Sukses

Daftar MotoGP 2023: Alex Rins Gabung LCR Honda, 11 Kursi Kini Terisi

Komposisi pembalap MotoGP 2023 kembali terisi. Kali ini giliran LCR Honda yang mengisi daftar dengan mencantumkan Alex Rins.

Liputan6.com, Jakarta - Komposisi pembalap MotoGP 2023 kembali terisi. Kali ini giliran LCR Honda yang mengisi daftar dengan mencantumkan Alex Rins.

Tim satelit Honda itu mengikat Rins dengan kontrak hingga 2024. Berlabuhnya Rins di LCR Honda merupakan efek domino perputaran pembalap yang sudah terjadi. Dengan Suzuki meninggalkan MotoGP usai 2022, Rins dan Joan Mir harus mencari pelabuhan baru. 

Rins semula dilaporkan bakal ke Aprilia yang bakal memiliki tim satelit melalui RNF Racing. Dia mengungguli Miguel Oliveira yang kehilangan tempat di tim pabrikan KTM menyusul bergabungnya Jack Miller. Oliveira sendiri dilaporkan bakal ke Ducati untuk membela Gresini Racing.

Namun, Oliveira justru merapat ke Aprilia. Sementara posisi di LCR Honda lowong usai Alex Marquez pergi ke Gresini. Rins pun dilaporkan mengisi kursi yang kosong tersebut.

"Saya bahagia bergabung dengan LCR Honda. Mengganti tim dan motor adalah tantangan besar, tapi saya siap memberikan 100 persen kemampuan," kata Rins dilansir Crash.

"Kepercayaan tim dan Honda jadi faktor penentu mengapa saya menerima pinangan. Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan ini," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap Berpengalaman

Pemilik LCR Honda Lucio Cecchinello menyambut gembira kehadiran Rins. Dia yakin kemampuan sang pembalap bakal membantu tim bersinar.

"Rins adalah pembalap cepat, berpengalaman, dan langganan naik podium. Saya dengan gembira mengumumkan kesepakatan ini," ungkap Cecchinello.

Berkarier di MotoGP sejak 2016, Rins sudah memenangkan tiga seri. Dia menempati podium tertinggi pada ajang Amerika Serikat dan Inggris 2019 serta Aragon 2020. Sosok berusia 26 tahun itu total naik podium dalam 15 kesempatan.

Musim ini Rins tercatat sebagai pembalap Suzuki terbaik dengan dua kali naik podium. Namun, serangkaian nasib buruk dan kesalahan membuatnya gagal finis pada empat balapan terakhir.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pembalap MotoGP 2023

Repsol Honda:

Marc Marquez (akhir 2024)

 

Monster Energy Yamaha:

Franco Morbidelli (akhir 2023)

Fabio Quartararo (akhir 2024)

 

Ducati Lenovo:

Francesco Bagnaia (akhir 2024)

 

Aprilia:

Aleix Espargaro (akhir 2024)

Maverick Vinales (akhir 2024)

 

Red Bull KTM:

Jack Miller (akhir 2024)

Brad Binder (akhir 2024)

 

Gresini Ducati:

Fabio di Giannantonio (akhir 2023)

Alex Marquez (akhir 2023)

 

LCR Honda:

Alex Rins (akhir 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.