Sukses

Temui Anies Baswedan, Yenny Wahid Minta Tips agar Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 Sukses

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid meminta tips kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 berlangsung sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid meminta tips kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 berlangsung sukses.

Yenny mengungkapkan, salah satu tips yang diberikan Anies adalah kerja keras. "Saya ke sini terinspirasi dari keberhasilan Formula E kemarin, mau minta tips-tips dari Pak Gubernur bagaimana supaya bisa berhasil," kata Yenny Wahid di Balai Kota Jakarta, Senin (19/9/2022).

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 berlangsung 24-26 September. Kompetisi ini diikuti sekitar 200 atlet dari 17 negara dengan Jakarta menjadi tuan rumah untuk pertama kali.

Indonesia menurunkan 42 atlet pada ajang yang berlangsung di Lot 16-17 SCBD, Jakarta Selatan, tersebut. Pada tanggal sama dengan pelaksanaan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing juga berlangsung festival musik di GBK.

DKI Jakarta memiliki fasilitas panjat tebing terbaik berskala internasional di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Fasilitas itu tidak hanya digunakan para atlet dari DKI, tapi juga atlet panjat tebing nasional.

Sementara pemerintah pusat sedang membangun dinding permanen di Gelora Bung Karno (GBK) sehingga belum siap untuk digunakan.

"Nah karena sedikit kendala, akhirnya belum bisa siap tahun ini sehingga yang kami pakai adalah papan 'knockdown' yang bisa dibongkar pasang," katanya.

Nantinya papan panjat tebing itu diterbangkan dari Prancis dan dibangun ulang di Jakarta untuk kejuaraan dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dorong Minat Masyarakat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berterima kasih kepada Yenny Wahid atas kerja kerasnya sehingga Indonesia terpilih menjadi tuan rumah. Dia berharap kehadiran kejuaraan dunia nanti mendorong minat masyarakat menekuni olahraga panjat tebing.

"Diharapkan minat terhadap panjat tebing akan meningkat dan harapannya nanti pasokan potensi atlet bermunculan," kata Anies.

"Terima kasih Mbak Yenny atas seluruh kerja kerasnya, karena di balik sukses atlet ada yang mengurusinya. Dia yang menyiapkan pendanaan, pelatihan, fasilitas, itulah kerepotan di balik menggelar event olahraga."

"Kadang kita hanya melihat atlet terima medali, tapi di balik itu ada kerja besar. Maka terima kasih Mbak Yenny sudah repot-repot mengerjakan event strategis ini," pungkas Anies.

3 dari 3 halaman

Gratis

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Jakarta mempertandingkan dua nomor: speed dan lead. Speed mengutamakan kecepatan sedangkan lead lebih mengedepankan teknik dalam melahap arena panjat tebing yang nanti akan dilombakan.

Selain menjadi tuan rumah, Yenny berharap Indonesia mampu menjadi raja di rumah sendiri lantaran track record atlet Indonesia di turnamen dunia cukup menjanjikan.

Oleh karena itu, Yenny mengajak seluruh warga Indonesia untuk hadir dan menyaksikan ajang bergensi turnamen panjat tebing dunia ini. Dia berharap dukungan maksimal untuk para atlet nasional Indonesia yang akan berjuang pada turnamen kali ini.

Tentunya, lanjut Yenny, kehadiran suporter akan menjadi tambahan tenaga untuk para atlet agak mampu memberikan hasil terbaik untuk Indonesia.

"Cara nonton gratis, tinggal datang. Namun jangan lupa sudah vaksin boster dan mengikuti standar pencegahan dan penularan Covid 19," kata Yenny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.