Sukses

Futsal vs Sepak Bola, Apa Perbedaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Futsal merupakan permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing terdiri dari lima pemain. Permainan ini akrab bagi kalangan muda, khususnya bagi seorang pelajar.

Mungkin saat duduk di bangku sekolah, kamu sering mendengar permainan satu ini. Bagaimana tidak, futsal kerap dipertandingkan antarkelas atau antarsekolah.

Futsal jelas tidak hanya dimainkan di sekolah saja. Nyatanya, permainan bola satu ini memiliki kompetisi standar internasional. Contoh saja, Piala Asia Futsal 2022 yang sedang berlangsung saat ini.

Kabar mengejutkan datang dari timnas Indonesia yang berhasil meraih kemenangan perdana di Piala Asia Futsal 2022. Pada laga kedua di Kuwait, Indonesia menghajar Lebanon dengan skor 7-2, Jumat (30/9/2022).

Kemenangan ini membangkitkan semangat timnas Indonesia, setelah dibantai habis-habisan oleh Iran di partai pertama. Saat itu, Indonesia tersungkur tak berdaya 0-5 pada laga perdana Grup C (28/9/2022).

Saksikan pertandingan perempat final Indonesia vs Jepang hari ini (4/10/2022) pukul 18.00 WIB.

Lantas adakah perbedaan antara futsal dan sepak bola? Kebanyakan orang mengira permainan ini sama saja, karena sama-sama memiliki tujuan memasukkan bola sebanyak mungkin ke gawang.

Ternyata futsal dengan sepak bola memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mulai jumlah pemain hingga durasi permainan.

Simak penjelasan selengkapnya terkait perbedaan futsal dengan sepak bola di halaman selanjutnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Sejarah Futsal

Futsal pertama kali dipopulerkan di Montevideo, Urugay pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani. Berbeda dengan sepak bola, futsal memiliki keunikan yang dapat mencuri perhatian masyarakat Amerika Selatan, terutama Brasil.

Permainan ini membutuhkan keterampilan luar biasa yang perlu dikembangkan. Dapat dilihat dari gaya pemain terkenal Brasil, seperti Pele.

Edson Arantes do Nascimento atau yang akrab disapa Pele adalah legenda sepak bola dunia yang mengembangkan bakatnya di futsal.

Saat ini futsal telah resmi berada di bawah naungan Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Kejuaran Dunia Futsal pertama diadakan atas dukungan dari FIFUSA, sebelum para anggotanya bergabung dengan FIFA di tahun 1989.

Kejuaraan ini berlangsung di Sao Paulo, Brasil, dimana sang tuan rumah berhasil menduduki posisi pertama dalam laga ini.

Tak hanya itu, Brasil kembali meraih kemenangan di Kejuaraan Dunia kedua pada tahun 1985 di Spanyol. Namun, sayangnya kemenangan itu tak selamanya melekat. Pasalnya, Paraguay berhasil meraih kemenangan pada Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia.

3 dari 4 halaman

Jumlah Pemain

Hampir mirip dengan sepak bola, futsal memiliki perbedaan mendasar dan sering kali disebut sebagai indoor soccer.

Serupa tetapi tak sama memang cocok untuk keduanya. Jika sepak bola terdiri dari 11 pemain dalam satu grup, futsal hanya dimainkan oleh lima anggota saja.

Pemain futsal dibagi menjadi empat, yaitu flank, anchor, pivot dan kiper. Jumlah pemain futsal dalam satu tim memiliki peran masing-masing, yakni dua pemain flank, satu pemain anchor, satu pemain pivot dan satu lagi sebagai kiper.

Dalam satu tim, pemain futsal hanya diizinkan memiliki pemain dengan total 12 anggota saja, dan sudah termasuk pemain cadangan.

Di samping itu, terdapat ketentuan dalam melakukan pergantian pemain. Dimana, jumlah maksimal pemain yang diperbolehkan melakukan pergantian hanya 7 orang saja. Namun, batas jumlah pergantian pemain tidak dibatasi.

Metode yang digunakan dalam pergantian pemain futsal dikenal dengan istilah “pergantian melayang”. Istilah ini dapat diartikan, semua pemain kecuali kiper diperbolehkan memasuki dan meninggalkan lapangan kapan pun.

Lalu, bagaimana ketentuan pergantian kiper? Pergantian penjaga gawang hanya didapat dilakukan saat bola tak sedang dimainkan dan tentunya atas persetujuan wasit.

4 dari 4 halaman

Durasi Permainan

Futsal tentu saja memiliki aturan dan ketentuan yang berlaku. Berada di bawah naungan FIFA, permainan ini telah diatur sedemikian rupa.

Dalam setiap pertandingan, durasi permainan menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan. Lama durasi pertandingan futsal, baik nasional maupun internasional mengacu pada peraturan FIFA.

Dilansir melalui laman resmi FIFA, aturan penting dalam futsal berkaitan dengan durasi permainan, yakni 2x20 menit.

Dimana, dalam jika ditotalkan dalam satu pertandingan berdurasi selama 40 menit dengan lama istirahat 10 menit.

Adapun ketentuan untuk perpanjangan waktu, yakni 2x5 menit. Perpanjangan waktu akan berlaku apabila skor tetap imbang setelah 2x20 menit.

Selain itu, terdapat aturan mengenai penalti, dimana jumlah poin dari kedua tim seri saat perpanjangan waktu telah usai. Dalam permainan ini, adu penalti hanya diberi kesempatan maksimal 5 gol saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.