Sukses

Klasemen Grup C Piala Dunia 2022 usai Polandia vs Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta - Polandia sukses membayar hasil kurang memuaskan yang didapat di laga perdana Piala Dunia 2022. The Eagles tampil gemilang saat menghadapi Arab Saudi dalam matchday kedua grup C yang dihelat di Stadion Education City, Sabtu (26/11/2022).

Skuad racikan Czeslaw Michniewicz berjaya lewat dua gol yang dilesakkan oleh Piotr Zielinski (’39) dan Robert Lewandowski (’82). Sementara itu, Arab Saudi ompong di depan gawang Polandia hingga akhir pertandingan.

Sekadar informasi, The Eagles hanya mampu bermain imbang dengan Meksiko di duel pembuka. Kapten Polandia Robert Lewandowski langsung menjadi sasaran kritik selepas laga lantaran dirinya gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Hasil kontras justru didapat Arab Saudi kala bersua dengan Argentina. The Green Falcons secara mengejutkan mampu memaksa Lionel Messi dan kawan-kawan bertekuk lutut usai memimpin perolehan skor dengan 2–1.

Sayangnya, pasukan Herve Renard gagal mempertahankan dominasi di matchday kedua. Mereka harus mengakui keunggulan Timnas Polandia setelah upayanya menjebol gawang The Eagles digagalkan berkali-kali oleh Wojciech Szczesny.

Catatan tersebut membuat posisi kedua tim bergeser di klasemen sementara Grup C Piala Dunia 2022. Polandia merangsek ke peringkat teratas dengan torehan empat poin yang didapat dari dua laga perdana.

Arab Saudi harus puas menghuni urutan dua dengan raihan tiga angka. Sementara itu, posisi tiga dan empat masing-masing dihuni oleh Meksiko dan Argentina, yang bakal saling berhadapan di matchday kedua pada Minggu (27/11/2022) pukul 02.00 WIB.

Berikut peta lengkap persaingan Grup C di klasemen Piala Dunia 2022 setelah Polandia menaklukkan Arab Saudi.

Pos Negara Main Menang Imbang Kalah Gol Poin 
1 Polandia 2 1 1 0 2-0 4
2  Arab Saudi  2  1  0  1  2-3  3 
3  Meksiko  1  0  1  0  0-0  1 
4  Argentina  1  0  0  1  1-2  0 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan

Timnas Arab Saudi sejatinya tampil agresif sejak awal pertandingan. Dengan modal kemenangan atas Argentina di laga perdana, The Green Falcons mampu menciptakan dorongan yang membuat Polandia berada di bawah tekanan.

Skuad asuhan Herve Renard juga tampak lebih dominan dalam hal penguasaan bola. Walau begitu, belum ada satu gol pun yang dapat diciptakan oleh kubu Arab Saudi hingga pertandingan memasuki menit ke-10.

Justru Polandia yang lebih dulu sukses memecah kebuntuan. Assist Rober Lewandowski dituntaskan dengan apik oleh Piotr Zielinski di menit ke-39. Kedudukan pun berubah menjadi 1–0 untuk keunggulan The Eagles.

Arab Saudi langsung mendapat ruang untuk menyamakan skor tak lama berselang. Wasit memberi hadiah tendangan penalti bagi Green Falcons pada menit 44 lantaran Krystian Bielikdinilai melakukan pelanggaran.

Salem Aladawsari dikirim menjadi eksekutor bagi Green Falcons. Namun, penggawa yang sempat mencetak gol ke gawang Argentina itu tak berhasil menunaikan tugas dengan baik. Tembakannya masih bisa ditangkis oleh Szczesny.

Bola muntah yang tercipta dari aksi penjaga gawang The Eagles pun gagal dimanfaatkan oleh anak-anak asuh Renard. Tambahan waktu sepuluh menit tak cukup bagi Green Falcons untuk mencetak angka penyeimbang. Skor 1–0 bertahan hingga turun minum.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Arab Saudi mencoba bangkit di babak kedua. Green Falcons berkali-kali menggempur area pertahanan Polandia. Kesempatan emas kembali didapat pada menit ke-56.

Aladawsari memperoleh ruang untuk melepas tembakan dari jarak dekat usai terjadinya kemelut di depan gawang The Eagles. Sayang peluang itu gagal dikonversi menjadi gol.

Arab Saudi masih terus membayangi jaring Polandia. Ancaman kembali diberikan i di menit 69. Kali ini Aladawsari melakukan tembakan jarak jauh yang menusuk ke arah gawang Polandia. Malang aksi tersebut pun masih mampu diantisipasi kiper The Eagles.

Keberuntungan justru berpihak pada Polandia di menit 82. Robert Lewandowski sukses memanfaatkan kekosongan di sekitar gawang Arab Saudi. Bola yang dilesakkan dengan kaki kirinya lolos dari adangan Alowais. Skor 2–0 tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.