Sukses

Atlet Panjat Tebing Indonesia Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin memecahkan rekor dunia sebagai atlet panjat tebing tercepat dalam ajang International of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022 di Chamonix, Prancis, Jumat (8/7/2022) waktu setempat.

Kiromal menorehkan catatan ini saat menghadapi pesaing di babak kualifikasi. Atlet berusia 21 tahun tersebut menorehkan catatan waktu 5,009 detik yang kemudian dibulatkan menjadi 5,00 detik.

Rekor Kiromal layak dipandang sebagai hal yang spektakuler. Pasalnya, dinding yang dipanjat di ajang tersebut memiliki ketinggian mencapai 15 meter. Tak heran jika Kiromal saat ini lekat dengan predikat manusia tercapat.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) turut berbangga atas tren positif yang diukir Kiromal Katibin. Ketua Umum FPTI Yenny Wahid mengaku bangga menyaksikan keberhasilan penggawa Merah Putih di ajang tersebut.

"Alhamdulillah hari ini di Chamonix, Prancis, atlet andalan kita kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memecahkan rekor dunia tercepat, rekor dunia atas namanya sendiri, dengan catatan waktu 5,00 detik.”

“Kami, delegasi Indonesia, merasa sangat bangga dengan raihan ini. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan hingga Olimpiade nanti," ungkap Yenny, seperti dilansir Liputan6.com dari rilis resmi FPTI pada Sabtu (9/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Kiromal Katibin

Kiromal Katibin juga mengungkapkan rasa syukur atas rekor dunia yang baru dicatatkannya. Menurutnya, latihan keras merupakan kunci di balik kejayaan sang atlet dalam fase kualifikasi International of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022 di Prancis.

“Saya sangat senang (dengan rekor baru tersebut). Ini terjadi karena saya berlatih dengan keras. Terima kasih atas semua doa dari masyarakat. Semoga dengan ini, panjat tebing Indonesia semakin jaya,” kata Kiromal dalam rilis resmi FPTI.

Adapun Kiromal sebelumnya sudah tiga kali memecahkan rekor dunia di seri IFSC World Cup 2022. Prestasi tersebut tepatnya terjadi Seoul Korea Selatan, Salt Lake City Amerika Serikat, dan di Villars Swiss. Raihan baru di Prancis menjadi kali keempat atlet asal Jawa Tengah itu memecahkan rekor dunia.

3 dari 4 halaman

Babak Final

Keberhasilan dalam fase kualifikasi mengantar Kiromal Katibin memastikan satu tempat di babak final. Partai puncak selanjutnya akan diikuti oleh 16 atlet yang bersaing untuk memperebutkan medali.

Sebagai informasi, Indonesia menerjunkan total 11 atlet di kategori speed. Atlet-atlet ini terdiri dari enam atlet speed putra dan lima penggawa speed putri.

Dari 11 wakil yang dikirim, delapan atlet di antaranya (lima putra dan tiga putri) berhasil melampaui babak kualifikasi dengan mengalahkan para pesaingnya yang berasal dari 37 negara.

4 dari 4 halaman

Catatan Waktu

Berikut adalah catatan waktu delapan atlet yang lolos dari fase kualifikasi.

Speed Putra

1. Kiromal Katibin: 5,00 detik

2. Veddriq Leonardo: 5,34 detik

3. Zaenal Aripin: 5,45 detik

4. Aspar Jaelolo: 5,49 detik

5. Muhammad Alfian Fajri: 5,61 detik

Speed Putri

1. Rajiah Salsabilah: 6,85 detik

2. Desak Made Rita Kusuma Dewi: 7,02 detik

3. Nurul Iqamah: 7,22 detik

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS