Sukses

Polisi Kawal Pemakaman Ratu Elizabeth II, UEFA Putuskan Tunda Duel Liga Europa Arsenal vs PSV

Pertandingan Liga Europa antara Arsenal melawan PSV Eindhoven yang semula dijadwalkan berlangsung di Stadion Emirates, London, Jumat (16/9/2022) dini hari WIB ditunda pelaksanaannya. Keputusan ini menyusul kurangnya aparat keamanan usai petugas dikerahkan secara penuh untuk mengawal prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan Liga Europa antara Arsenal melawan PSV Eindhoven, yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Emirates, London, Jumat (16/9/2022) dini hari WIB, ditunda pelaksanaannya.

Keputusan tersebut diambil UEFA menyusul kurangnya sumber daya kepolisian jelang pemakaman Ratu Elizabeth II.

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral Castle, Aberdeenshire pada Kamis (8/9/2022). Sosok yang memimpin Inggris selama 70 tahun itu rencananya akan dimakamkan pada Senin, 19 September mendatang.

Petugas keamanan Inggris pun dikerahkan secara penuh demi mengawal rangkaian acara yang berlangsung hingga prosesi pemakaman. Situasi tersebut lantas berdampak pada kurangnya aparat untuk mengamankan laga sepak bola di dalam negeri.

Masih belum diketahui kapan pertandingan Arsenal vs PSV Eindhoven bakal berlanjut. Namun, UEFA menegaskan tanggal baru akan diumumkan pada waktu yang tepat.

“Pertandingan Liga Europa antara Arsenal melawan PSV Eindhoven telah ditunda. Tanggal baru (untuk laga) ini akan dikomunikasikan kembali pada waktu yang tepat,” ujar UEFA melalui pernyataan resminya, seperti dilansir dari Metro.

“(Penundaan) ini dikarenakan keterbatasan dumber daya polisi dan masalah organisasi terkait peristiwa yang sedang berlangsung, yakni (masa) berkabung nasional (pasca meninggalnya) Yang Mulia Ratu Elizabeth II,” sambung UEFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Tanda Tanya

Laga Arsenal vs PSV di Liga Europa musim ini memang sempat menjadi tanda tanya besar. Situasi duka yang menyelimuti Inggris membuat duel tersebut diragukan bakal berlangsung.

Namun, seperti diberitakan Liputan6.com pada Senin (12/9/2022), PSV melalui akun Twitter-nya sempat menyatakan laga akan digelar sesuai jadwal. Klub Eredivisie itu bahkan menyebut penonton diperbolehkan hadir.

"Arsenal vs PSV: pertandingan akan tetap digelar di London dengan suporter," tulis PSV melalui cuitannya di media sosial Twitter.

Pernyataan tersebut kini dipatahkan oleh konfirmasi UEFA. Pertemuan Arsenal dan PSV dipastikan tak akan berlangsung pada Jumat (16/9/2022) menyusul rencana pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022) mendatang.

3 dari 3 halaman

Laga Lain

Selain Duel Arsenal dan PSV di Liga Europa, sejumlah laga pekan kedelapan Liga Inggris 2022/2023 juga diundur pelaksanaannya.

Pengelola Premier League mengumumkan Manchester United (MU) tidak jadi bertanding. Pertemuan MU dengan Leeds United yang sejatinya dijadwalkan berlangsung Minggu (18/9/2022) di Stadion Old Trafford harus ditunda.

Pertandingan pada 18 September lain yang juga dipastikan ditunda adalah big match Chelsea kontra Liverpool. Laga ini sejatinya bisa menjadi ajang debut bagi manajer baru The Blues, Graham Potter. Namun, ia masih harus bersabar menanti laga mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.