Sukses

Robert Lewandowski Perlu Napas Panjang, Barcelona Punya Senjata untuk Mendepaknya di Tengah Jalan

Robert Lewandowski sudah mencetak lima gol bersama Barcelona di ajang La Liga 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta Robert Lewandowski tengah menikmati petualangan barunya bersama Barcelona. Tidak butuh waktu lama sejak direkrut dari Bayern Munchen, pemain asal Polandia itu telah menjadi idola baru publik Camp Nou. 

 

Bukan tanpa alasan. Kehadiran Lewandowski telah memberi harapan baru bagi lini depan Blaugrana. 

Di ajang La Liga, Lewandowski sudah langsung tampil trengginas. Mantan penyerang Borussia Dortmund tersebut langsung memanaskan persaingan di papan top scorer Liga Spanyol musim ini dengan lima gol. Striker berusia 34 tahun tersebut berada di atas bersama penyerang Celta Vigo dengan koleksi sama.

Keran gol Lewandowski mulai terbuka saat dia menjalani debut bersama Barcelona 7 Agustus 2022 lalu. Di ajang Joan Gamper Trophy itu, Lewandowski, berhasil menyumbang gol saat Barca mencukur UNAM 6-0.

Aliran gol Lewandowski memang sempat mandek di awal La Liga 2022/2023. Dia gagal mencatatkan namanya di papan skor pada laga perdana Barcelona saat bertemu Rayo Vallecano. Duel ini berakhir 0-0.

Lewandowski lalu membalasnya pada laga berikutnya melawan Real Sociedad. Dalam duel ini, Lewandowski mencetak 2 gol sekaligus membawa timnya menang 4-1 atas tuan rumah Real Sociedad.

Lewandowski kembali menambah koleksi dua gol lagi saat Barcelona menang 4-0 atas Valladolid. Sementara satu gol lainnya dicetaknya ketika Barca sukses mengalahkan Sevilla dengan skor 3-0.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skenario Cadangan

Melihat ketajaman Lewandowski, wajar bila Barcelona bakal sekuat tenaga mempertahankannya. Apalagi, upaya yang dilakukan Blaugrana untuk memboyongnya dari Bayern Munchen juga tidak mudah 

Seperti diketahui, proses negosiasi sempat berlangsung alot dan diwarnai aksi mogok latihan Lewandowski di Munchen. Ketegangan baru mereda setelah Bayern Munich akhirnya bersedia melepasnya. FC Hollywood sepakat menjual Lewandowski dengan harga 50 juta euro, yang terdiri dari nilai transfer dan bonus.

Barca kemudian  mengontrak Lewandowski selama 4 tahun dan memagarinya dengan klausul pelepasan 500 juta euro. Hanya saja, Barcelona belakangan juga diketahui telah menyiapkan skenario lain untuk mengantisipasi menurunnya performa Lewandowski lewat klausul khusus dalam kontrak kerjanya.

Hal ini terungkap dari temuan Que t'hi jugues terkait isi kontrak Lewandowski. Seperti dilansir dari Marca, dalam perjanjian tersebut Barcelona diketahui memiliki hak untuk memutus kontrak Lewandowski pada tahun keempat. Syaratnya, yang bersangkutan hanya tampil kurang dari 55 persen di tahun ketiga.

 

3 dari 4 halaman

Gaji Bertingkat Lewandowski

Media yang sama juga mengungkapkan nominal gaji yang diterima Lewandoski di Barcelona. Menurut mereka, musim ini, Lewandowski menerima upah bersih sebesar 10 juta euro. Selanjutnya angkanya meningkat jadi 13 juta euro pada musim 2023/2024 dan naik lagi jadi 16 juta euro di tahun berikutnya.

Pada musim terakhir (2025/26), jika dia bertahan, gajinya akan turun menjadi 13 juta euro.

 

4 dari 4 halaman

Bonus Gelar Juara

Selain gaji, Lewandowski juga akan menerima bonus untuk setiap gelar yang diraih Barcelona.  Angkanya berkisar mulai dari 300.000 euro untuk trofi LaLiga hingga satu juta untuk memenangkan treble.

Hanya trofi Copa del Rey yang tidak dapat bonus. Gelar ini baru bernilai bila digabungkan dengan salah satu dari dua trofi lainnya, yakni LaLiga dan/atau Liga Champions.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.