Sukses

Hasil BRI Liga 1: Rans Nusantara Bungkam Persebaya Surabaya, Persikabo Jinakkan PSS Sleman

Liputan6.com, Surabaya - Rans Nusantara sukses meraih kemenangan krusial atas Persebaya Surabaya dalam laga pekan kesepuluh BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta pada Kamis (15/9/2022) pukul 16.00 WIB.

Sempat tertinggal di babak pertama, The Prestige Phoenix mampu bangkit dan berbalik unggul 2–1 berkat brace dari Edo Febriansyah di menit ke-64 dan 88.

Persebaya Surabaya dan Rans Nusantara tampil cukup agresif sejak awal babak pertama. Kedua kesebelasan aktif melancarkan serangan dan berupaya membuka ruang untuk membobol gawang masing-masing.

Namun, tak ada gol yang tercipta hingga pertandingan berjalan selama 15 menit. Bajul Ijo mendapat peluang untuk membuka keunggulan pada menit ke-16.

Memanfaatkan celah di area pertahanan Rans Nusantara, Saiful melepas tembakan kaki kiri yang menyasar jaring Wawan Hendrawan. Malang, upayanya belum bisa berbuah gol. Bola kiriman Saiful masih melambung di atas mistar gawang.

Kebuntuan baru terpecah pada menit ke-28. Sho Yamamoto mampu mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengantar Bajul Ijo unggul sementara dengan 1–0, usai sepakan kerasnya bersarang di sisi kanan gawang Rans Nusantara.

The Prestige Phoenix mencoba mengejar ketertinggalan. Akan tetapi, anak-anak asuh Rahmad Darmawan cukup kesulitan membongkar pertahanan Persebaya Surabaya.

Rans Nusantara kembali mendapat ruang untuk mencetak angka penyeimbang di menit ke-37 lewat aksi Alfin Tuasalamony. Keuntungan bagi Bajul Ijo lantaran upayanya masih mampu ditepis oleh kiper Andhika Ramadhani.

The Prestige Phoenix terus berupaya menciptakan kesempatan baru jelang pengujung babak pertama. Sayangnya, tak ada satu pun yang mampu dikonversi menjadi gol. Alhasil Persebaya masih unggul 1–0 hingga turun minum.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Persebaya Surabaya dan Rans Nusantara kembali buntu di awal babak kedua. Bajul Ijo baru mendapat peluang emas untuk menambah raihan poin pada menit ke-57.

Sho Yamamoto mengirim umpan ke Juninho yang berada di jarak sangat dekat dengan gawang. Akan tetapi, pemain asal Brasil justru tampak ragu-ragu mengambil keputusan. Bola dibiarkan bergulir keluar lapangan permainan, sehingga Persebaya gagal mendapat angka kedua.

Memasuki menit ke-64, giliran Rans Nusantara yang membahayakan posisi Bajul Ijo. Memanfaatkan bola pantul di depan jaring, Edo Febriansyah mampu mencetak angka pertama bagi timnya, serta menyamakan kedudukan menjadi 1–1.

Edo terus tampil sebagai momok bagi Persebaya hingga pengujung babak kedua. Pemain berusia 25 tahun tersebut mampu membuat Rans Nusantara berbalik unggul 2–1 setelah melesakkan gol pada menit ke-88.

Bajul Ijo kehabisan waktu. Juninho dan kawan-kawan tak sanggup menyeimbangkan skor hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

3 dari 4 halaman

Persikabo vs PSS Sleman

Di tempat berbeda, PSS Sleman gagal mencuri poin penuh. Elang Jawa takluk 0–2 dari Persikabo 1973 akibat gol bunuh diri Tallysson Duarte dan aksi Bruno Dybal di babak pertama.

Laga Persikabo 1973 dan PSS Sleman sejatinya berlangsung alot pada awal pertandingan. Kedua tim kesulitan menembus lini pertahanan masing-masing hingga duel berjalan selama 20 menit.

Persikabo mampu memimpin lebih dulu pada menit ke-30. Gol bunuh diri yang dilesakkan Tallysson Duarte mengantar tim racikan Djadjang Nurdjaman dominan sementara dengan 1–0. Tak butuh waktu lama bagi Laskar Padjajaran untuk menggandakan keunggulan.

Bruno Dybal sukses membuat Try Hamdani tak berkutik usai tendangan bebasnya pada menit ke-38 mulus menembus sudut kiri gawang PSS Sleman. Skor 2–0 untuk keunggulan pasukan tuan rumah pun bertahan hingga turun minum.

Elang Jawa tak kuasa membalikkan situasi di babak kedua. Sejumlah peluang yang didapat gagal dimanfaatkan dengan maksimal untuk mencetak gol. Persikabo mulai berada di atas angin menyaksikan tim tamu masih ompong hingga memasuki menit 87. Laga pun berakhir untuk kemenangan kubu tuan rumah.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.