Sukses

Kehadiran Fans dari Turki Meriahkan Kemenangan Toprak Razgatlioglu di Race 1 WSBK Mandalika 2022

Penonton balap motor WSBK 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB tidak hanya datang dari dalam negeri saja.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu terus berjuang memangkas jarak dengan rider Aruba.it, Alvaro Bautista pada WSBK 2022. Aksi sang juara bertahan, mendapat dukungan langsung dari sejumlah warga Turki yang sengaja datang ke Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Osman salah satunya. Pria yang bermukim di Australia itu mengaku baru pertama kali datang ke Indonesia. Dia hadir bersama beberapa warga Turki untuk memberi dukungan kepada Toprak. 

Saat Toprak berhasil merebut podium pertama pada Race 1, fans dari Turki itu segera berkumpul di depan panggung pemberian trofi. Kehadiran mereka bahkan sempat menyita perhatian Toprak.

Meski jumlahnya tidak sampai sepuluh orang, kehadiran mereka memang sangat mencolok di WSBK 2022. Osman dan rekan-rekannya membawa bendera Turki berukuran cukup besar. 

"Kami datang dari beberapa negara. Saya dari Australia, dan ada juga yang dari Jerman," beber Osman saat ditemui usai menyaksikan penyerahan trofi Race 1 Supersport, Sabtu (12/11/2022). 

Osman sebenarnya bukan penggemar fanatik balap motor. Meski demikian, sebagai warga Turki, pria berusia 53 tahun itu tetap berharap, Toprak bisa mempertahankan mahkota juaranya di WSBK 2022. 

"Yang lebih suka balap motor sebenarnya sepupu saya. Dia juga ikut," ujar Osman menambahkan. 

Seperti diketahui, tahun lalu, Toprak dinobatkan sebagai juara dunia saat tampil di WSBK Mandalika 2021. Meski gagal finis pertama di balapan pertama dan kedua, Toprak berhasil mengunci posisi teratas klasemen WSBK 2021. Dia mengalahkan rival sekaligus langganan juara, Jontahan Rea.

Tahun lalu, Osman tidak bisa ikut ke Indonesia. Karena itu, pria yang berprofesi sebagai tukang cukur rambut itu berharap bisa hal itu terulang lagi pada tahun ini. "Dalam balapan, apapun bisa terjadi. Di race pertama, Toprak berhasil pole, jadi masih bisa menunda gelar Alvaro Bautista," katanya. 

"Saya berharap ingin bisa melihat Toprak juara di seri terakhir karena akan berlangsung di Phillip Island. Jadi saya ingin melihat dia juara di tempat saya tinggal saat ini," beber Osman menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Langkah Mudah

Langkah Toprak mempertahankan gelar juara dunia WSBK memang tidak mudah. Sebelum tampil di WSBK Mandalika 2022, Topak terpaut 82 poin dari rider Aruba.it, Alvaro Bautista yang memimpin klasemen balapan WSBK 2022 dengan 507 poin. Meski demikian, Toprak tidak menyerah. 

Pembalap berusia 26 tahun itu berhasil memenangkan Race 1 WSBK Mandalika, Sabtu (12/11/2022). Dia finis pertama disusul Bautista pada tempat kedua. Bautista yang sempat tercecer hingga ke urutan kelima berhasil merangsek ke posisi runner up usai melewati juara dunia 6 kali Jonathan Rea.

Saat ini, Bautista memimpin dengan 527 poin atau terpaut 77 poin dari Toprak. WSBK 2022 kembali berlangsung, Minggu (13/12/2022). Para pembalap masih akan memperebutkan poin dari sesi Superpole dan Race 2. Setelah dari Mandalika, WSBK akan berakhir di Australia pada pekan depan. 

 

3 dari 4 halaman

Jalannya Balapan

Toprak yang tertinggal 82 poin dari Bautista start dari urutan pertama di race 1. Kesempatan ini tidak disia-siakannya. Toprak segera melesat dan meninggalkan rival-rivalnya sejak lampu start menyala. 

Jonathan Rea yang memulai di tempat kedua juga cukup kompetitif di awal balapan. Rider Kawasaki Racing team itu terus berupaya membuntuti sang juara musim lalu. Namun 

Alvaro Bautista tak mau ketinggalan memacu kuda besinya. Pemuncak klasemen sementara WSBK 2022 perlahan-lahan naik ke urutan tiga dan menebar ancaman bagi Razgatlioglu serta Rea. Adapun Andrea Locatelli dari Pata Yamaha menyusul di posisi empat.

Bautista terus menekan dan berhasil melewati Rea. Dia pun menguntit Toprak di sisa lap.

Posisi empat besar tak berubah hingga memasuki lap ke-14. Toprak masih dominan di tempat pertama, disusul Bautista, Rea, dan Locatelli yang masing-masing menghuni urutan dua, tiga, serta empat.

Perubahan baru terjadi di lap 15. Locatelli tergusur oleh Michael Rinaldi. Ia mau tak mau harus menghuni urutan kelima, diikuti Xavi Vierge dan Alex Lowes.

Beruntung Locatelli bisa kembali ke empat besar di lap-lap akhir. Namun, ia sudah tak mampu mengejar tiga pembalap terdepan. Alhasil, posisi pertama, kedua, dan ketiga secara berturut-turut menjadi milik Razgatlioglu, Bautista, serta Rea.

4 dari 4 halaman

Hasil Balapan

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

2. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing - Ducati)

3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

4. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

5. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing - Ducati)

6. Xavi Vierge (Team HRC)

7. Garrett Gerloff (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team)

8. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

9. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

10. Loris Baz (Bonovo Action BMW)

11. Xavi Fores (BARNI Spark Racing Team

12. Scott Redding (BMW Motorrad WorldSBK Team)

13. Hafizh Syahrin (MIE Racing Honda Team)

14. Eugene Laverty (Bonovo Action BMW)

15. Kohta Nozane (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team)

16. Oliver Konig (Orelac Racing Verdnatura)

Michael van der Mark (BMW Motorrad WorldSBK Team)

Kyle Smith (TPR Team Pedercini Racing)

Leandro Mercado (MIE Racing Honda Team)

Philpp Oettl (Team Goeleven)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.