Sukses

Mohamed Salah Disebut Bakal ke Piala Dunia 2022 dengan Bendera Kroasia

Dejan Lovren mantan rekan setim Mohammed Salah di Liverpool dan bek Kroasia, bilang Salah mendukung mereka di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Mohammed Salah tak berpartisipasi di Piala Dunia 2022. Namun, pemain Timnas Mesir itu tak menampik mendukung Korasia di turnamen akbar sepak bola 4 tahunan tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh bek Timnas Kroasia, Dejan Lovren. Dikutip dari Liverpool Echo, pemain Timnas Kroasia ini bilang Mo Salah bahkan akan datang menyaksikannya berlaga.

Lovren dan Mo Salah adalah rekan satu tim di Liverpool. Namun, kebersamaan mereka rampung pada 2020 saat Lovren memutuskan untuk hengkang dari Anfield.

Kendati demikian, persahabatan mereka masih terjalin meski sudah berbeda klub. Kondisi ini bahkan disampaikan Lovren jelang Korasia bertemu Maroko di partai pembuka Grup F Piala Dunia 2022, Rabu (23/11).

"Dia akan mendukung saya. Dia mengatakan kepada saya akan datang dengan membawa bendera Kroasia," kata Lovren.

Mo Salah tak berpartisipasi karena gagal membawa negaranya lolos ke putaran final. Saat menjalani babak play-off, Mesir kalah dari Senegal.

Berlaga di babak ketiga, Maret 2022, kedua negara bermain sama kuat dengan skor 1-0 di dua leg. Alhasil, laga berlanjut ke adu penalti.

Sejatinya, Mo Salah juga kalah dari Sadio Mane, yang sempat menjadi kompatriotnya di Liverpool namun sudah pindah ke Bayern Muenchen. Ketika itu, Mane menjadi penentu kelolosan Senegal.

"Mo Salah sangat dekat dengan Piala Dunia. Namun Mane lebih baik," kata pemain Zenit St Petersburg tersebut.

Lovren mengakui jika Piala Dunia adalah ajang prestisius buat para pesepak bola. Jika tak bisa terlibat atau melihat rekan satu tim bermain, ia mengakui jika akan ada kejanggalan.

"100 persen. Saya juga akan cemburu jika tidak bermain di Piala Dunia," kata Lovren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cerita Lolosnya Kroasia ke Piala Dunia 2022

Kroasia lolos ke Piala Dunia usai menjadi juara Grup H di babak Kualifikasi Zona Eropa. Melakoni 10 laga, mereka mengantongi 23 poin.

Catatan tersebut tidak didapatkan dengan mudah. Sebab, mereka kudu menunggu hingga akhir untuk mengunci satu tempat di Qatar.

Adalah kemenangan kontra Rusia pada 14 November 2021. Ketika itu, bunuh diri bek Rusia, Fyodor Kudryashov, pada menit ke-81, membuat Kroasia menang dengan skor 1-0.

Dengan hasil ini, Kroasia unggul 2 poin dari Rusia. Karena laga tersebut adalah pertandingan pemungkas, perolehan poin tak akan lagi terkejar.

Lolosnya Kroasia memang sudah bisa ditebak. Sebab, selama babak kualifikasi, mereka meraih 7 kemenangan, 2 imbang dan 1 kali kalah.

Ditambah pula, Kroasia adalah runner-up Piala Dunia 2018. Sebagai partisipan yang sudah manggung di babak final, amat disayangkan bila Luka Modric dan kolega tak ada di Qatar.

 

3 dari 4 halaman

Profil Timnas Kroasia

Di Piala Dunia 2022, Kroasia tergabung di Grup F. Mereka bersaing dengan Belgia, Maroko dan Kanada.

Di atas kertas, peluang Kroasia untuk lolos terbilang besar. Sebab, hanya Belgia yang diprediksi bakal menjadi lawan terbesar.

Kroasia tercatat sudah enam kali tampil di Piala Dunia termasuk edisi tahun ini. Mereka secara konsisten menjadi peserta Piala Dunia dalam tiga edisi, yaitu 1998, 2002, serta 2006.

Namun, mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan lantaran hanya finis di posisi ketiga grup babak kualifikasi.

Pada 2014 mereka kembali berlaga, namun hanya sampai fase grup dan pada 2018 lalu Kroasia sukses menjadi finalis. Dan empat tahun lalu alias edisi 2018 yang digelar di Rusia, Kroasia tampil luar biasa dengan mengalahkan sejumlah tim raksasa.

Dari Argentina hingga Inggris dilibas mencapai partai puncak. Ini adalah kali pertama sepanjang sejarah.

Hanya saja, performa apik Kroasia dalam Piala Dunia 2018 kandas di laga pemungkas. Kroasia harus takluk dari Prancis dengan skor 2-4.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022

Seluruh pertandingan Timnas Kroasia dan tim kontestan Piala Dunia lainnya bisa disaksikan di Siaran Langsung di SCTV, Moji, dan Nex Parabola.

Rabu, 23 November 2022

Maroko vs Kroasia [17:00 WIB]

Minggu 27 November 2022

Kroasia vs Kanada [23:00 WIB]

Kamis, 1 Desember 2022

22.00 WIB: Kroasia vs Belgia

 

Dapatkan juga jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.