Sukses

Berapa Jarak Titik Penalti dari Garis Gawang?

Tendangan penalti dalam sepak bola akan terjadi jika pemain melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan Persija melawan Persita pada lanjutan BRI Liga 1 di stadion Patriot Candrabaga (24/8/2022) lalu, cukup mencuri perhatian. Pasalnya, hingga babak pertama berakhir, keduanya belum berhasil mencetak gol sama sekali.

Pada babak kedua, aksi saling serang Persija dan Persita kembali terjadi. Namun, belum ada peluang emas bagi kedua tim hingga menit ke-55.

Di menit ke-90, Persija mendapatkan peluang emas saat Nelson Alom menjatuhkan pemain Persija. Sang penyerang asal Persija, Yusuf Helal berhasil mengeksekusi penalti dengan baik sehingga membuat skor berubah menjadi 1-0.

Kemenangan dramatis dari titik putih penalti tentu bukan hal yang baru dalam sepak bola. Tidak hanya dalam kompetisi domestik, pertandingan sekelas Piala Dunia juga tidak jarang ditentukan oleh tendangan 12 pas. 

Nah, apakah kamu tahu mengapa tendangan penalti dapat terjadi di dalam pemainan sepak bola?

Tendangan penalti dapat terjadi karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pemain bertahan atau kiper di dalam kotak penalti.

Lantas, dimanakah arena kotak penalti tersebut?

Di depan area gawang terdapat kotak penalti, yang memiliki titik penalti dari garis gawang berjarak 11 meter dari garis gawang.

Ukuran kotak penalti memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter. Area ini menjadi batasan bagi kiper untuk menangkap bola dengan tangan.

Selain itu, area tersebut dapat menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukuran Gawang Sepak Bola

Federasi sepak bola dunia, FIFA telah mengatur segala ketentuan dalam permainan sepak bola.

Mulai dari ukuran gawang standar internasional hingga nasional. Ukuran gawang sepak bola memiliki ketentuan khusus yang telah diatur secara standar nasional dan internasional. Posisi gawang berada di bagian tengah kedua ujung lapangan yang berbentuk persegi empat dengan lebar 7,32 meter.

Sedangkan, ukuran tinggi gawang standar nasional dan internasional adalah 2,44 meter. Gawang dengan ukuran tinggi 2,44 meter, berbentuk tabung dengan diameter 12 cm dan biasanya berwarna putih.

Tak hanya ukuran gawang sepak bola, FIFA juga menetapkan ukuran lapangan sepak bola dengan standar internasional.

Ukuran lapangan sepak bola internasional memiliki panjang berkisar antara 100-110 meter dengan lebar 64-65 meter untuk pertandingan dewasa.

Di level nasional, PSSI telah menetapkan ukuran lapangan yang umumnya digunakan pada pertandingan dalam negeri.

Ukuran tersebut sebenarnya masih sejalan dengan ketentuan FIFA, walaupun sedikit lebih kecil dibanding lapangan khusus pertandingan internasional

Standar ukuran lapangan sepak bola sesuai ketentuan PSSI memiliki panjang 90 meter dan lebar 45 meter sampai 90 meter. Untuk kotak kiper, memiliki ukuran panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter.  

 

3 dari 4 halaman

Organisasi Sepak Bola Pertama

Organisasi sepakbola pertama di dunia adalah English Football Association (FA). FA menjadi organisasi pertama yang mengatur sepak bola dan didirikan pada 26 Oktober 1863.

Selama ini kita mengetahu FIFA lah yang menaungi sepak bola internasional. Namun, ternyata kehadiran organisasi sepakbola pertama di dunia bukanlah FIFA, melainkan FA.

Pada tanggal 8 Desember 1863, lahirlah peraturan permainan sepak bola modern yang disusun oleh FA. FA didirikan untuk mengontrol segala aspek dalam permainan sepak bola dan memiliki tanggung jawab terhadap pertandingan nasional.

FA dibentuk oleh beberapa perwakilan klub yang ada di London. Mereka ingin membuat kesepakatan yang bertujuan untuk membuat aturan tetap sebagai regulasi permainan sepakbola.

Seiring berjalannya waktu, peraturan tersebut mengalami banyak perubahan. Dilansir melalui buku Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, atas dasar inisiatif Robert Guerin pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepak bola internasional, yaitu Federation International de Football Association (FIFA).

4 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Sepak Bola

Dilansir melalui eModul Tim Kesebelasan Sepak Bola, terdapat 3 manfaat bermain sepak bola diantara bermanfaat bagi kesehatan fisik, bermanfaat untuk kesehatan mental dan melatih kemampuan bekerja sama dengan tim.

Kesehatan Bagi Fisik

Bermain sepak bola merupakan jenis olahraga yang sangat baik untuk melatih dan menjaga daya tahan tubuh. Saat bermain sepak bola, pesepak bola pasti melakukan aktivitas berjalan dan berlari secara terus menerus.

Permainan sepak bola juga dapat meningkatkan fleksibilitas, koordinasi dan ketahanan otot. Jika kamu konsisten melakukan latihan dan bermain sepak bola maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

Kesehatan Untuk Mental

Olahraga dapat membantu mencegah gangguan kecemasan dan depresi. Dalam permainan sepak bola, pemain perlu fokus dan mencari strategi untuk mendapatkan peluang.

Maka dari itu, bermain sepak bola dapat meningkatkan konsentrasi dan mengasah kemampuan otak untuk berpikir cepat untuk menghadapi situasi di lapangan.

Melatih Kemampuan Kerja sama Tim

Permainan sepak bola dilakukan secara bertim, yang beranggotakan 11 orang. Dari sanalah, pemain perlu bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, yakni kemenangan.

Setiap pemain dalam satu tim harus saling mengerti situasi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Selain itu, komunikasi antar pemain juga perlu dijaga guna menghindari kesalahpahaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.