Sukses

Vietnam Akhirnya Bernapas Lega Usai Kalah Dramatis dari Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Langkah Thailand menuju putaran final Piala Asia U-20 2023 masih menggantung.

 

Liputan6.com, Jakarta Vietnam harus menyerah 2-3 saat berhadapan dengan Indonesia pada babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Meski demikian, tim asal Negeri Uncle Ho bisa bernapas lega karena tetap lolos ke babak utama. 

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu malam (18/9/2022), Vietnam dan Indonesia sama-sama butuh kemenangan untuk jadi juara grup F. Jumlah poin dan selisih gol yang sama membuat kedua tim harus bermain ekstra keras demi mengamankan tiket lolos ke Uzbekistan pada tahun depan.

Permainan keras pun tidak bisa dihindarkan. Tidak ada gol yang tercipta sepanjang babak pertama.   

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-60 lewat gol Marcelino Ferdinand. Namun Vietnam berhasil menyamakan kedudukan enam menit kemudian lewat bunuh diri Muhammad Ferrari. 

Vietnam bahkan sempat berbalik unggul pada menit ke-79 lewat gol Dinh Xuan Thien. 

Namun tuan rumah yang diperkuat timnas Indonesia U-19 berhasil membalasnya. Pada menit ke-82, Muhammad Ferrari membalas kesalahannya dengan menjebol gawang Vietnam. Sementara gol kemenangan Indonesia akhirnya dipersembahkan Rabbani Tasnim saat laga memasuki menit 85'. 

Kemenangan ini sekaligus mengantar Indonesia ke babak utama sebagai juara grup F. Pasukan Shin Tae-yong melaju mulus setelah mengantongi 9 poin dari 3 pertandingan, atau unggul 3 poin dari Vietnam. 

Lalu bagaimana kelanjutnya nasib Vietman? Apakah mereka lolos ke Piala Asia U-20 2023? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vietnam Akhirnya Lolos

Menurut aturan yang diterapkan oleh AFC, tim yang lolos ke babak utama Piala AFC U-20 2023 tidak hanya juara grup saja. Lima runner up terbaik juga mendapatkan kesempatan untuk melenggang ke Uzbekistan. 

Nah seperti dilansir Soha.vn, timnas Vietnam akhirnya berhasil memenuhi kriteria tersebut. Kepastian ini didapat setelah pertandingan-pertandingan di grup lain pada babak kualifikasi sebagian besar rampung. Hasil laga pada Senin pagi (19/9/2022) memberi kabar baik bagi Nguyen Duc Anh dan kawan-kawan. 

Vietnam saat ini menempati posisi teratas dalam klasemen runner up terbaik. Selain Vietnam U-20, tiga tim runner up lainnya juga resmi meraih tiket, yakni China, Kyrgyzstan, dan Suriah. China  yang kalah 0-1 dari Arab Saudi  di laga terakhir akhirnya lolos berkat selisih gol yang sangat tinggi (6 poin, selisih +6).

Kyrgyzstan berhasil mengalahkan Brunei 6-0, sehingga memiliki selisih gol setara dengan Vietnam U20. Sementara itu, timnas Suriah memiliki 6 poin, selisih +3. Torehan ini sama dengan jumlah gol dengan Thailand yang berada di urutan kelima. Suriah berada di peringkat lebih baik akibat unggul skor fair play.

Saat ini, babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 masih menyisakan lagai di grup H. Hanya saja, apapun hasilnya Vietnam, China, Kyrgyzstan, dan Suriah tidak akan terlempar dari posisi 5 besar runner up terbaik.  Keempat negara ini bakal menemani 9 juara grup yang terdiri dari, Arab Saudi U20, Qatar U20, Jepang U20, Yordania U20, Korea U20, Indonesia U20, Oman U20, Tajikistan U20, dan Iran U20.

  

3 dari 4 halaman

Thailand Cemas

Thailand memang masih menempati posisi kelima pada klasemen runner up terbaik. Hanya saja, posisi Gajah Perang masih harus menunggu hasil pertandingan grup H untuk mengetahui kepastian ke babak utama. Thailand bisa saja tergusur bila runner up di grup ini mampu melewati torehan mereka.

Sebelumnya Thailand U-20 sempat memimpin Grup G dengan 6 poin atau unggul 3 poin dari tim kedua grup Oman. Seharusnya, hasil imbang di laga terakhir sudah cukup bagi Tahailand untuk jadi juara grup. 

Sayang Thailand tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan. Di laga terakhir melawan Oman, Thailand justru kalah 0-1 lewat gol semata wayang Al-Mashaikhi. Kemenangan ini sekaligus mengantar Oman menjadi juara grup G setelah menyamai perolehan poin Thailand dan berhasil unggul head to head.

Dengan koleksi 6 poin dan agregat +3, Thailand U-20 pun harus menunggu dengan cemas hasil laga terakhir  di Grup H. Saat ini, Thailand U-20 berada di urutan kelima pada klasemen runner up terbaik setelah kalah skor fair play atas Suriah yang berada di urutan keempat dengan poin dan agregat sama. 

 

4 dari 4 halaman

Bergantung Hasil Grup H

Skor fair play dihitung berdasarkan jumlah kartu dan penalti yang diterima oleh tim. Kartu kuning dikurangi 1 poin, kartu merah (tidak langsung dan langsung) dikurangi 3 poin, kartu kuning dan kartu merah langsung dikurangi 4 poin. Setelah 3 laga skor fair play Thailand adalah -9, dan Suriah adalah -8.

Grup H sendiri akan berlangsung 14-18 Oktober 2022. Grup ini dihuni oleh tuan rumah Kuwait, Australia, Irak, dan India. Nah, jika tim kedua Grup H memiliki performa yang lebih baik dari hasil 6 poin dan selisih +3, Thailand akan menjadi penonton pada putaran final Piala Asia U-20 di Uzbekistan pada tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.