Sukses

Rebut Race 1 WSBK Mandalika 2022, Toprak Nyaris Celaka Seperti Marc Marquez

Toprak Razgatlioglu hanya melakukan satu kesalahan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022.

Liputan6.com, Jakarta Toprak Razgatlioglu nyaris celaka pada Race 1 World Superbike (WSBK) 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/11/2022). Beruntung rider Pata Yamaha itu mampu mengendalikan sepeda motornya dan sukses menyelesaikan lomba di urutan pertama. 

Toprak yang start dari urutan pertama sejak awal tidak menyia-nyiakan kesempatan. Dia segera melesat dan memimpin jalannya balapan hingga lap terakhir. Kemenangan ini sekaligus menjaga persaingan dengan Alvaro Bautista yang sempat memimpin 82 poin atas Toprak tetap terbuka. 

Bautista juga tampil gemilang dalam balapan ini. Mengawali lomba dari urutan kelima, pembalap Aruba.it itu mampu finis di urutan kedua setelah melewati Jonathan Real di pertengahan lomba. 

Saat ini, Bautista masih memimpin dengan 527 poin atau terpaut 77 poin atas Toprak Razgatlioglu. Keduanya akan kembali bersaing pada balapan superpole dan Race 2, Minggu (13/11/2022). 

Keberhasilan Toprak memenangkan Race 1 tak lepas dari ketenangannya dalam balapan. Pria berusia 26 tahun itu boleh dikatakan hanya melakukan satu kesalahan saja. Hanya saja, kejadian tersebut sempat membuatnya bergidik karena teringat insiden Marc Marquez di Sirkuit Mandalika Maret lalu. 

"Di tikungan ke-7, ban saya sempat tergelincir. Saya membuka gas dan saya melebar," katanya. 

"Dan setelah itu, saya teringkat Marc Marquez. Itu kecelakaan yang besar bukan?"beber Toprak. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lintasan Kotor

Menurut Toprak, kejadian ini bermula saat dia menyentuh lintasan yang kotor di tikungan 6. Dia kemudian menutup gas saat memasuki tikungan ke-7, tapi justru membuat bannya tergelincir. 

"Dan setelah itu, saya tampil lebih tenang. Saya juga melihat jarak dengan yang lain cukup jauh, dengan pembalap di belakang saya," kata juara dunia WSBK 2021 itu menjelaskan. 

Marc Marquez memang sempat mengalami kecelakaan di Sirkuit Mandalika, Maret 2022. Dia terlempar dari sepeda motornya saat tengah menjalani latihan pemanasan jelang race MotoGP Mandalika. 

Saat itu, dia terjatuh dalam posisi high side pada tikungan ke-7. Akibat kejadian itu, Marquez akhirnya batal ikut balapan. Sebelumnya, Marquez juga sempat dua kali terjatuh pada sesi FP 2 dan kualifikasi.

 

3 dari 4 halaman

Berjuang di Superpole

Toprak memang beruntung tidak bernasib seperti Marquez. Namun upayanya untuk mempertahankan mahkota juara dunia WSBK 2021 tetap sulit. Toprak saat ini, masih terpaut 77 poin dari Bautista. 

Kedua pembalap kembali akan bertarung, Minggu (13/11/2022). Pada hari penutupan WSBK Mandalika 2022, kedua rider tersebut kembali berebut poin pada sesi balapan Superpole dan Race 2. 

"Hari ini strategi saya hanya bertahan di racing line. Ok, saya tidak senang. Saya bosan balapan sendirian di depan, tapi besok kami akan coba bertarung lagi di Superpole. Kami akan berusaha menekan pada lap-lap awal, tapi tidak dalam seluruh balapan karena saya harus hemat ban." 

Simak jadwal WSBK Mandalika 2022 di halaman selanjutnya. 

4 dari 4 halaman

Jadwal WSBK Mandalika 2022

Minggu, 13 November 2022

07.30 - 07.45 WIB: WUP WorldSBK

07.55 - 08.10 WIB: WUP WorldSSP

09.30 WIB: SPR WorldSBK

11.00 WIB: Race 2 WorldSSP

12.30 WIB: Race 1 WorldSBK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.