Sukses

Gagal Main di Piala Dunia 2022, Roberto Firmino Banjir Dukungan

Firmino telah memenangkan 55 penampilan untuk Timnas Brasil tapi tidak masuk dalam daftar final Bos Tite untuk Piala Dunia 2022 Qatar

Liputan6.com, Jakarta Para pemain Liverpool sedang menantikan keputusan terakhir dari pelatih di negara masing-masing apakah mereka akan menuju ke Piala Dunia 2022 di Qatar atau tidak. Salah satu pemain yang dipastikan gagal dipanggil adalah penyerang Roberto Firmino. 

Firmino  awalberada di daftar skuad terbaru pilihan Tite sebelum pengumuman Piala Dunia 2022, dan telah memenangkan 55 penampilan untuk Timnas Brasil. Namun, pada akhirnya dia tidak masuk dalam skuad 26 pemain terakhir, dan hanya akan mendukung Selecao dari rumah.

Pada usia 31 tahun, ini kemungkinan merupakan kesempatan terakhir Firmino untuk bermain di Piala Dunia, terutama dengan jumlah talenta penyerang muda yang dimiliki Brasil. Firmino turun ke Instagram untuk merenungkan berita tersebut, dan menerima banyak dukungan dari pemain lain.

Pemain depan Real Madrid Rodrygo juga mengirimkan pesan dukungan kepada Firmino, saat ia bersiap untuk Piala Dunia pertamanya. Penyerang Liverpool itu memposting di Instagram setelah pengumuman, dengan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepadanya. 

"Piala Dunia adalah mimpi bagi setiap pemain dan bagi saya itu tidak akan berbeda," kata Firmino dalam unggahannya, dikutip dari TBR Football, Rabu (9/11/2022).

"Kemarin, hal-hal tidak berjalan seperti yang saya bayangkan atau impikan untuk hidup saya, tetapi saya dapat melihat ke belakang dan memiliki hati yang bersyukur kepada Tuhan bahwa Dia telah mengizinkan saya untuk menjalani mimpi itu dan juga banyak orang lain," tambahnya. 

Unggahan itu disukai oleh Virgil van Dijk, Fabinho dan Jordan Henderson, yang menunjukkan dukungan mereka untuk pemain Brasil itu. Rodrygo kemudian mengirim pesan ke Firmino yang hanya mengatakan, "Giant Bobby," di kolom komentar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keputusan Mengejutkan

Keputusan ini mengejutkan sekaligus bisa dipahami karena ketatnya persaingan di lini serang Brasil. Tite lebih memilih Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli, Vinicius, Rodrygo Goes dan Antony, beberapa nama yang masuk skuad Piala Dunia 2022. Firmino pun harus melupakan ambisinuya main di Piala Dunia untuk kedua kali.

Firmino akui impikan bisa main di Piala Dunia 2022 bersama Brasil. Selama ini, dia selalu jadi andalan dan itu terlihat dari 55 kali caps yang dimilikinya

Firmino sebenarnya lebih berpengalaman dibandingkan Gabriel Martinelli yang sama-sama main di Liga Inggris. Namun Tite punya alasan sendiri.

Tite mengaku senang dengan permainan Martinelli yang mampu membawa Arsenal ke puncak klasemen Liga Inggris untuk sementara.

"Saya suka agresivitas Martinelli. Dia salah satu pemain top di Arsenal. Dia bagus saat satu lawan satu, cepat saat transisi," kata Tite.

Brasil satu grup dengan Serbia, Swiss dan Kamerun di Piala Dunia Qatar.

3 dari 5 halaman

Didominasi Debutan

Salah satu fakta menarik di balik daftar pemain Brasil pilihan Tite tersebut, adalah lebih dari separuhnya merupakan newbie atau debutan yang baru pertama kali mentas di putaran final Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 di Qatar akan menjadi Piala Dunia pertama untuk 16 dari 26 pemain Timnas Brasil pilihan Tite.

Para debutan di skuat Brasil adalah Gleison Bremer, Gabriel Martinelli, Rodrygo Goes, Vinicius Jr, Antony, Bruno Guimaraes, Alex Telles, Fabinho, Eder Militao, Weverton (kiper), Raphinha, Richarlison, Lucas Paqueta, Everton Ribeiro, Pedro, dan Alex Sandro.

Dari 16 nama tersebut, sejumlah nama terbilang terlambat tampil di Piala Dunia. Seperti Fabinho (29 tahun) dan Alex Sandro (31) yang namanya diabaikan Tite di Piala Dunia 2018. Kemudian kiper berusia 34 tahun, Weverton. Lalu Alex Telles (29) dan Everton Ribeiro (33).

Meski Qatar 2022 akan jadi panggung Piala Dunia pertama untuk 16 pemain Brasil, tetapi mereka tentu bukan newbie seutuhnya. Sebab semuanya berpengalaman main bersama Brasil, termasuk di turnamen besar seperti Copa America dan Olimpiade.

4 dari 5 halaman

Incar Trofi Keenam

Menghadapi Piala Dunia 2022 di Qatar, pemain andalan Timnas Brasil, Neymar Jr mengaku ambisius bisa membawa pulang trofi yang sudah lama tak pulang ke Brasil. Terakhir, Brasil mampu menjadi kampiun juara dunia pada Piala Dunia Korea Selatan dan Jepang 2022 saat mengandaskan Jerman 2-0.

Sejak debut di Timnas Brasil, Neymar sudah dua kali mencicipi panggung Piala Dunia, yaitu pada 2014 dan 2018. Namun ia belum mampu mengantarkan Tim Seleceo juara dunia, dia juga mengaku punya memori buruk pasca dikalahkan Jerman 1-7 di semi final Piala Dunia 2014.

“Kalah tidak pernah mudah dalam sepak bola, tapi di Piala Dunia lebih buruk. Itu sebabnya Anda harus melakukan persiapan dengan benar, 100% benar secara fisik dan mental," ujar Neymar dilansir dari FourFourTwo.

"Sudah menjadi impian saya sejak saya masih kecil untuk memenangkan Piala Dunia. Saya membayangkan diri saya memegang trofi itu dan saya punya kesempatan lain untuk mencoba dan melakukannya di Qatar. Saya harap saya akan melakukannya," tambahnya.

Juru gedor Paris Saint Germain (PSG) ini membeberkan tim mana saja yang kemungkinan akan menjadi pesaing berat tim Selecao membawa pulang trofi Piala Dunia 2022 Qatar. Setidaknya Neymar menyebutkan ada lima negara yang akan menjadi batu sandungan Brasil di Qatar.

5 dari 5 halaman

Daftar Skuad Brasil

Kiper: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Weverton (Palmeiras)

Bek: Dani Alves (Pumas UNAM), Danilo (Juventus), Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Sevilla), Bremer (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Marquinhos (Paris Saint-Germain), Thiago Silva (Chelsea)

Gelandang: Bruno Guimaraes (Newcastle), Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham)

Depan: Antony (Manchester United), Gabriel Jesus (Arsenal), Gabriel Martinelli (Arsenal), Neymar (Paris Saint-Germain), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Jr (Real Madrid)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.