Sukses

KONI Minta Pengurus Baru Baseball dan Softball Masif Gelar Kompetisi dan Sosialisasi

Dalam pelantikan tersebut ketum KONI menitipkan pesan kepada Andika dan jajaran pengurus Perbasasi 2022-2026 untuk menyiapkan timnas baseball dan softball yang tangguh.

Liputan6.com, Jakarta- Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman resmi mengukuhkan dan melantik Ketum Pengurus Besar Perserikatan Baseball & Softball Seluruh Indonesia (PB.Perbasasi) masa bakti 2022-2026 di Kantor KONI Pusat Senayan pada Hari Rabu tanggal 9 November 2022. Perbasasi kembali akan dipimpin oleh Andika Monoarfa.

Dalam pelantikan tersebut ketum KONI menitipkan pesan kepada Andika dan jajaran pengurus Perbasasi 2022-2026 untuk menyiapkan timnas baseball dan softball yang tangguh.

“Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menargetkan Indonesia masuk lima besar Olimpiade menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Baseball putra dan Softball putri dipertandingkan di Olimpiade sehingga kita wajib mempersiapkan tim Baseball dan Softball yang akan meraih medali emas Olimpiade kelak,” pesan Marciano seperti dilansir situs resmi KONI.

Oleh karenanya, Ketum KONI Pusat berharap Perbasasi dapat menjangkau ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota guna melakukan sosialisasi, menjaring serta menyaring atlet melalui kompetisi dan membina atlet.

“Softball dan Baseball adalah olahraga yang dicintai anak-anak muda, saya berharap Ketum PB.Perbasasi menggelar Kejuaraan Baseball dan Softball di tingkat kabupaten/kota, provinsi sehingga nanti kita punya satu tim nasional yang kita harapkan,” sambung Ketum KONI Pusat berharap potensi dimanfaatkan dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PON

Satu contoh kompetisi yang Ketum KONI Pusat singgung dan apresiasi adalah keberadaan liga Baseball/Softball Indonesia yang sudah berjalan. Melihat pengurus yang berpengalaman pada cabor Baseball dan Softball, Marciano berharap prestasi atlet yang lebih baik.

Selanjutnya Ketum KONI Pusat juga berpesan agar mempersiapkan pertandingan Baseball dan Softball di Aceh pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Pada PON XX/2021 Papua lalu, Softball merupakan pertandingan pertama yang mengawali rangkaian pertandingan PON XX pada tanggal 22 September 2021 di Stadion Softball Agus Kafiar Universitas Cenderawasih Kota Jayapura.

Diharapkan pada PON XXI/2024, pertandingan Baseball dan Softball akan sukses secara penyelenggaraan dan juga prestasi. Selain itu, seluruh tim yang lolos berlaga harus berangkat untuk bertanding. Itu menjadi salah satu tugas Ketum PB.Perbasasi yang baru dilantik bersama jajarannya untuk komunikasikan dengan ketua pengurus provinsi terkait.

3 dari 3 halaman

Optimistis

“Saya berharap pelaksanaannya nanti akan sukses. Tidak terjadi lagi seperti waktu-waktu yang lalu, saya minta Ketum tekankan pengurus provinsi agar mengirimkan timnya kalau lolos kualifikasi, jangan sampai tidak berangkat,” pesan Ketum KONI Pusat.

Andika optimistis dengan kepengurusan karena pengalaman jajarannya. “Saya terpilih kembali untuk periode kedua, dengan mayoritas 95% pengurus yang sama dengan periode sebelumnya,” ujarnya. “Semuanya yang ada di pengurus ini, masih ada di lapangan,” sambungnya.

Ia sampaikan bahwa tengah menggencarkan kompetisi guna menjaring serta menyaring atlet-atlet muda. Mereka akan dipersiapkan ke depan untuk menjadi Tim Nasional Indonesia yang siap meraih juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini