Sukses

Ada Penghancur Timnas U-19 Era Egy Maulana, Daftar 26 Pemain Jepang di Piala Dunia 2022

Timnas Jepang mengumumkan 26 pemain mereka untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Ada pemain yang pernah mengalahkan Timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Jepang mengumumkan 26 pemain mereka untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Terdapat sejumlah nama-nama terkenal di dalamnya.

Bulan November akhirnya tiba, artinya para pecinta sepak bola telah resmi memasuki bulan Piala Dunia 2022. Pada kesempatan ini, untuk pertama kalinya Piala Dunia berlangsung pada musim dingin.

Kini, para pelatih sedang berpacu dengan waktu untuk menentukan 26 pemain yang akan mereka bawa ke Piala Dunia 2022.

Dan, Jepang adalah tim pertama yang melakukan itu. Mereka mengumumkan 26 pemain pilihan 1 November 2022, atau 13 hari lebih cepat dari batas akhir yang ditentukan FIFA.

Samurai Biru, yang tergabung dalam grup tangguh bersama Jerman dan Spanyol, telah menunjuk tim yang menampilkan para pemain yang saat ini berkompetisi di lima liga top Eropa.

Salah satu nama pertama yakni Takehiro Tomiyasu, bek kuat Arsenal yang mendapat sambutan hangat di Liga Premier.

Meski berposisi sebagai full-back, andalan The Gunners ini sering bermain sebagai bek tengah untuk tim nasionalnya dan dapat bermitra dengan bek veteran Maya Yoshida di jantung pertahanan Hajime Moriyasu.

Yoshida bukan satu-satunya veteran di tim ini karena adanya kiper ikonik Eiji Kawashima, satu-satunya pemain yang masih dipanggil dalam skuad juara Piala Asia 2011 lalu.

Di lini tengah, ada dua nama populer yakni mantan pemain Liverpool Takumi Minamino dan bintang Frankfurt Daichi Kamada.

Minamino saat ini bermain untuk Monaco. Meskipun masih berjuang untuk medapatkan menit bermain di timnya, pemain berusia 27 tahun itu berpotensi memberikan kejutan di Qatar.

Kamada, di sisi lain, menikmati musim indahnya di Bundesliga, mencetak 11 gol dan membuat tiga assist dalam 17 penampilan pertamanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penghancur Timnas Indonesia U-19

Selain Minamino dan Kamada, Jepang juga akan diperkuat bintang muda Real Sociedad Takefusa Kubo dan penyerang Celtic Daizen Maeda.

Yang menarik di sini adalah nama Takefusa Kubo. Pemain 21 tahun ini sempat bermain bersama Timnas U-19 Jepang menghadapi Timnas U-19 Indonesia di ajang Piala Asia U-19 2018.

Saat itu, Indonesia dan Jepang bertemu di babak perempat final. Memang, Kubo tak mencetak gol pada laga itu.

Namun pergerakannya mampu menyulitkan Timnas U-19 Indonesia dan meraih kemenangan 2-0 untuk Tim Samurai Biru.

3 dari 5 halaman

26 Pemain Jepang

Kiper: Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse), Daniel Schmidt (Sint-Truiden), Eiji Kawashima (Strasbourg)

Bek: Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Hiroki Sakai (Urawa Reds), Maya Yoshida (Schalke), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Hiroki Ito (Stuttgart), Yuto Nagatomo (FC Tokyo), Yuta Nakayama (Huddersfield).

Gelandang: Wataru Endo (Stuttgart), Hidemasa Morita (Sporting CP), Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf), Gaku Shibasaki (Leganes), Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Ritsu Doan (Freiburg), Junya Ito (Reims), Takumi Minamino (Monaco), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Yuki Soma (Nagoya Grampus)

Penyerang: Daizen Maeda (Celtic), Takuma Asano (Bochum), Ayase Ueda (Cercle Brugge)

4 dari 5 halaman

Grup Neraka

Timnas Jepang kembali lolos ke Piala Dunia 2022. Mereka tergabung di Grup E yang bisa dibilang 'Grup Neraka'

Bagaimana tidak, ada dua raksasa Eropa di dalamnya, yakni Jerman sang pemilik gelar terbanyak kedua dan Spanyol, juara Piala Dunia 2010.

Satu negara sisanya adalah Kosta Rika. Tetapi, mereka juga tak bisa dipandang sebelah mata

Bergabung di Grup E seakan menjadi cobaan bertubi-tubi bagi Jepang. Mereka harus bertemu dengan dua negara yang pernah merasakan trofi Piala Dunia, Spanyol dan Jerman.

"Diundi melawan tim yang memiliki pengalaman memenangkan Piala Dunia sangat berarti bagi kami karena kami bertujuan untuk menghadapi yang terbaik di dunia,” kata pelatih Jepang Hajime Moriyasu.

"Kami akan mulai menganalisis lawan kami, tetapi kami tidak akan melihat mereka lebih baik dari kami. Kami ingin mengeluarkan kekuatan kami sendiri,” sambungnya, dilansir World Football.

5 dari 5 halaman

Pengalaman di Piala Dunia

Timnas Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia untuk kali delapan berturut-turut. Pertama kali tampil pada 1998, mereka jadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan.

Di Piala Dunia 2018, Jepang menjadi negara Asia pertama yang mengalahkan tim dari Amerika Selatan setelah mereka menang 2-1 atas Kolombia di babak penyisihan grup.

Jepang juga berhasil mencapai babak 16 besar tetapi kalah dari Belgia 2-3.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.