Sukses

WSBK 2022: Kubu Toprak Razgatlioglu Berniat Gagalkan Pesta Alvaro Bautista di Sirkuit Mandalika

Alvaro Bautista masih memimpin klasemen WSBK 2022, terpaut 82 poin dari sang juara bertahan Toprak Razgatlioglu.

Liputan6.com, Jakarta Upaya Alvaro Bautista untuk mengunci gelar juara WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, tidak akan berjalan mudah. Toprak Razgatlioglu yang berada di urutan kedua pada papan klasemen berniat membawa pertarungan hingga ke seri terakhir di Australia.

Bautista tampil gemilang pada seri sebelumnya, GP Argentina. Pada balapan yang berlangsung di sirkuit San Juan Villicum tersebut, Bautista mampu memetik dua kemenangan dan satu tempat kedua. 

Berkat hasil itu, Alvaro Bautista langsung melesat di puncak klasemen. Pembalap Aruba.it Racing itu kini memimpin dengan 507 poin atau terpaut 82 poin dari sang juara bertahan Toprak Razgatlioglu. Sementara pada urutan ketiga menyusul pembalap Kawasaki, Jonathan Rea dengan 409 poin. 

WSBK 2022 seri berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB pada 11-13 November 2022. Sementara seri penutup dijadwalkan digelar di sirkuit Philip Island, Australia, sepekan kemudian. 

Kubu Razgatlioglu sebenarnya sudah hampir menyerah dalam perburuan gelar tahun ini. Hanya saja, Manajer tim Pata Yamaha, Paul Denning berharap Razgatlioglu mampu memberikan tekanan kepada Bautista hingga seri terakhir. Karena itu, Yamaha bakal tampil habis-habisan di WSBK Mandalika.   

 

"Jujur saja, kami datang ke sini dan berpikir kalau kejuaraan sepertinya sudah selesai. Sayangnya, hasil race 1 dan pencapaian Alvaro di sini, jujur saja banyak yang harus dilakukan. Tapi kami setidaknya akan berusaha membawa persaingan hingga ke Phillipe Island (Australia)," kata Paul Dening usai GP Argentina seperti dilansir dari situs resmi WSBK belum lama ini.     

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejar Poin Sempurna di Mandalika

Di Argentina, Razgatlioglu memang mengalami hari buruk. Di race pertama, dia terjatuh di lap pembuka saat berusaha melewati pimpinan klasemen di tikungan sembilan. Sang juara bertahan sempat memenangkan sesi superpole. Namun Bautista kembali finis terdepan di race kedua.

Hasil ini membuat langkah Bautista menjadi juara dunia semakin terbuka. Dia hanya perlu unggul 17 poin dari Razgatlioglu dan 1 poin dari Jonathan Rea pada race pertama di Sirkuit Mandalika. 

"Mari kita coba bersaing di Mandalika, berjuang untuk menang di sana, coba kalahkan Alvaro (Bautista) dan setidaknya beri dia sedikit tekanan di Phillip Island. Itu bagus. 62 poin dalam satu akhir pekan jadi jangan pernah mengatakan tidak pernah,” ujar Paul Denning menambahkan.

3 dari 3 halaman

Fokus pada Balapan

Sementara itu, Manajer tim, Aruba.it Racing, Serafino Foti, mengatakan, pihaknya tidak melakukan pendekatan khusus terhadap para pembalapnya jelang seri WSBK Mandalika. Menurutnya, persiapan yang dilakukan normal dan berharap Bautista sama sekali tidak fokus pada target lain.

"Bahkan akhir pekan ini, Alvaro hanya memikirkan balapan demi balapan tanpa memikirkan Kejuaraan. Dia telah melakukan pendekatan ini sejak awal tahun. Dia adalah pebalap yang sangat baik dan beberapa orang lupa bahwa dia memenangkan gelar dunia di 125cc," kata Foti menambahkan.

"Dia bertarung dengan Marco Simoncelli di 250cc dan di MotoGP, di masa Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Casey Stoner, dia lima pembalap teratas," beber Foti.

"Dia adalah pebalap super. Kami tidak ingin memikirkan gelar, sekarang kami hanya berpikir untuk pergi ke Mandalika untuk melakukan yang terbaik. Tentu jika kami berhasil, kami akan sangat senang. Kami akan membicarakannya di Mandalika atau Phillip Island,” Foti menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.