Sukses

Incar Olimpiade, Panjat Tebing Gencarkan Pencarian Calon Atlet Lewat Sirkuit Nasional

Liputan6.com, Jakarta Panjat tebing menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia di multievent. Panjat tebing juga untuk pertama kalinya akan mempertandingkan nomor andalan Indonesia, speed (kecepatan), di Olimpiade di Paris tahun 2024 nanti.

Indonesia saat ini memiliki dua atlet panjat tebing kelas dunia di nomor kecepatan yakni Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin. Keduanya sering mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional dalam beberapa tahun terakhir. Diharapkan Indonesia bisa meraih medali dari nomor speed panjat tebing di Olimpiade 2024.

Meski masih memiliki atlet yang sedang dalam performa terbaik, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) tetap tak melupakan pembinaan. Mereka menggelar Sirkuit Nasional Panjat Tebing 2022 di Jakarta Garden City Wall Climbing Park.

Sirkuit Nasional panjat tebing 2022 seri pertama di Jakarta tersebut akan berlangsung dari 4-7 Agustus 2022. Ada 3 disiplin yang dilombakan, yaitu speed, boulder dan lead, baik putra maupun putri. Total peserta mencapai 365 atlet nasional dari 21 provinsi.

Event tersebut dibuka oleh Ketua Umum FPTI Yenny Wahid, Ketua Dewan Penasihat FPTI, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, perwakilan dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Puji Lestari dan perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gugun Yudinar. Peresmian sendiri dibuka dengan pemotongan pita secara simbolis.

2 dari 3 halaman

Cari Calon Atlet

Dalam sambutannya, Ketum FPTI Yenny Wahid mengatakan, event tersebut bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul baru calon atlet nasional FPTI yang bisa mewakili Indonesia di kejuaraan internasional.

"Calon atlet-atlet baru yang dengan prestasinya nanti bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional,” kata Yenny dalam keterangan persnya, Kamis (4/8/2022).

Sirkuit Nasional 2022 ini merupakan bagian persiapan Indonesia menjadi tuan rumah International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022. Hal ini sejalan dengan prestasi panjat tebing Indonesia di mata internasional dengan banyaknya raihan prestasi yang didapatkan oleh atlet Indonesia di beberapa seri terakhir IFSC World Cup 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Piala Dunia 2022

Sehingga, lanjut Yenny, ini adalah momen yang tepat membangkitkan kembali semangat para atlet panjat tebing Indonesia untuk terus meningkatkan lagi kemampuan dan produktivitas mereka dalam berlatih.

"Sehingga diharapkan para atlet tidak hanya menikmati momen sebagai tuan rumah, tetapi juga bisa meraih prestasi yang gemilang pada World Cup 2022 nanti di Jakarta," katanya.

Selain itu, imbuhnya, olahraga panjat tebing masuk dalam salah satu cabor yang masuk prioritas dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Oleh karena itu, event kali ini bisa dijadikan sebagai ajang pencarian atlet muda berpotensi sebagai persiapan menuju olimpiade Paris 2024.