Sukses

Sudah Pensiun, Kenapa Gerard Pique Masih Masuk Skuad Barcelona saat Bertemu Osasuna?

Liputan6.com, Jakarta Gerard Pique masih tampak dalam skuad Barcelona pada laga melawan Osasuna, Rabu (9/11/2022). Kehadirannya tentu memunculkan tanda tanya karena Pique sebenarnya telah memutuskan pensiun.

Pengumuman pensiun disampaikan Pique lewat media sosialnya berapa hari lalu. Dia kemudian melakoni laga perpisahan saat Barcelona menang 2-0 atas Almeria di Camp Nou, akhir pekan lalu.

Meski demikian, Pique ternyata masih masuk dalam daftar susunan pemain Barcelona saat menyambangi markas Osasuna di pekan ke-14 La Liga 2022/2023. Bahkan mantan pasangan penyanyi pop Shakira itu masih terlihat duduk di bangku cadangan saat laga berlangsung. 

Pique memang tidak jadi tampil pada pertandingan ini. Pria 35 tahun itu diusir wasit sebelum sempat turun ke lapangan. Seperti dilansir dari berbagai media, Pique diganjar kartu merah usai menghampiri wasit dalam perjalanan menuju lorong ruang ganti setelah pertandingan babak pertama selesai.

Pique kabarnya mengintimidasi wasit dengan kata-kata yang tidak pantas. Hal itu dilakukan setelah sang pengadil lapangan dianggap telah melakukan sejumlah kesalahan sepanjang babak pertama. Salah satunya menjadi awal dari gol Osasuna pada menit ke-6 yang dicetak oleh David Garcia.

Gol bermula dari keputusan wasit memberi hadiah tendangan sudut kepada tuan rumah. Padahal menurut laporan Football Espana, bola tidak menyentuh pemain Barcelona sebelum keluar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Barcelona Menang 2-1

Pada menit ke-31, wasit dianggap kembali merugikan Barcelona setelah mengganjar Robert Lewandowski dengan kartu merah. Dia diusir dari lapangan usai menerima kartu kuning kedua. 

Meski tampil dengan 10 pemain, Barcelona berhasil mengalahkan Ossasuna. Barcelona menutup pertandingan dengan skor 2-1 lewat gol yang dicetak Pedri (48') dan Raphinha (85'). Hasil ini sekaligus memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen dengan torehan 37 poin dari 14 laga. 

Barcelona kini unggul 5 poin atas rival abadinya, Real Madrid yang berada di peringkat kedua.

 

3 dari 4 halaman

Alasan Pique di Skuad Barcelona

Terkait kehadiran Pique di skuar Barcelona, sang manajer Xavi Hernandez pun angkat bicara. Menurutnya, dia sengaja melibatkan bek veteran tersebut sebagai pelapis di timnya. 

"Dia menjadi pilihan utama sebagai pengganti," kata Xavi Hernandez dilansir dari Marca.

Pique disiapkan untuk menggantikan Andreas Christensen yang belum optimal dan Eric Garcia yang belum sepenuhnya nyaman bermain. "Dan saya pikir dia bisa tampil," katanya. 

"Tapi, mereka mengusirnya karena kejadian itu. Kami merasa dirugikan hingga menimbulkan reaksa seperti itu dari dia dan pemain lainnya," beber mantan pelatih Barcelona tersebut. 

 

4 dari 4 halaman

Dirugikan Wasit

Pada kesempatan yang sama, Xavi Hernandez kembali menyoroti kinerja wasit yang memimpin jalannya laga. Menurutnya, Barcelona banyak dirugikan oleh keputusan yang tidak adil.

"Kami punya semua hal yang merugikan kami. Dari gol kebobolan yang berawal dari pelanggaran sampai pengusiran Lewandowski yang diragukan. Tapi kami punya keyakinan, karakter, dan kepribadian. Ini adalah kemenangan emas bagi kami," bebernya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS