Sukses

Hasil Piala Dunia 2022: Richarlison Mengerikan, Brasil Tumbangkan Serbia

Richarlison mencetak dua gol saat Brasil mengalahkan Serbia pada laga perdana Grup G Piala Dunia 2022 Qatar di Lusail Stadium

Liputan6.com, Jakarta Brasil menghadapi Serbia pada laga perdana Grup G Piala Dunia 2022 Qatar di Lusail Stadium, Jumat (24/11/2022) dini hari WIB.

Brasil yang menjadi salah satu favorit juara tampil agresif sejak awal babak pertama. Permainan indah dari kaki ke kaki dan skill individu diperagakan Tim Samba.

Namun, rapatnya pertahanan Serbia membuat Brasil sempat kesulitan untuk melakukan tusukan-tusukan ke dalam kotak penalti.

Brasil baru mendapatkan peluang ketika laga berjalan 13 menit. Berawal dari percobaan Neymar dari tendangan sudut. Bintang Paris Saint-Germain itu melepaskan tendangan langsung yang melengkung ke gawang. Namun, upayanya masih mampu digagalkan Vanja Milinkovic-Savic.

Pada menit ke-21, Casemiro mencoba peruntungan melalui tendangan jarak jauh. Tapi, Vanja membuat gawangnya tetap tetap aman.

Vinicius mendapatkan peluang emas pada menit ke-28 usai menerima umpan terukur Thiago Silva. Namun, Vanja kembali beraksi untuk menggagalkan usaha pemain Real Madrid tersebut.

Pada menit ke-34, Raphinha punya ruang di kotak penalti usai melakukan kombinasi dengan Lucas Paqueta. Tapi, tidak ada gol yang tercipta. Tembakannya lemah hingga bisa diamankan Vanja.

Memasuki pertengahan babak pertama, Serbia mulai menerapkan high pressing. Hal ini bikin Brasil semakin tak nyaman dalam membangun serangan.

Tapi, di satu sisi Serbia belum mampu menciptakan peluang yang mengancam gawang Brasil. Alhasil, skor imbang tanpa gol mewarnai babak pertama Brasil vs Serbia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak 2 Milik Brasil

Di babak kedua, Brasil semakin menaikan intensitas serangan mereka. Pada menit ke-54, Neymar mendapatkan peluang untuk mencetak gol.

Berawal dari umpan tarik Vinicus, Neymar menyambutnya dengan tendangan first time kaki kiri di dalam kotak penalti. Namun, bola masih melebar di samping gawang Serbia.

Lima menit kemudian, Alex Sandro melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penati, Bola meluncur deras dan tak mampu dijangkau Vanja. Tapi, tiang gawang masih menghalagi ambisi Brasil mencetak gol perdana.

Brasil akhinya mampu membuka keunggulan pada menit ke-62. Adalah Richarlison yang mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan Vinicius.

Pada menit ke-70, Serbia mengancam melalui Darko Lazovic. Berawal dar kemelut di depan gawang, Lazovic melepaskan tendangan kaki kanan di luar kotak penalti. Tapi, bola masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-73, Richarlison kembali mencetak gol untuk membuat Brasil unggul 2-0. Penyerang Tottenham Hotspur itu membuat stadion bergemuruh dengan gol indah yang ia ciptakan.

Berawal dari umpan menawan Vinicius menggunakan kaki luar. Richarlison kemudian melakukan satu sentuhan dan membuat gol akrobatik di dalam kotak penalti. Vanja tak berdaya dan harus memungut bola dari dalam gawangnya.

10 menit kemudian, Brasil nyaris mencetak gol ketiga, andai tendangan melengkung Casemiro dari luar kotak penalti tidak membntur mistar gawang.

Serbia masih kesulitan mendapatkan peluang karena tekanan bertubi-tubi dari Brasil. Pada akhirnya, tidak ada lai gol yang tercipta. Brasil menang 2-0 atas Serbia.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Brasil: Alisson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Casemiro, Paqueta/Fred (75')Raphinha, Neymar/Antony (79'), Vinicius Jr/Rodrygo (75'); Richarlison/Gariel Jesus (78')

Serbia: Vanja Milinkovic Savic; Milos Veljkovic, Nikola Milenkovic, Strahinja Pavlovic; Namanja Gudelj/I. Ilic (57'), Sasa Lukic/D. Lazovic (66'), Sergej Milinkovic Savic, Andrija Zivkovic/N. Radonjic (57'), Filip Mladenovic/D. Vlahovic (66'); Aleksandar Mitrovic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.