Sukses

Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic Jadi Andalan Serbia di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Timnas Serbia telah memantapkan diri mereka sebagai kekuatan di Piala Dunia sejak 2010. Qatar menjadi penampilan ketiga dari empat turnamen terakhir.

Selain itu, Dragan Stojkovic juga menjadi pelatih ketiga yang memimpin mereka di Piala Dunia, karena reputasi mereka dalam memecat pelatih menunjukkan sedikit tanda penurunan.

Serbia terkesan selama kualifikasi, finis di puncak Grup A di depan Portugal. Namun, mereka menghadapi pertempuran untuk keluar dari Grup G di Piala Dunia 2022. Mereka akan menghadapi tim berpengalaman seperti Swiss, Kamerun, hingga Brasil untuk lolos 16 besar.

Skuad terakhir Piala Dunia Serbia 2022

Stojkovic telah menunda pengumuman skuad miliknya untuk memastikan para pemain kunci diberi cukup waktu untuk pulih dari cedera.

Gelandang maestro Lazio, Sergej Milinkovic-Savic, menjadi keraguan utama bagi Stojkovic. Tetapi, pemain berusia 27 tahun itu membuat keputusan final jelang pertandingan pembuka mereka di Qatar melawan Brasil pada 24 November 2022.

Posisi Pemain Usia Klub Caps

GK Marko Dmitrovic 30 Sevilla 19

GK Vanja Milinkovic-Savic 25 Torino 7

GK Predrag Rajkovic 27 Mallorca 28

DEF Stefan Mitrovic 32 Getafe 34

DEF Strahinja Pavlovic 21 RB Salzburg 22

DEF Milos Veljkovic 27 Werder Bremen 21

DEF Filip Mladenovic 31 Legia Warsawa 20

DEF Strahinja Erakovic 21 Red Star Belgrade 2

DEF Srdjan Babic 26 Almeria 2

DEF Nikola Milenkovic 25 Fiorentina 38

MID Filip Kostic 29 Juventus 50

MID Nemanja Maksimovic 27 Getafe 40

MID Sasa Lukic 26 Torino 32

MID Andrija Zivkovic 26 PAOK 29

MID Darko Lazovic 32 Verona 26

MID Sergej Milinkovic-Savic 27 Lazio 36

MID Nemandja Gudelj 30 Sevilla 49

MID Marko Grujic 26 Porto 18

MID Uros Racic 24 Braga 9

MID Ivan Ilic 21 Verona 6

FWD Aleksandar Mitrovic 28 Fulham 76

FWD Filip Duricic 30 Sampdoria 37

FWD Luka Jovic 24 Fiorentina 29

FWD Dusan Tadic 33 Ajax 91

FWD Dusan Vlahovic 22 Juventus 17

FWD Nemanja Radonjic 26 Marseille 36

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kekuatan dan Kelemahan Serbia di Piala Dunia Edisi Ini

Pemain terbaik Serbia, kekuatan, dan kelemahan

Semua mata akan tertuju pada Aleksandar Mitrovic untuk menjadi ujung tombak Serbia di Piala Dunia tahun ini. Striker berpengalaman itu merupakan salah satu pencetak gol internasional tertinggi yang ditampilkan di Qatar.

Bintang Fulham itu akan menjadi kunci bagi Serbia, karena golnya sering menentukan nasib mereka, tetapi Stojkovic memiliki stok yang baik di lini tengah, dengan Nemanja Gudelj dan Sergej Milinkovic-Savic membentuk pasangan yang kuat.

Pemain bintang

Mitrovic akan mengumpulkan sebagian besar perhatian di Qatar, tetapi mitra penyerangnya mewakili masa depan yang lebih cerah darinya.

Luka Jovic mulai membangkitkan kembali karirnya di Serie A, menyusul mimpi buruk di Real Madrid, dengan bintang Juventus Dusan Vlahovic menjadi salah satu striker paling kuat di sepak bola Italia saat ini.

Kelemahan

Akan ada banyak tekanan pada Milinkovic-Savic untuk memimpin lini tengah Serbia, tetapi bintang Lazio itu telah berjuang untuk mentransfer bentuk klubnya ke ranah internasional sebelumnya, dan ada kekurangan mobilitas di belakangnya.

Grup Piala Dunia Serbia

Brasil terlihat berada di posisi yang tepat untuk keluar dari Grup G, dan masuk ke babak sistem gugur, meninggalkan kemungkinan pertarungan tiga arah untuk memperebutkan tempat 16 besar lainnya.

Ada sedikit perbedaan antara Serbia, Swiss, dan Kamerun. Namun, berdasarkan pengalaman, mereka semua yakin akan memiliki keunggulan.

Jadwal dan jadwal pertandingan Grup G Serbia

Tanggal Pertandingan Stadion

Kamis, 24 November Brasil vs Serbia Stadion Lusail

Senin, 28 November Kamerun vs Serbia Stadion Al Janoub

Jumat, 2 Desember Serbia vs Swiss Stadion 974

3 dari 4 halaman

Strategi yang Dipersiapkan Serbia saat Bertempur di Qatar

Bisakah Serbia mengganti pemain di daftar Piala Dunia?

Setelah daftar 26 pemain terakhir resmi, tim yang berpartisipasi di Piala Dunia hanya dapat melakukan perubahan sebelum pertandingan pertama turnamen, dan hanya dalam keadaan luar biasa.

Menurut aturan turnamen resmi, "seorang pemain yang terdaftar di daftar final hanya dapat diganti jika mengalami cedera serius atau sakit hingga 24 jam sebelum dimulainya pertandingan pertama timnya.

"Tim yang bersangkutan perlu menyerahkan laporan medis kepada FIFA dan jika badan pengatur dunia menentukan "cedera atau penyakit cukup serius untuk mencegah pemain mengambil bagian dalam Piala Dunia" maka penggantian akan diizinkan.

Pemain pengganti harus berasal dari daftar awal pemain yang diajukan ke FIFA pada Oktober 2022.

Dua striker berbahaya, gaya permainan menyerang, dan manajer pahlawan membuat tim Dragan Stojkovic menjadi salah satu yang harus diperhatikan

Rencana Serbia

Tidak sulit untuk memahami rencana permainan Serbia: yaitu mencetak gol. Setelah itu? Nah, untuk mencetak lebih banyak gol. Jika ada satu hal yang tidak perlu dipertanyakan lagi tentang timnas Serbia akhir-akhir ini adalah fakta bahwa mereka memiliki potensi serangan yang sangat besar.

Peluang yang mereka ciptakan kerap bermula dari lini tengah. Sergej Milinkovic-Savic dan Dusan Tadic mampu mendikte sebagian besar permainan; mereka adalah jantung dari lini tengah, persepsi dan bakat mereka aset penting dari tim Dragan Stojkovic.

Di depan mereka beroperasi Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic, mesin gol yang keduanya memiliki tahun-tahun yang baik (tetapi datang ke Piala Dunia membawa tekanan).

Tambahkan ke pemain sayap cepat yang mampu melakukan umpan silang berkualitas tinggi dan mudah untuk melihat mengapa Serbia adalah tim penyerang. Lawan harus berurusan dengan bola yang dimainkan melalui lini tengah atau di sayap untuk sampai ke striker. Alternatif ketiga adalah umpan-umpan panjang untuk para pemain sasaran, yang lapar untuk memperebutkan bola kedua yang jatuh ke arah mereka.

4 dari 4 halaman

Pemain Serbia yang Jarang Disebut, tapi Punya Peran Begitu Vital

“Tim Serbia ini berada di puncak permainan mereka,” kata Veljko Paunovic, pelatih yang memenangkan Piala Dunia U-20 bersama Serbia pada 2015. “Mereka tentu memiliki tujuan yang tinggi dan itu mengeluarkan yang terbaik dari semua orang.”

Melawan tim yang lebih kuat, perkirakan Serbia akan bermain dalam formasi 5-3-2 dengan bek sayap diberi tugas pertahanan yang penting. Jika Stojkovic mengharapkan permainan yang lebih mudah, maka itu mungkin akan menjadi 3-4-3 dengan Tadic berada di belakang Vlahovic dan Mitrovic.

Selama bertahun-tahun, beberapa orang di Serbia menyerukan agar tim nasional bermain dengan tiga bek, tetapi baru setelah Aleksandar Kolarov dan Branislav Ivanovic gantung sepatu, hal itu membuahkan hasil. Rasanya lebih aman daripada empat bek dan sekarang menjadi pengaturan defensif default.

Sebelum pertandingan krusial kualifikasi Piala Dunia melawan Portugal di Lisbon, seorang jurnalis bertanya kepada Dragan Stojkovic apakah menurutnya Serbia bisa lolos ke turnamen di Qatar. Pelatih menjawab: “Apa maksudmu 'pada akhirnya'? Tidak ada tanda tanya, kami akan pergi ke Piala Dunia.

”Pelatih memancarkan kepercayaan diri dan itu, ditambah dengan otoritas yang dia miliki dari karir bermainnya yang luar biasa, berarti para pemain mempercayai dia dan idenya 100%. Setelah sesi latihan pertama, salah satu dari mereka bercanda: "Di mana saja kamu sepanjang hidupku?" Stojkovic menyimpulkan filosofi kepelatihannya sebagai berikut: “Tidak cukup hanya menang – cara kami menang juga penting. Kami ingin bermain dengan baik, memainkan sepak bola menyerang, dan mencetak banyak gol.”

Pahlawan tanpa tanda jasa

Sulit menemukan pahlawan tanpa tanda jasa karena sebagian besar tim dipuji oleh media, tetapi Filip Kostic mungkin merupakan pilihan terbaik. Namanya tidak pernah disebutkan ketika membahas pemain terbaik Serbia, tetapi setelah musim yang fantastis di Eintracht Frankfurt dia bergabung dengan Juventus di musim panas untuk bergabung dengan Vlahovic, yang telah dia lakukan dengan baik.

Namun, hal yang paling mengesankan adalah bahwa pemain sisi kiri yang serba bisa itu bahkan lebih terhubung secara telepati dengan Mitrovic saat bermain untuk Serbia. Kostic bekerja keras dan berdedikasi penuh untuk tim. “Kostic adalah pemain yang serius dan sangat fokus,” kata Stojkovic. “Ketika dia berada di lapangan, Anda tahu bahwa umpan silang akurat akan tiba di kotak penalti. Dia seperti Frecciarossa (kereta Italia berkecepatan tinggi).”

Kemungkinan susunan pemain Serbia

Pemain Serbia belum berkomentar tentang situasi hak asasi manusia di Qatar dan kondisi pekerja migran. FA Serbia juga tidak memiliki posisi resmi. Pendapat umum di sepak bola Serbia adalah bahwa "fokusnya tidak boleh dialihkan dari sepak bola" dengan membicarakan topik lain, apakah itu perang di Ukraina atau masalah di Qatar. Tadic, kapten Serbia, bahkan tidak akan mengenakan ban lengan berwarna pelangi di Piala Dunia tahun ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS