Sukses

Hasil Piala Dunia 2022 Polandia vs Arab Saudi: Lewandowski Cetak Gol, The Green Falcons Tumbang 0-2

Liputan6.com, Jakarta - Polandia sukses memetik kemenangan perdana di Piala Dunia 2022. Mereka berjaya dengan dua gol tanpa balas atas Arab Saudi dalam matchday kedua grup C yang dihelat di Stadion Education City, Sabtu (26/11/2022).

Piotr Zielinski dan Robert Lewandowski menjadi sosok penting di balik keberhasil The Eagles membekuk Green Falcons. Keduanya menyumbangkan satu angka, masing-masing di menit ke-39 dan 82.

Timnas Arab Saudi sejatinya tampil agresif sejak awal pertandingan. Bermodal kemenangan atas Argentina di laga perdana, The Green Falcons sanggup menciptakan dorongan yang membuat Polandia berada di bawah tekanan.

Skuad asuhan Herve Renard juga tampak lebih dominan dalam hal penguasaan bola. Walau begitu, belum ada satu gol pun yang mampu diciptakan oleh kubu Arab Saudi hingga pertandingan memasuki menit ke-10.

The Green Falcons akhirnya mendapat kesempatan di menit 14. Mohamed Kanno melepaskan tembakan ke jaring Polandia. Namun, lesakkannya masih mampu diantisipasi oleh kiper The Eagles Wojciech Szczesny.

Memasuki menit ke-26. Giliran Polandia yang mendapat peluang emas. Sepak pojok Piotr Zielinski coba dimanfaatkan oleh Krystian Bielik lewat sundulan. Angka pertama nyaris didapat pasukan Czesław Michniewicz kalau saja Saleh Alshehri gagal menyelamatkan si kulit bundar.

Kebuntuan baru bisa terpecah di menit 39. Berawal dari assist Robert Lewandowski, Zielinski sukses melesakkan bola yang tak sanggup ditepis oleh Mohammed Alowais. Kedudukan pun berubah menjadi 1–0 untuk keunggulan Timnas Polandia.

The Green Falcons langsung mendapat ruang untuk menyamakan kedudukan tak lama berselang. Wasit memberi hadiah tendangan penalti bagi Arab Saudi di menit 44 lantaran Bielik dinilai melakukan pelanggaran.

Salem Aladawsari dikirim menjadi eksekutor bagi kubu Green Falcons. Akan tetapi, penggawa yang sempat mencetak gol ke gawang Argentina itu belum mampu menunaikan tugas dengan baik. Tembakannya masih bisa ditangkis oleh Szczesny.

Bola muntah yang tercipta dari aksi penjaga gawang The Eagles pun gagal dimanfaatkan oleh anak-anak asuh Herve Renard. Tambahan waktu sepuluh menit tak cukup bagi Green Falcons untuk mencetak angka penyeimbang. Skor 1–0 bertahan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Arab Saudi mencoba bangkit di babak kedua. Herve Renard juga melakukan perubahan dengan menarik keluar Sami Al-Najei dan memasukkan Nawaf Alabid. Namun, upaya ini belum cukup membawa skuadnya menyaingi kedudukan Polandia.

The Green Falcons sejatinya sempat memperoleh peluang di menit ke-56. Aladawsari memiliki ruang untuk melepas tembakan dari jarak dekat usai terjadinya kemelut di depan gawang The Eagles. Sayang kesempatan itu gagal dikonversi menjadi gol.

Szczesny lagi-lagi tampil sebagai pahlawan bagi timnya. Ia melakukan penyelamatan impresif yang membuat The Green Falcons batal mendapat angka perdana.

Arab Saudi terus membayangi jaring Polandia. Pasukan Renard tak jemu-jemu melakukan pergerakan berbahaya di area pertahanan The Eagles. Akan tetapi, belum ada gol yang tercipta bagi kubu Green Falcons hingga memasuki menit 60.

Ancaman kembali diberikan oleh Arab Saudi di menit 69. Kali ini Aladawsari melakukan tembakan jarak jauh yang menusuk ke arah gawang Polandia. Malang aksi tersebut pun masih mampu diantisipasi kiper The Eagles.

Keberuntungan justru berpihak pada Polandia di menit 82. Robert Lewandowski sukses memanfaatkan kekosongan di sekitar gawang Arab Saudi. Bola yang dilesakkan dengan kaki kirinya lolos dari adangan Alowais.

Arab Saudi tak kuasa mengejar ketertinggalan dengan waktu yang tersisa. Skor 2–0 untuk keunggulan Polandia bertahan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Berikut adalah susunan lengkap starting XI Polandia melawan Arab Saudi dalam matchday kedua Grup C Piala Dunia 2022 pada Sabtu (26/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Polandia: Wojciech Szczesny; Matty Cash, Jakub Kiwior, Kamil Glik, Bartosz Bereszynski; Krystian Bielik, Arkadiusz Milik, Grzegorz Krychowiak, Piotr Zielinski, Przemysław Frankowski; Robert Lewandowski.

Arab Saudi: Mohammed Alowais; Abdulelah Ali Awadh Al Amri, Ali Albulayhi, Mohammed Alburayk, Saud Abdulhamid; Abdulelah Almalki, Feras Albrikan, Salem Aldawsari, Sami Al-Najei, Mohamed Kanno; Saleh Alshehri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.