di bawah tekanan.

Skuad asuhan Herve Renard juga tampak lebih dominan dalam hal penguasaan bola. Walau begitu, tak ada satu gol pun yang dapat diciptakan oleh para penggawa Arab Saudi hingga pertandingan memasuki menit ke-10.

Justru Polandia yang lebih dulu sukses memecah kebuntuan. Assist Robert Lewandowski dituntaskan dengan apik oleh Piotr Zielinski di menit ke-39. Kedudukan pun berubah menjadi 1–0 untuk keunggulan The Eagles.

Arab Saudi langsung mendapat ruang untuk menyamakan skor tak lama berselang. Wasit memberi hadiah tendangan penalti bagi Green Falcons pada menit 44. Namun, eksekusi Salem Aladawsari bisa ditangkis oleh Szczesny.

Bola muntah yang tercipta dari aksi penjaga gawang The Eagles juga gagal dimanfaatkan oleh anak-anak asuh Renard. Tambahan waktu sepuluh menit tak cukup bagi Green Falcons untuk mencetak angka penyeimbang. Skor 1–0 bertahan hingga turun minum.

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Arab Saudi mencoba bangkit di babak kedua. Green Falcons berkali-kali menggempur area pertahanan Polandia. Kesempatan emas didapat pada menit ke-56.

Aladawsari memperoleh ruang untuk melepas tembakan dari jarak dekat usai terjadinya kemelut di depan gawang The Eagles. Sayang peluang itu tak kuasa dikonversi menjadi gol.

Arab Saudi masih terus membayangi jaring Polandia. Ancaman kembali diberikan di menit 69. Kali ini Aladawsari melakukan tembakan jarak jauh yang menusuk ke arah gawang Polandia. Akan tetapi, aksi tersebut pun masih mampu diantisipasi Szczesny.

Keberuntungan justru berpihak pada Polandia di menit 82. Robert Lewandowski sukses memanfaatkan kekosongan di sekitar gawang Arab Saudi. Bola yang dilesakkan dengan kaki kirinya lolos dari adangan kiper. Skor 2–0 tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

4 dari 4 halaman

Posisi Polandia

Hasil pertandingan kali ini menjadi bayaran setimpal bagi Polandia yang gagal tampil maksimal di laga perdana. Seperti diketahui, Robert Lewandowski dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan Meksiko pada Selasa (22/11/2022).

Kemenangan atas Arab Saudi juga mengubah posisi The Eagles di klasemen sementara Grup C Piala Dunia 2022. Polandia kini merangsek ke peringkat teratas dengan torehan empat poin yang didapat dari dua laga perdana.

Green Falcons harus puas menghuni urutan dua dengan raihan tiga angka. Sementara itu, posisi tiga dan empat masing-masing dihuni oleh Meksiko dan Argentina, yang saling berhadapan di matchday kedua pada Minggu (27/11/2022) pukul 02.00 WIB.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS