Sukses

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 Dibuka di Jakarta, 27 Negara Kirim Wakil

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 resmi dibuka di Jakarta pada Sabtu (24/9/2022). Kompetisi ini dihadiri oleh wakil dari 27 negara. Indonesia selaku tuan rumah mengirimkan 42 atletnya untuk berlaga di ajang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 resmi dibuka di Lot 16-17 SCBD, Jakarta, pada Sabtu (24/09/2022) pagi WIB. Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum FPTI Yenny Wahid, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, hingga Presiden IFSC Marco Maria Scolaris.

Terdapat total 27 negara yang akan berpartisipasi dalam perhelatan ini. Sementara itu, Indonesia selaku tuan rumah dipastikan mengirim 42 atlet nomor speed dan lead untuk berlaga memperebutkan medali di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta.

Ketum FPTI Yenny Wahid mengungkap bahwa penyelenggaraan IFSC Climbing World Cup di Tanah Air merupakan sarana untuk membawa keceriaan bagi masyarakat, setelah lebih dari dua tahun dilanda pandemi. Oleh karena itu, FPTI selaku federasi panjat tebing dalam negeri bersyukur bisa diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan event berskala internasional ini.

"Dunia butuh lebih banyak alasan untuk tersenyum dan berbahagia. (Pandemi) COVID-19, konflik dunia, dan inflasi telah membawa suasana prihatin yang berkepanjangan. Kita perlu ruang-ruang yang akan membawa keceriaan dan harapan," ujar Yenny dalam acara pembukaan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing pada Sabtu (24/09/2022).

"Kejuaraan Dunia adalah salah satu acara yang kita harapkan dapat membawa suasana tersebut. Setelah menunggu bertahun-tahun, akhirnya Kejuaraan Dunia Panjat Tebing bisa diadakan di Indonesia."

"Kami mengucapkan terima kasih kepada federasi panjat tebing internasional, IFSC, yang telah memberi kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah di seri terakhir Kejuaraan Dunia 2022. Untuk Indonesia, (hal) ini punya makna yang sangat dalam karena selain Kejuaraan Dunia, Indonesia juga dipercaya menjadi tuan rumah G20," pungkasnya dalam kesempatan yang sama.

Adapun Kejuaraan Dunia Panjat Tebing seri Jakarta akan berlangsung hingga Senin (26/09/2022). Perhelatan pada Sabtu (24/09/2022) difokuskan untuk nomor perlombaan speed, sementara sisanya akan dialokasikan bagi kompetisi di nomor lead.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Baik

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dilaporkan menyambut baik Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 atau International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup di Jakarta, 24-26 September 2022.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 21 September 2022. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid juga menyampaikan kesiapan IFSC Climbing World Cup 2022.

"Kami dari Federasi Panjat Tebing Indonesia hari ini beraudiensi dengan Presiden untuk melaporkan tentang rencana kejuaraan panjat tebing dunia yang akan diselenggarakan pada akhir minggu ini di Jakarta. Dan ini adalah peristiwa yang sangat historis karena pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah untuk kejuaraan dunia panjat tebing," ucap Yenny dalam rilis Biro Pers Sekretariat Presiden. 

3 dari 4 halaman

Target Olimpiade

Yenny juga menuturkan bahwa selama ini Presiden Jokowi selalu memberikan dukungan dan perhatian khusus kepada olahraga panjat tebing. Presiden pun menargetkan agar atlet panjat tebing Indonesia mampu meraih medali emas pada Olimpiade Paris tahun 2024.

"Bapak Presiden tentunya selama ini selalu memberikan perhatian khusus untuk olahraga panjat tebing. Beliau mengingatkan kita agar prestasi ini tidak berhenti di sini, tapi terus berlanjut. Ujungnya adalah nanti di Olimpiade Paris 2024 di mana beliau memang memberikan target kepada kita bisa meraih medali emas," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Daftar Atlet Indonesia

Speed (Putra)

1. Aspar Jaelalo

2. Rahmad Adi Mulyono

3. Kiromal Katibin

4. Alfian Muhammad Fajri

5. Zaenal Aripin

6. Veddriq Leonardo

Lead (Putra)

1. Musauwir

2. Moch Ferza Fernanda Abd

i3. M. Ramzi Firmansyah

4. M. Rizki Syahrafli S.

Speed (Putri)

1. Nurul Iqamah

2. Alivany Ver Khadijah

3. Rajiah Salsabillah

4. Desak Made Rita Kusuma Dewi

5. Puja Lestari

6. Susan Nurhidayat

Lead (Putri)

1. Nur Diatul Jannah

2. Sukma Lintang Cahyani

3. Fadya Devi Monica

4. Nur Khalishah

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.