Sukses

Sapu Bersih Balapan di Hari Terakhir WSBK 2022, Toprak Razgatlioglu Sempat Sakit Sebelum Lomba

Liputan6.com, Jakarta Toprak Razgatlioglu menyapu bersih seluruh balapan World Superbike (WSBK) Mandalika 2022. Setelah memenangkan Race 1 dan Superpole, pembalap Pata Yamaha itu kembali finis pertama di Race 2, Minggu (13/11/2022).

Tidak mudah bagi Toprak memenangkan Race 2. Dia harus bersaing ketat dengan Jonathan Rea dan Alvaro Bautista. Secara bergantian, kedua pembalap itu sempat menggusur Toprak dari posisi pertama. Meski demikian, Toprak berhasil merebut kembali posisi terdepan dan menuntaskan 21 lap pada urutan pertama.

Perjuangan Toprak bertambah berat karena pembalap asal Turki itu rupanya sakit sebelum lomba. Dia bahkan sempat berobat ke klinik.

"Tadi pagi saya bangun dan merasa tidak enak badan. Tidak punya energi dan merasa sakit di bagian sini (menunjuk ke arah perut)," ujarnya dalam jumpa pers, Minggu (12/11/2022).

"Setelah itu saya ke klinik dan mendapat beberapa pil dan suntikan. Saya mulai merasa lebih enakan saat superpole race, tapi energi saya belum sepenuhnya pulih," beber Toprak.

Sebelum tampil di Race 2, Toprak berusaha mengisi tenaga dengan makan. Langkah ini cukup membantu karena saat balapan, dia mulai merasa lebih baik. "Saya mulai bertenaga dan saat ini juga semakin baik," katanya.

Meski menyapu bersih seluruh balapan WSBK Mandalika 2022, Toprak gagal menghambat Alvaro Bautista menjadi juara dunia. Pembalap Aruba.it itu akhirnya mengunci puncak klasemen setelah finis kedua pada Race 2.

Saat ini, Bautista memimpin dengan 553 poin disusul Toprak dengan 487 poin. Sementara posisi ketiga ditempati Jonathan Rea dengan 450 poin. Apapun hasil pada seri terakhir di Phillip Island, Australia pekan depan, tidak akan mampu menggusur Bautista dari urutan 1.

"Ya, masih ada tersisa satu race lagi, tapi perebutan juara dunia sudah selesai. Sekarang saya fokus pada tahun depan karena kami butuh sepeda motor baru. Sepeda motor yang lebih bertenaga untuk kembali bertarung mengejar gelar juara," beber Toprak Razgatlioglu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Toprak di WSBK Mandalika

Sekadar informasi, Toprak Razgatlioglu memang tampil mengesankan di WSBK Mandalika 2022. Sebelum merebut predikat juara Superpole Race dan Race 2, rider asal Turki itu telah lebih dulu naik ke podium di Race 1.

Toprak mampu memanfaatkan privilesenya start di posisi terdepan. Ia terus memimpin balapan sejak lap-lap awal. Alvaro Bautista yang menjadi pesaing terdekatnya pun diasapi hingga hanya mampu finis di urutan kedua.

Sementara itu, Jonathan Rea mengamankan tempat ketiga, disusul Andrea Locatelli dan Michael Ruben Rinaldi yang masing-masing menghuni peringkat empat serta lima.

3 dari 3 halaman

Nyaris Crash

Sebelumnya, terungkap bahwa Toprak nyaris mengalami crash saat melakoni balapan Race 1 WSBK Mandalika pada Sabtu (12/11/2022) kemarin. Beruntung rider Pata Yamaha itu mampu mengendalikan motornya hingga sukses menyelesaikan lomba dengan aman.

Keberhasilan Toprak memenangkan Race 1 tak lepas dari ketenangannya dalam balapan. Hanya saja, kejadian di tersebut diakui sempat membuatnya bergidik karena teringat insiden Marc Marquez. 

"Di tikungan ke-7, ban saya sempat tergelincir. Saya membuka gas dan saya melebar. Dan setelah itu, saya teringat Marc Marquez. Itu kecelakaan yang besar bukan?" ujar Toprak selepas balapan.

Marc Marquez memang sempat mengalami kecelakaan di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022. Dia terlempar dari sepeda motornya saat tengah menjalani latihan pemanasan jelang race MotoGP Mandalika. 

Saat itu, dia terjatuh dalam posisi high side pada tikungan ke-7. Akibat kejadian itu, Marquez akhirnya batal ikut balapan. Sebelumnya, Marquez juga sempat dua kali terjatuh pada sesi FP 2 dan kualifikasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Toprak Razgatlioglu adalah pembalap profesional yang saat ini aktif membalap di Kejuaraan Dunia Superbike
    Toprak Razgatlioglu adalah pembalap profesional yang saat ini aktif membalap di Kejuaraan Dunia Superbike
    Toprak Razgatlioglu
  • WSBK atau akrab dikenal World Superbike merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    WSBK atau akrab dikenal World Superbike merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    WSBK
  • World Superbike atau akrab dikenal WSBK merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    World Superbike atau akrab dikenal WSBK merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    World Superbike
  • World Superbike (WSBK) Mandalika adalah event balap motor yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok
    World Superbike (WSBK) Mandalika adalah event balap motor yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok
    WSBK Mandalika
  • WSBK 2022