Sukses

Kasihan Leandro Trossard, Roberto Martinez Mati-matian Bela Eden Hazard di Piala Dunia 2022

Roberto Martinez pasang dada membela Eden Hazard meski kapten Belgia itu tak mendapat banyak jatah bermain dari Carlo Ancelotti di Real Madrid.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Piala Dunia 2022 di Qatar, pelatih Timnas Belgia Roberto Martinez, optimistis dengan Eden Hazard meski sang kapten tak mendapat kesempatan reguler di Real Madrid.

Hazard musim ini baru mendapatkan 229 menit bermain dari Carlo Anceloti di semua ajang.

Fakta yang terlihat mengkhawatirkan, tetapi tidak bagi Martinez yang tetap meyakini Hazard akan jadi kunci dalam permainan De Rode Duivels di Piala Dunia 2022.

Bahkan, Martinez pasang badan dan mati-matian membela Hazard ketika media dan publik sepak bola Belgia dibuat terkesima oleh Leandro Trossard yang bermain luar biasa bersama Brighton Hove Albion di Liga Inggris.

Eks pelatih Wigan Athletic dan Everton itu masih mengedepankan Hazard di starting XI Belgia, meski menyadari Trossard tampil menonjol bersama Brighton.

"Leandro Trossard banyak dibicarakan dan itu wajar," kata Roberto Martinez kepada VTM Nieuws. "Tapi tidak ada diskusi tentang pentingnya Eden untuk tim nasional, dengan karier dan pengalamannya. Dia adalah salah satu pemain kunci pada 2018, itu juga merupakan pengalaman penting."

Satu hal yang membuat Martinez memiliki keyakinan besar kepada Hazard adalah karena eks bintang Chelsea itu sudah pulih dari cedera. "Itu yang membuat saya sangat percaya padanya," tegas Martinez.

"Dua tahun terakhir sangat menantang bagi Eden. Di Piala Eropa dia tidak sepenuhnya bebas dari rasa sakit, tetapi dia terkadang membantu tim. Kami tidak boleh meremehkan apa yang bisa dibawa oleh Hazard yang bugar dan segar."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Musim Terbaik Leandro Trossard

Sementara Trossard sedang menjalani musim yang mengesankan dan mungkin akan jadi salah satu musim terbaik dalam karier sepak bolanya.

Dia jadi motor permainan Brighton untuk tetap menjadi kuda hitam yang kompetitif, meski ditinggalkan pelatih Graham Potter yang tak kuasa menahan godaan dari Chelsea.

Torehan gol Leandro Trossard bersama Brighton hingga pekan 14 2022/2023 sudah mendekati koleksi golnya musim lalu. Tujuh gol sudah dicetak Trossard bersama Brighton di Liga Inggris. Terakhir dia membuka kemenangan 4-1 Brighton atas pasukan Chelsea besutan Graham Potter di Stadion Amex, Sabtu (29/10/2022).

Trossard datang ke Brighton dari OH Leuven di usia 24 tahun. Dia resmi jadi bagian dari The Seagulls sejak 26 Juni 2019.

Di musim pertama bersama Brighton, Trossard tampil dalam 31 pertandingan dan mencetak 5 gol, yang memberi dia jalan untuk kembali jadi pilihan pertama di musim-musim berikutnya.

Tetapi kiprah menawan Trossard di Brighton belum mengubah keyakinan Martinez yang masih menjadikannya nomor dua setelah Hazard. 

Dalam dua pertandingan terakhir Belgia di UEFA Nations League A 2022/2023 melawan Wales dan Belanda, Trossard selalu masuk lapangan sebagai pengganti Eden Hazard. Kenyataan yang bertolak belakang dengan keinginan sebagian publik sepak bola Belgia.

3 dari 5 halaman

Di Grup Ringan

Timnas Belgia mengandalkan mayoritas pemain yang membawa mereka menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 2018 Rusia. Belgia memastikan tiket Piala Dunia 2022 Qatar setelah menang 3-1 atas Estonia di laga ketujuh Grup E kualifikasi zona Eropa.

Di akhir kualifikasi, Belgia mengumpulkan 20 poin dari delapan laga. Belgia mengumpulkan enam kemenangan dan dua kali imbang tanpa kekalahan.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Belgia tergabung di Grup F yang terbilang ringan bagi Romelu Lukaku dan kolega. Mereka bakal bersaing dengan Kanada, Maroko dan Kroasia.

Di atas kertas, cuma Kroasia yang bisa menjadi batu sandungan bagi Belgia. Luka Modric dan kolega berstatus sebagai runner up Piala Dunia 2018, setelah dikalahkan Prancis pada babak final.

“Kami berada dalam situasi di mana kami selalu harus memenangkan segalanya. Saya sangat senang para pemain kami menangani ini dengan baik. Mereka selalu melakukannya," kata Martinez.

4 dari 5 halaman

Andalkan Mayoritas Pemain Lulusan Piala Dunia 2018

Belgia yang sekarang bukanlah Belgia yang beberapa tahun lalu. Belgia sempat menduduki peringkat pertama ranking FIFA dalam waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, generasi emas yang dimiliki Belgia hingga saat ini belum menghasilkan apa-apa. Bahkan, generasi emas dianggap sudah lewat hingga beberapa pemain baru yang belum teruji, bermunculan di tim nasional.

Di antaranya adalah Charles De Ketelaere (Club Brugge), Hans Vanaken (Club Brugge), Leander Dendoncker (Wolverhampton Wanderers) dan Arthur Theate (Bologna).

Meski demikian, nama-nama beken akan tetap berada di skuad, contohnya semisal: Eden Hazard, Thibaut Courtois, Romelu Lukaku, dan Kevin de Bruyne.

Dari keempat nama tersebut, mungkin hanya De Bryune dan Courtois yang bisa dikatakan berbahaya. Karena pemain seperti diketahui, Hazard, Lukaku, bukan lagi pilihan utama di timnya masing-masing.

Piala Dunia 2022 adalah partisipasi Belgia yang ke-14 sejak menjalani debut di ajang terbesar ini pada 1930.

Sejak keikutsertaanya, Belgia sejatinya bukan tim yang mengerikan. Dalam enam edisi pertama, capaian terbaik Belgia cuma sampai babak 16 besar.

Baru pada Piala Dunia 1986, Belgia berhasil mencapai tempat keempat, usai dikalahkan Prancis 4-2.

Setelah itu, prestasi Belgia mengalami pasang surut. Pada Piala Dunia 2018, Belgia tampil dengan skuad mewah.

Nama-nama terkenal di liga top Eropa mengisi setiap lini. Namun, Belgia gagal menjadi juara. Mereka hanya mampu meraih posisi ketiga.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Belgia

Melihat persaingan di Grup F, pelatih Roberto Martinez optimistis timnya lolos ke babak 16 besar. Martinez pun bertekad untuk membuat masyarakat Belgia bahagia dengan timnas mereka menjadi juara Piala Dunia 2022.

"Semua orang punya keyakinan. Satu-satunya keinginan dan harapan saya adalah melihat Belgia tampil sekuat mungkin di Piala Dunia," kata pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, dikutip dari laman resmi FIFA.

"Saya ingin membuat para penggemar sebangga mungkin. Semua pekerjaan saya ini akan saya lakukan dalam bebepara bulan ke mendatang," ujarnya, menambahkan.

Belgia akan mengawali perjuangan mereka pada Piala Dunia 2022 dengan melawan Kanada. Laga Belgia vs Kanada bakal digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada 23 November 2022.

Kamis, 24 November 2022

02.00 WIB Belgia vs Kanada

Minggu, 27 November 2022

20.00 WIB Belgia vs Maroko

Kamis, 1 Desember 2022

22.00 WIB Kroasia vs Belgia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.