Sukses

Hasil Race 2 WSBK Mandalika: Finis Kedua, Alvaro Bautista Kunci Gelar Juara Dunia

Alvaro Bautista sukses mengunci gelar juara dunia usai melakoni Race 2 WSBK 2022 seri Indonesia di Sirkuit Mandalika pada Minggu (13/11/2022). Meski gagal finis terdepan, torehan poinnya sudah tak mampu dikejar oleh pesaing-pesaingnya.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista sukses mengunci gelar juara dunia World Superbike (WSBK) 2022. Kepastian ini didapat usai dirinya finis di urutan kedua dalam Race 2 WSBK seri Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Minggu (13/11/2022).

Adapun Toprak Razgatlioglu menjadi yang terdepan dalam race tersebut. Akan tetapi, tambahan poin yang didapatnya belum cukup untuk menyaingi posisi Bautista yang amat dominan di klasemen WSBK 2022.

Rider Kawasaki Jonathan Rea hanya mampu menepati urutan ketiga di Race 2. Ia diikuti oleh Andrea Locatelli dan Axel Bassani yang masing-masing menghuni peringkat empat dan lima.

Jonathan Rea sejatinya langsung tancap gas dia lap awal. Ia mampu mengasapi Toprak Razgatlioglu, yang start di posisi terdepan. Sementara itu, Andrea Locatelli dan Alvaro Bautista menyusul tepat di urutan ketiga dan keempat.

Persaingan sengit tersaji. Razgatlioglu mencoba menyalip Rea. Namun, pembalap yang menjadi pemenang di Race 1 serta Superpole Race WSBK Mandalika 2022 itu masih kesulitan mengungguli Rea hingga memasuki lap ketiga.

Tak puas dengan posisinya, Bautista perlahan-lahan merangsek ke urutan tiga. Ia memaksa Locatelli turun satu tingkat dan mulai menebar ancaman bagi Rea serta Razgatlioglu yang sejak tadi memimpin balapan.

Razgatlioglu baru berhasil merebut posisi Rea ketika race menyisakan 16 lap. Pembalap Kawasaki pun mau tak mau gentian menghuni urutan kedua, diikuti Bautista, Bassani, dan Locatelli yang melengkapi jajaran lima besar.

Rea terus-terusan merosot. Ia sudah tercecer ke urutan empat pada lap kedelapan. Bautista naik mengambil alih posisi kedua, sementara Bassani menyusul di tempat ketiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Razgatlioglu dan Bautista Saling Pepet

Razgatlioglu mulai dipepet Bautista. Rider Aruba.it Racing Ducati itu terus-terusan mencari peluang untuk merebut posisi terdepan, tetapi masih gagal hingga lap ke-12.

Di sisi lain, Rea sudah berhasil kembali ke persaingan tiga besar. Ia meninggalkan Bassani serta Locatelli yang kembali menempati urutan keempat dan lima.

Rivalitas dua pembalap terdepan memanas di lap 13. Bautista akhirnya mampu memimpin balapan. Razgatlioglu sempat mencoba mencuri kembali posisinya. Namun, Bautista nampak makin perkasa di tujuh lap terakhir.

Perubahan baru terjadi di lap 16. Bautista gagal mempertahankan dominasi atas Razgatlioglu. Alhasil, pembalap berkebangsaan Turki itu kembali memacu kuda besinya di urutan pertama. Posisi ini bertahan hingga balapan usai.

3 dari 4 halaman

Kawinkan Gelar

Dengan hasil ini, Ducati untuk pertama kalinya dalam sejarah berhasil mengawinkan gelar MotoGP dan WSBK di musim yang sama,

Bautista juga menjadi pemberi gelar juara perdana bagi Ducati di World Superbike sejak 2011 ketika Carlos Checa menang.

Sekadar informasi, Francesco Bagnaia telah lebih dulu menjadi juara MotoGP 2022. Posisi sembilan di MotoGP Valencia beberapa waktu lalu sudah cukup baginya untuk mengunci gelar yang diidam-idamkannya musim ini.

4 dari 4 halaman

Hasil Lengkap Race 2

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

2. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing - Ducati)

3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

4. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

5. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

6. Scott Redding (BMW Motorrad WorldSBK Team)

7. Xavi Vierge (Team HRC)

8. Garrett Gerloff (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team)

9. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

10. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing - Ducati)

11. Xavi Fores (BARNI Spark Racing Team)

12. Michael van der Mark (BMW Motorrad WorldSBK Team)

13. Loris Baz (Bonovo Action BMW)

14. Hafizh Syahrin (MIE Racing Honda Team)

15. Oliver Konig (Orelac Racing Verdnatura)

16. Eugene Laverty (Bonovo Action BMW)

17. Leandro Mercado (MIE Racing Honda Team)

Kyle Smith (TPR Team Pedercini Racing)

Kohta Nozane (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.