Sukses

Cetak Dwigol Lawan Albania, Vincenzo Grifo Bersedia Melakukan Apa pun demi Timnas Italia

Vincenzo Grifo kembali mencetak brace bersama timnas Italia.

Liputan6.com, Jakarta Vincenzo Grifo jadi bintang kemenangan timnas Italia dalam uji coba melawan Timnas Albania, Kamis (17/11/2022). Dalam laga yang digelar di Air Albania Stadium itu, Gli Azzurri menang dengan skor 3-1.

Italia sempat tertinggal lewat gol Ardian Ismail pada menit ke-16. Namun, Gli Azzurri mampu menyamakannya lewat Giovanni Di Lorenzo menit ke-20. Timnas Italia kemudian mengubah skor menjadi 3-1 lewat dwigol yang dicetak oleh Vincenzo Grifo pada menit ke-25 dan 64'. Skor ini bertahan hingga laga usai.

Grifo sebenarnya sangat jarang mendapat kesempatan memperkuat Gli Azzurri. Di usia yang sudah 29 tahun, warga Italia yang bermukim di Jerman itu baru memiliki tujuh caps bersama timnas. Meski demikian, Grifo mengaku selalu antusias bila mendapat panggilan untuk memperkuat Gli Azzurri.

Saat dipanggil bertanding melawan Esotnia pada ujia coba November 2020 lalu, Grifo juga sukses mencetak brace. Dalam duel tersebut, timnas Italia berhasil menang dengan skor 4-0.

"Terakhir kali melawan Estonia dan sekarang lagi. Saya berterima kasih kepada tim, sebab tanpa support mereka, Anda tidak bisa mencetak gol. Saya senang," kata Grifo kepada RAI Sport usai laga. 

"Perasaan yang luar biasa, karena bermain untuk warna-warna ini selalu membuat saya bangga. Saya akan selalu melakukan apa pun yang saya bisa untuk berada di sini bersama para pemain hebat ini.”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bermain Gemilang

Pelatih Italia, Roberto Mancini, memanggil Grifo setelah melihat penampilannya yang gemilang bersama Freiburg. Musim ini, dia sudah mencetak 11 gol dan 3 assist dalam 23 pertandingan di level klub.

Dia mengaku senang karena rekan-rekan satu timnya memberi dukungan besar terhadapnya. "Segalanya juga berjalan baik bagi saya saat ini dan saya harap mereka terus seperti itu," beber Grifo. 

Karakteristik Grifo juga dianggap cocok dengan perubahan skema bermain Italia saat melawan Albania. Dalam duel ini, Gli Azzurri tampak bermain dengan formasi 3-4-3 yang dinggambarkan berbeda oleh Grifo.

"Kami pindah ke 5-2-3 dengan semua orang menekan. Albania adalah tim yang sangat kuat, tetapi kami mempersiapkan diri dengan baik dan sangat senang dengan kemenangan itu," Grifo menambahkan. 

 

3 dari 3 halaman

Gagal Tampil di Piala Dunia 2022

Grifo sebenarnya tidak berasal dari tim elite. Dia saat ini bermain untuk klub medioker Jerman, SC Freiburg. Meski berposisi sebagai pemain sayap, Grifo tampil sangat tajam pada musim ini.

Pemain Italia kelahiran Jerman tersebut sudah mencetak 11 gol dari 23 penampilan. Adapun sembilan gol di antaranya diciptakan dalam ajang Bundesliga dari 15 laga.

Sebagai pemain, Grifo tentu berharap bisa memperkuat Gli Azzurri di Piala Dunia 2022. Sayangnya, pasukan Roberto Mancini gagal lolos ke Qatar. Italia tersingkir setelah gagal di babak play off.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.