Sukses

Dipecat Sevilla, Julen Lopetegui Bakal Tangani Klub Liga Inggris?

Liputan6.com, Jakarta Julen Lopetegui akhirnya hengkang setelah tiga musim menukangi Sevilla. Pelatih asal Spanyol tersebut pamit setelah pasukannya menelan kekalahan 1-4 dari Borussia Dortmund pada laga lanjutan Liga Champions grup G, Kamis dini hari (6/10/2022).

Pemecatan Lopetgui sudah diumumkan secara resmi oleh Sevilla. Dan usai pertandingan yang berlangsung di Ramon Sanchez Pizjun, para penonton melambaikan tangan sembari meneriakkan namanya.

"Saya berterima kasih kepada fans, kepada klub, dan kota ini, kepada Monchi, kepada semua yang telah membantu saya selama tiga tahun di Sevilla," kata Lopetegui dalam jumpa pers usai laga.

"Tahun yang indah dengan apa yang sudah kita capai," bebernya.

Lopetegui tercatat sudah tiga musim menangani Sevilla. Mantan pelatih Real Madrid itu telah mendampingi Los Nervionenses sebanyak 170 pertandingan dan berhasil menorehkan 89 kemenangan, 45 hasil imbang, dan 36 kekalahan. Statistik ini sekaligus menempatkan Lopetegui sebagai pelatih dengan jumlah pertandingan terbanyak kelima dalam sejarah perjalanan Sevilla selama ini.

"Tentu saja saya sedih meninggalkan klub yang saya cintai, setelah bertahun-tahun. Tapi tidak ada kecewa kepada siapapun."

Selama tiga tahun, Lopetegui sukses membawa Sevilla ke posisi empat besar La Liga. Dia juga mengantar Palanganas menembus babak kualifikasi Liga Champions untuk kali pertama sejak 1960.

Selain itu, Lopetegui juga berhasil mempersembahkan gelar Liga Europa pada musim pertamanya melatih Sevilla.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Komentar Manajemen

Namun belakangan, Lopetegui mendapat tekanan besar dari publik Sevilla. Hal ini menyusul dengan menurunnya performa Sevilla pada musim ini. Di La Liga, Sevilla kini terpuruk di urutan ke-17. 

"Sevilla FC telah melepas Jule Lopetegui dari posisinya sebagai pelatih tim utama menyusul pertandingan melawan Borussia Dortmund," bunyi pernyataan resmi manajemen Sevilla. 

“Ini mengakhiri periode yang sukses dengan tiga musim luar biasa di mana klub mencapai tujuan mereka dan musim keempat di mana sayangnya hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kami di mana klub baru meraih lima poin dari 7 pertandingan yang sudah dijalani," manajemen menambahkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Mendekat ke Wolves?

Sejauh ini, Julen Lopetegui belum menyampaikan rencananya ke depan. Namun sejumlah media telah mengaitkan pria berusia 56 tahun itu dengan klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers. 

Dia digadang-gadang bakal menggantikan Bruno Lage yang dipecat pada 2 Oktober lalu.

Menurut laporan Birminghammail, nama Lopetegui sebenarnya sudah tidak asing bagi Wolves. Sebab tahun 2016 lalu, sosoknya juga sempat dikaitkan dengan Wolves sebelum akhirnya memilih Sevilla. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.