Sukses

WSBK Mandalika Jadi Pemantik Kebangkitan Pariwisata Indonesia

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati yakin World Superbike (WSBK) 2022 Mandalika 2022 mampu menciptakan efek domino besar saat gelaran berlangsung 11-13 November mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati yakin World Superbike (WSBK) 2022 Mandalika 2022 mampu menciptakan efek domino besar saat gelaran berlangsung 11-13 November mendatang.

Mulai dari perputaran ekonomi, penyerapan tenaga kerja, hingga meningkatkan country branding dalam upaya mengenalkan nama Indonesia, dan khususnya Mandalika, di mata dunia sebagai salah satu destinasi pariwisata terbaik.

“Event WSBK diharapkan mampu menjadi pemantik kebangkitan pariwisata mulai dari sektor penyewaan jasa transportasi, sektor akomodasi, UMKM lokal di sekitar area The Mandalika serta memberikan multiplier effect yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat setempat dari penyelenggaraan event WSBK ini,” ungkapnya pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Ari turut mengajak pecinta balap Indonesia untuk menyaksikan secara langsung ajang WSBK Mandalika. Sebab, event nanti tidak sekedar balapan saja, namun diharapkan dapat mewujudkan The Mandalika sebagai sport tourism destination berkelas dunia.

“Kami siap menyambut masyarakat Indonesia maupun pecinta balap di Indonesia untuk datang ke The Mandalika. Bukan hanya untuk menonton langsung WSBK di sirkuit, tapi juga untuk menikmati keindahan alam The Mandalika dan experience spot-spot pariwisata terbaik di kawasan ini,” tambah Ari.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka memastikan ajang WSBK Mandalika berjalan aman dan lancar, serta memberikan dampak yang positif bagi ekonomi di NusaTenggara Barat.

“Dengan dukungan stakeholders terkait, kami optimis persiapan danpelaksanaan event WSBK November mendatang akan bejalan lancar, aman dan memberikanhasil yang baik bagi ekonomi serta pariwisata di Nusa Tenggara Barat,” kata Troy.

Injourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung mengapresiasi ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dalam menyiapkan perhelatan World Superbike musim 2022. Hal ini sejalan dengan peran Injourney dalam rangka mengakselerasi pemulihan pariwisata Indonesia akibat dampak pandemi Covid-19. Salah satu upayanya yaitu pengembangan 5 DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas), di mana Mandalika adalah salah satunya.

“World Superbike ini sebagai salah satu atraksi pariwisata yang juga bagian dari pengembangan demand creation Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Kami akan terus mendukung dan berkolaborasi bersama anak perusahaan, stakeholders, serta memperkuat kolaborasi antarlembaga untuk bersama-sama menyukseskan event World Superbike ini yang tentunya akan meningkatkan branding pariwisata Indonesia di mata dunia,” pungkas Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney, Maya Watono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Tiket Presale

ITDC dan MGPA resmi menjual tiket lomba balap WSBK Mandalika pada 31 Agustus 2022. Tersedia total 45.678 tiket per hari untuk rangkaian balapan.

Rincuannya Premiere Class sebanyak 900 lembar, Deluxe Class 2.000, General Admission 7.000, Regular Grandstand 14.722, dan Premium Grandstand 21.056

Harga tiket presale berlaku mulai 31 Agustus hingga 30 hari ke depan. Harganya sesuai dengan lokasi. Tiket untuk 12 November dijual di harga Rp74.750-Rp373.750, dengan 13 November pada kisaran Rp149.500-Rp747.500. Selain tiket harian, MGPA juga menawarkan tiket weekend pass untuk Sabtu dan Minggu pada tiga kategori dengan harga Rp186.875-Rp971.750.

Khusus tahun ini, MGPA dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) juga menyediakan bonus gratis tiket hari pertama 11 November 2022 bagi pembeli tiket WSBK untuk semua kategori.

Secara rata-rata harga tiket ini lebih murah dari gelaran di tempat sama pada 2021. "Perubahan harga ini demi menjaring penonton. Kami banyak belajar dari tahun lalu," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

"Harga presale berlaku sebulan. Setelah itu harga normal. Nominalnya akan diumumkan kemudian," sambungnya. "Tentunya dengan adanya bonus tiket gratis pada hari pertama, kami harap keinginan masyarakat untuk menonton dan hadir langsung dalam event balap motor ini dapat terpenuhi."

Sebagai catatan, harga tiket WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika 2021 berkisar dari Rp795.000 hingga Rp2.820.000, dan berlaku untuk menonton selama tiga hari.

Tiket WSBK Mandalika 2022 bisa dibeli melalui rekanan, mencakup Xplorin, Livin’ By Mandiri, Loket, Gotix, Tiket.com, Tokopedia, Shopee, Blibli, tiketapasaja.com, BRImo, BookMyShow.com, Bank NTB Syariah, serta partner travel agent lokal.

3 dari 3 halaman

Balapan Seru

WSBK Mandalika merupakan seri penultimate atau kedua sebelum terakhir pada musim 2022. Artinya, lomba nanti berpeluang melahirkan juara dunia.

"Balapan bakal lebih seru karena jelang berakhirnya kompetisi. Biasanya tiga seri terakhir itu yang paling dinanti karena persaingan juara dunia semakin ketat. Sudah bisa dilihat siapa yang bakal jadi pemenang," ungkap Priandhi.

Pembalap Ducati Alvaro Bautista saat ini tengah memimpin klasemen sementara dengan 298 angka.

Dia unggul 31 poin atas Jonathan Rea dari Kawasaki. Sementara juara dunia 2020 Toprak Razgatlıoglu menempati urutan tiga, tertinggal 38 nilai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.