Sukses

Jelang Kejuaraan Dunia Balap Sepeda, Puluhan Pembalap Dunia Sudah Tiba di Kalteng

Kedatangan para pembalap dunia ini langsung disambut oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran.

Liputan6.com, Jakarta- Para atlet balap sepeda dunia mulai berdatangan ke kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Mereka bakal mengikuti Kejuaraan Dunia Balap Sepeda atau UCI MTB Elimintator World Cup 2022 pada 28 Agustus 2022.

Seperti dilansir Antara, puluhan atlet dunia dari 30 negara sudah mendarat di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya pada Rabu 24 Agustus 2022. Selain itu, dalam rombongan juga ada Kristof Bruyneel, CEO City Mountain Bike.

Kedatangan para pembalap dunia ini langsung disambut oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, didampingi oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo dan Ketua Organizing Committee (OC) atau Ketua Panitia Pelaksana H Agustiar Sabran.

Saat tiba di bandara, rombongan disuguhkan iringan tarian Dayak yang memesona. Kemudian, Agustiar Sabran melakukan prosesi tampung tawar kepada sejumlah peserta UCI MTB Eliminator World Cup 2022.

Selanjutnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memasangkan lawung dan lilis lamiang secara simbolis kepada salah satu peserta. Para atlet juga dihidangkan sejumlah minuman khas Kalteng, di antaranya teh pasak bumi.

Dalam sambutannya, Sugianto Sabran mengutarakan rasa bahagia atas kedatangan para tamu dari berbagai Negara untuk mengikuti event balap sepeda UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Kalteng.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengamanan

“Saya sangat senang, sangat gembira menyambut para tamu yang akan mengikuti balap sepeda gunung internasional di Kalteng atau yang kita kenal dengan UCI MTB Eliminator World Cup 2022," kata Sugiarto.

"Prosesi penyambutan kedatangan mereka ke sini merupakan awal dimulainya event UCI MTB Eliminator World Cup di Kalteng” tutur Sugianto Sabran.

Lebih lanjut, Sugiarto mengatakan, pihaknya terus bekerja keras untuk memastikan keamanan di Kalteng kondusif. Pemprov telah berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda Prov. Kalteng untuk mengamankan jalannya kejuaraan sepeda gunung di Kalteng.

“Dari segi pengamanan, kita sudah berkoordinasi dengan Forkopimda yakni pak Kapolda dan pak Danrem, dan mereka menyatakan siap. Dari Polda Kalteng telah menyiapkan sekitar 1.000 personil untuk mengamankan acara ini”, kata Sugiarto.

3 dari 4 halaman

Pujian

“Kita sedang menunggu kedatangan tamu VIP dari pusat. Mudah-mudahan pak Presiden RI Joko Widodo bisa datang ke Kalteng”, jelasnya.

Sementara itu, CEO City Mountain Bike, Kristof Bruyneel mengaku terkesan dengan keindahan trek baru di Palangkaraya.

Dia mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk menyuksekan balapan seri ke-8 tersebut.

"Saya sudah melihat lewat video dan saya sangat terkesan dengan semua yang telah dibangun di sekitaran stadion. Itu sangat keren bagaimana orang-orang lokal di sini yang membangunnya," kata Kristof Bruyneel.

"Dan juga bantuan Pemprov soal kerja mereka yang sangat super profesional dan dilakukan denan baik untuk memenuhi standar kompetisi level atas ini," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Sempat Khawatir

Kristof mengaku, pada awalnya ia sempat khawatir trek akan rampung dibangun tepat waktu.

Namun, keraguan itu hilang setelah ia beberapa kali melihat perkembangan pembangunan trek panjang sebesar 518 meter tersebut.

Dia juga takjub dengan antusiasme kota Palangkaraya yang membuat kejuaraan dunia ini semakin meriah. Bahkan, sejumah atlet juga melontarkan pujian atas kesiapan Palangkaraya menjadi tuan rumah.

"Kami sangat senang dengan evolusi yang sudah terjadi. Palangkaraya adalah venue baru buat kami. Kami di awal sempat khawatir, tapi setelah melihat semuanya kami sangat terkesan," kata Kristof.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada federasi sepeda Indonesia dan juga pemprov kalteng atas semua pekerjaan besar ini," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.