Sukses

Profil Tim Grup E Piala Dunia 2022: Jepang Dikepung Raksasa

Jepang berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar pada Maret 2022 lalu. Itu setelah mengalahkan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Jepang kembali lolos ke Piala Dunia 2022. Mereka tergabung di Grup E yang bisa dibilang 'Grup Neraka'

Bagaimana tidak, ada dua raksasa Eropa di dalamnya, yakni Jerman sang pemilik gelar terbanyak kedua dan Spanyol, juara Piala Dunia 2010.

Satu negara sisanya adalah Kosta Rika. Tetapi, mereka juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Jepang berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar pada Maret 2022 lalu. Itu setelah mengalahkan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. The Samurai Blues berhasil menang dengan skor 2-0.

Alhasil capaian poin mereka tidak bisa lagi dikejar Australia yang berada di peringkat tiga. Jadi mereka mengamankan satu tiket ke Qatar.

Di akhir kualifikasi, Jepang menempati posisi kedua dengan poin 22 dari 10 pertandingan. Mereka berjarak satu angka dari Arab Saudi yang finis sebagai juara grup.

Bergabung di Grup E seakan menjadi cobaan bertubi-tubi bagi Jepang. Mereka harus bertemu dengan dua negara yang pernah merasakan trofi Piala Dunia, Spanyol dan Jerman.

"Diundi melawan tim yang memiliki pengalaman memenangkan Piala Dunia sangat berarti bagi kami karena kami bertujuan untuk menghadapi yang terbaik di dunia,” kata pelatih Jepang Hajime Moriyasu.

"Kami akan mulai menganalisis lawan kami, tetapi kami tidak akan melihat mereka lebih baik dari kami. Kami ingin mengeluarkan kekuatan kami sendiri,” sambungnya, dilansir World Football.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman di Piala Dunia

Timnas Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia untuk kali delapan berturut-turut. Pertama kali tampil pada 1998, mereka jadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan.

Di Piala Dunia 2018, Jepang menjadi negara Asia pertama yang mengalahkan tim dari Amerika Selatan setelah mereka menang 2-1 atas Kolombia di babak penyisihan grup.

Jepang juga berhasil mencapai babak 16 besar tetapi kalah dari Belgia 2-3.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tanpa Naturalisasi

Satu hal menarik dari Timnas Jepang yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 adalah mereka tanpa pemain naturalisasi.

Dari 28 pemain yang dipanggil dalam kualifikasi, hanya ada satu nama asing. Dia adalah sosok kiper bernama Daniel Schmidt, pria blasteran Amerika Serikat-Jepang.

Daniel Schmidt juga kelahiran Amerika Serikat. Namun, dia pindah ke Jepang pada usia 2 tahun hingga saat ini. Otomatis, dia dianggap pemain lokal, bukan naturalisasi atau pemain asing.

Selain tanpa pemain naturalisasi, staf dan ofisialnya seluruhnya orang Jepang (data berdasarkan ajang Kirin Challenge Cup 2022).

Adapun Moriyasu Hajime dibantu tiga asisten yang semuanya berasal dari Jepang, Yokouchi Akinobu, Saito Toshihide, dan Ueno Yosaku. Begitu juga jabatan lainnya di tim kepelatihan yang diisi oleh orang Jepang.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Jepang

Rabu, 23 November 2022

20:00 WIB - Jerman vs Jepang

Minggu, 27 November 2022

17:00 WIB - Jepang vs Kosta Rika

Kamis, 2 Desember 2022

02:00 WIB - Jepang vs Spanyol

Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember. Ini menjadi Piala Dunia perdana yang berlangsung di kawasan Timur Tengah.

Lalu, di mana pecinta sepak bola Indonesia bisa menyaksikan seluruh pertandingan? Jawabannya sudah tentu di platform Emtek Group.

Emtek Grup sebagai pemegang hak sial bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV.

Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.